Sosok Yamato merupakan tambahan baru dalam seri One Piece. Dia muncul pertama kali dalam arc Wano Country, yang masih berjalan sampai sekarang. Ada beberapa hal menarik yang muncul dari sosok Yamato. Pertama, Yamato ternyata adalah anak dari Kaido. Kaido merupakan salah satu Yonko dan juga villain utama dalam arc Wano ini.

Kedua, Yamato begitu memuja sosok samura legendaris Wano, Kozuki Oden. Bahkan, dia pun sampai menggunakan dan menirukan penampilan dari Kozuki Oden. Dia pun juga mengaku bahwa dialah sosok ‘Kozuki Oden’ meskipun pada faktanya Oden sudah tewas dalam eksekusi 20 tahun lalu oleh Kaido dan Orochi. Ketiga, Kaido sering kali menyebut Yamato sebagai anak laki-lakinya.

Tetapi, saat topengnya dilepas dan identitas aslinya diketahui, dia memiliki penampilan yang lebih mirip wanita dibandingkan laki-laki. Hal inilah yang kemudian membuat para fans kebingungan mengenai jenis kelamin dari Yamato ini. Sebagian fans beranggapan bahwa Yamato adalah laki-laki, sebagian lainnya beranggapan bahwa Yamato adalah wanita, dan bahkan ada yang beranggapan Yamato adalah transgender.

Dalam Vivre Card yang muncul kemarin, Oda Sensei akhirnya memberikan konfirmasi mengenai jenis kelamin dari Yamato. Dalam informasinya, Vivre Card mengungkapkan bahwa jenis kelamin dari Yamato adalah wanita. Dalam deskripsinya pun Yamato disebutkan sebagai “Putri Dari Bajak Laut Beast” dan “Sang Putri Oni.”

Berdasarkan penjelasan tersebut artinya Yamato sudah jelas adalah wanita. Bagaimana kemudian Yamato mengaku dirinya adalah Oden, bukan berarti dia adalah laki-laki. Hal itu merupakan wujud kekaguman Yamato dan bagaimana dia begitu memuja sosok Oden. Dan bagaimana kemudian Kaido menyebut Yamato sebagai anak laki-lakinya memang masih menjadi sebuah misteri. Namun, ada banyak spekulasi mengenai hal tersebut.

Dalam artikel sebelumnya, sempat diungkapkan ada beberapa kemungkinan mengapa sosok Yamato direferensikan sebagai anak laki-laki Kaido, dan bukan anak perempuan, salah satunya adalah karena keinginan Kaido untuk memiliki anak laki-laki. Kaido tentunya lebih memilih anak laki-laki karena ambisinya yang sangat besar. Misalnya, Kaido ingin menjadikan Yamato sebagai penerusnya.

Kaido juga mungkin kecewa saat mengetahui bahwa anak yang dia miliki ternyata wanita, padahal Kaido sangat menginginkan anak laki-laki. Karena itulah untuk menutupi kekecewaanya, Kaido pun kemudian menganggap Yamato sebagai anak laki-lakinya. Kemungkinan lainnya adalah bagaimana Kaido menghormati sosok Yamato dan juga kekaguman Yamato pada sosok Oden.

Meskipun Kaido adalah orang kejam, licik, dan juga mengerikan, tetapi Kaido memiliki sisi yang menarik seperti bagaimana dia menghormati keputusan yang dibuat oleh anaknya. Misalnya dalam kilas balik Yamato diperlihatkan bagaimana Yamato memproklamirkan bahwa dirinya adalah Oden kepada Kaido. Kaido tentunya marah akan apa yang dilakukan anaknya tersebut, tetapi Kaido menghormatinya.

Saat dikurung di penjara batu, Kaido mengurungnya bersama para samurai dan hanya memberikan sedikit makanan. Saat Yamato merengek kepada Kaido, Kaido pun mengatakan bahwa “bukankah kau adalah Oden?” kepada Yamato. Hal tersebut memberikan petunjuk bahwa Kaido mungkin menghormati Yamato dengan kekagumannya akan sosok Oden, dan menganggapnya sebagai sosok ‘Kozuki Oden.’

Karena itulah Kaido menyebut Yamato dengan sebutan anak laki-lakinya, meskipun dia tahu bahwa Yamato adalah wanita. Dan fakta bahwa Yamato adalah wanita sendiri pun banyak direspon positif oleh para fans, mengingat desain karakter Yamato yang cukup menarik sebagai sosok wanita dan hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi para fans.