Dalam franchise Naruto, tidak asing rasanya jika para fans disuguhkan oleh berbagai teknik atau kemampuan dahsyat yang membuat musuh kuat sekali pun tidak berdaya. Salah satu contoh nyatanya adalah teknik ruang dan waktu atau Space-Time Ninjutsu. Dengan menggunakan teknik ini, penggunanya mampu untuk berpindah ke dimensi yang lain. Selain itu, penggunanya juga mampu mengendalikan ruang dan waktu.

Dalam ceritanya, ada beberapa orang yang mampu menggunakan teknik luar biasa ini. Selain itu, ternyata ada banyak juga teknik atau ninjutsu yang berkaitan dengan ruang dan waktu ini. Lalu, apa saja teknik ruang dan waktu yang ada di seri Boruto? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Amenotejikara

Amenotejikara adalah sebuah ninjutsu ruang dan waktu yang menarik dan luar biasa. Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki doujutsu Rinnegan. Uchiha Sasuke adalah pengguna dari teknik ini berkat doujutsu Rinnegan yang dia miliki. Dengan menggunakan kemampuan ini Sasuke mampu bertukar posisi dengan orang lain atau musuhnya.

Contoh dari hal ini adalah ketika Sasuke bertarung menghadapi Momoshiki Otsutsuki. Sasuke mampu lolos dari serangan yang dilakukan oleh Momoshiki. Selain mampu bertukar tempat dengan musuhnya, dengan teknik ini Sasuke juga bisa bertukar objek bahkan Ninjutsu yang lain. Semakin besar chakra penggunanya yang mengalir atau menyatu dengan Jutsunya, semakin jauh juga jarak dari teknik ini.

Teknik Misterius Shin Uchiha

Digunakan oleh Shin Uchiha, Jutsu ruang dan waktu yang digunakan oleh manusia buatan ini sangat mirip dengan teknik ruang dan waktu yangdigunakan oleh Uchiha Obito, yaitu Kamui. Kamui sendiri merupakan teknik ruang dan waktu bagi mereka yang memiliki doujutsu Mangekyo Sharingan. Dengan teknik ini, penggunanya bisa menarik musuh untuk masuk ke dimensi Kamui.

Namun, yang membedakan teknik ini dengan Kamui adalah jika Kamui akan membawa korbannya terhisap masuk ke dimensi Kamui, teknik misterius ini akan membawa korbannya ke lokasi yang lain di muka bumi ini. Karena Shin Uchiha adalah manusia buatan, begitu juga dengan Sharingan di tubuhnya, kemungkinan teknik ini tidak bisa sesempurna Mangekyo Sharingan milik Obito.

Gozu Tenno

Sebenarnya teknik ini masih menjadi perdebatan di kalangan fans, apakah termasuk dalam teknik atau Jutsu ruang dan waktu. Tetapi, mayoritas sendiri sepakat bahwa ini adalah Jutsu Ruang dan Waktu. Gozu Tenno sendiri merupakan teknik yang digunakan oleh Sumire Kakeki dan Tanuki Shigaraki, ayah dari Sumire sekaligus pencipta dari teknik ini.

Setelah menempelkan tanda di belakang tubuh targetnya, Jutsu ini akan membuat penggunanya mampu untuk melakukan kontak dengan Nue dan kemudian muncul di dimensi lainnya. Penggunanya juga bisa melakukan reverse summoning, yang membuat mereka masuk ke dimensi Nue. Pada dasarnya, ini merupakan Jutsu pemanggil. Namun, bisa juga dianggap sebagai Jutsu Ruang dan Waktu.

Teknik Misterius Boruto

Uzumaki Boruto, seperti yang kita ketahui, memiliki doujutsu yang unik dan juga misterius, yaitu Jougan. Sampai sekarang, masih belum diketahui siapa yang memberikan Jougan kepada Boruto. Apakah Otsutsuki atau ada sosok lainnya yang kemudian mewarisi Doujutsu ini. Yang pasti Doujutsu ini sangat luar biasa.

Salah satu kemampuannya adalah mampu membuat Boruto berpindah ke dimensi lain. Dalam arc Academy, Boruto mampu memindahkan dirinya, Mitsuki, Sumire, dan Nue ke sebuah dimensi yang lain. Namun, Boruto sendiri masih belum mengetahui bagaimana caranya menguasai teknik tersebut.

Teknik Misterius Kinshiki/Momoshiki Otsutsuki

Kinshiki dan Momoshiki merupakan pasangan Otsutsuki yang dikirim ke bumi untuk melanjutkan misi Kaguya dan Isshiki yang dianggap gagal. Karena mereka merupakan bagian dari klan Otsutsuki, rasanya wajar jika mereka memiliki berbagai teknik atau kemampuan yang dahsyat. Jutsu ruang dan waktu adalah salah satunya.

Dengan menggunakan teknik tersebut, baik Kinshiki atau pun Momoshiki mampu pergi ke mana pun dengan mudah. Yang menarik adalah bagaimana teknik ruang dan waktu ini bekerja, sangat mirip dengan cara kerja dari Kamui di mana akan muncul animasi di mana Kinshiki atau Momoshiki akan terhisap ke dalamnya, dan kemudian mereka pun akan muncul di dimensi lainnya.

Teknik Misterius Kawaki

Sebenarnya, Kawaki tidak bisa melakukan teknik ruang dan waktu karena dia tidak memiliki kekuatan apa pun. Kekuatan dari segel Karma Isshiki Otsutsukilah yang kemudian membuat Kawaki mampu melakukan hal tersebut. Hal ini diperlihatkan saat Boruto dan Kawaki berusaha untuk menyelamatkan Naruto.

Namun, yang menjadi catatan adalah Kawaki tidak bisa menggunakannya sendiri. Saat itu, Kawaki dan Boruto bekerja sama dengan menggunakan dua kekuatan Karma berbeda dalam diri mereka, yang kemudian memunculkan sebuah portal menuju dimensi lain. Masih belum diketahui apakah dengan kekuatan Karmanya yang baru Kawaki akan mampu menggunakan kembali teknik ruang dan waktu.

Ninjutsu ruang dan waktu adalah salah satu teknik ninja yang sangat kuat dan juga mengerikan. Di satu sisi, teknik ini bisa digunakan sebagai cara untuk lari dari kejaran musuh atau sebagai bentuk perlindungan. Namun, di sisi lainnya, teknik ini juga bisa digunakan untuk menghancurkan musuh, seperti yang dilakukan oleh beberapa karakter dalam seri Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.