Setelah sekian lama dinantikan oleh para penggemar dari Marvel Cinematic Universe, akhirnya film ketiga dari seri Spider-Man di MCU, Spider-Man: No Way Home, resmi dirilis. Para fans benar-benar sangat antusias dengan kemunculan film ini, yang kembali melanjutkan kisah dari Peter Parker setelah apa yang terjadi sebelumnya di film Far From Home.

Seperti yang kita ketahui, identitas Peter Parker akhirnya diketahui oleh dunia setelah video dari Mysterio tayang di mana-mana berkat J. Jonah Jameson dan jaringan berita Daily Bugle. Dengan informasi tersebut kehidupan sosok Peter Parker benar-benar kacau. Dan menanggapi hal tersebut Peter pun berusaha untuk bisa membuat semuanya kembali seperti semula.

Peter pun kemudian meminta bantuan Stephen Strange untuk melakukan hal tersebut. Tetapi, ternyata apa keinginan tersebut tidak berjalan dengan mudah. Kekacauan besar justru terjadi setelah Peter meminta bantuan tersebut kepada Doctor Strange. Namun, pada akhirnya, Peter mampu menyelesaikan semua kekacauan yang dia buat. Dan Peter juga pada akhirnya mendapatkan apa yang dia inginkan, yaitu semua orang lupa dia adalah Spider-Man.

Seperti halnya film-film produksi Marvel Studios lainnya, kita mendapatkan dua adegan tambahan pada mid-credit dan juga post-credit. Dalam mid-credit scene kita melihat bagaimana sosok Eddie Brock dan Venom juga ternyata ikut hadir di universe utama MCU, dan kembali ke universenya setelah semua selesai. Kemudian, dalam post-credit scene kita mendapatkan “teaser” dari apa yang akan hadir dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Dalam teaser tersebut kita melihat bagaimana Doctor Strange bertemu dengan Wanda Maximoff dan kemudian bertanya tentang multiverse. Wanda kemudian memberikan gambaran tentang multiverse tersebut kepada Strange. Yang menarik adalah kita juga melihat bagaimana Strange kembali berinteraksi dengan Baron Mordo. Dan di akhir footagenya kita dikejutkan oleh sesuatu yang luar biasa.

Dalam narasi yang diucapkan oleh Mordo, dia mengatakan bahwa sosok yang paling berbahaya di dunia sebenarnya adalah Strange. Dan kemudian kita melihat Stephen Strange berhadapan dengan sosok misterius yang memiliki penampilan mirip dengan dirinya. Siapa sebenarnya sosok tersebut? Apakah sosok tersebut memang Stephen Strange?

Stephen Strange Versi Jahat

Sosok misterius yang berpenampilan menyeramkan dan mirip Doctor Strange tersebut memang adalah Stephen Strange. Namun, dia bukan berasal dari dunia di mana MCU berada, alias Stephen Strange tersebut berasal dari universe lainnya. Sosok misterius tersebut sepertinya adalah Strange Supreme. Karakter ini bisa dibilang adalah karakter baru di MCU.

Karakter Strange Supreme ini merupakan karakter yang pertama kali diperkenalkan dalam seri What If…? episode keempat. Dia berasal dari universe alternatif Earth-199999. Dalam episodenya sendiri diperlihatkan bagaimana Stephen Strange bukan kehilangan fungsi lengannya dalam kecelakaan yang dia alami, melainkan kekasihnya, Christine Palmer.

Bukannya aksi kepahlawan yang kemudian muncul dari kesedihan tersebut, Strange justru berubah menjadi sosok yang sangat obsesif. Dia begitu terobsesi untuk membangkitkan kembali kekasihnya. Selain belajar di Kamar Taj, Strange pun kemudian belajar dari berbagai macam referensi termasuk berbagai buku-buku atau kitab yang dilarang karena berbahaya dan mengandung sihir jahat.

Strange sendiri tidak peduli akan hal itu, selama dia bisa membangkitkan kekasihnya. Dan pada akhirnya, setelah membangkitkan berbagai makhluk interdimensional atau makhluk menyeramkan dari dimensi lain dan kemudian menyerap kekuatan serta energi mereka, efek sampingnya pun mulai muncul. Selain kekuatan yang diserap, ternyata energi jahat yang ada di dalam monster tersebut pun ikut terhisap oleh Strange yang mengakibatkan dia berubah menjadi jahat.

Dan akhirnya Strange pun dikenal sebagai Strange Supreme berkat kemampuan dahsyatnya tersebut. The Ancient One dan Doctor Strange dari universe lainnya mencoba menghentikan Strange Supreme, dengan memperingatinya bahwa akan ada paradoks yang terjadi. Ketika Strange berhasil menyelamatkan Christine, maka taruhannya adalah seluruh dunia. Dan benar saja, seluruh dunia pun akhirnya hancur akibat ulah Strange Supreme.

Versi Lainnya?

Sebenarnya, berbicara mengenai Stephen Strange versi jahat, juga ada dalam versi komiknya. Namanya adalah Necromancer. Necromancer merupakan Stephen Strange yang berasal dari Counter-Earth, sebuah universe yang dibuat oleh karakter bernama High Evolutionary. Kisah dari Stephen Strange di universe tersebut mirip dengan apa yang kita ketahui saat ini, kecuali Strange menghabisi Baron Mordo yang sudah membunuh Ancient One di universe itu.

Necromancer kemudian melakukan petualangan ke berbagai universe dan dimensi. Dia memiliki rencana jahat untuk menggunakan Book of the Vishanti, demi menaklukan bumi di universe utama. Namun, yang terjadi dia justru terjebak dalam sebuah makhluk dimensional bernama Eternity. Setelah berhasil bebas akibat Gamora yang tidak menyadari keberadaan Necromancer di Eternity, dia pun kemudian bertarung menghadapi Doctor Strange yang asli dan juga aliansinya. Strange berhasil mengelabui Necromancer yang membuatnya meledak.

Jadi Villain Utama?

Kemunculan sosok misterius yang diduga adalah versi jahat dari Stephen Strange tersebut memunculkan pertanyaan, apakah dia akan menjadi villain utama dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness? Sampai sejauh ini, kita memang masih belum tahu banyak tentang filmnya. Namun, berbagai rumor terkait filmnya memang sudah banyak beredar di jagat maya.

Contohnya adalah kemunculan kembali sosok Baron Mordo di film tersebut, yang kemudian terkonfirmasi melalui teaser tersebut. Kemudian kabar bahwa Wanda juga akan muncul di filmnya dikonfirmasi juga melalui teaser singkat itu. Dan berbicara mengenai rumor dan villain utama filmnya, sempat banyak rumor yang beredar mengenai siapa yang akan menjadi villain yang dihadapi Strange.

Ada rumor yang mengatakan bahwa Wanda yang akan menjadi villain utamanya, setelah apa yang terjadi di WandaVision. Kemudian muncul juga rumor bahwa Nightmare yang akan menjadi villain utamanya. Namun, dengan diperkenalkannya sosok Strange Supreme melalui teaser tersebut maka ada kemungkinan dialah yang akan menjadi villain utama di film Doctor Strange 2 nanti.

Hal ini mengingat ucapan dari Kevin Feige yang menyebutkan bahwa TV seri Marvel dan filmnya akan saling terhubung. Mungkin sosok Strange Supreme juga yang kemudian membuat kekacauan di multiverse Marvel, karena dia menyerap berbagai makhluk menyeramkan yang ada di berbagai universe – jika merujuk kepada serinya. Dan hal tersebut juga mungkin akan dihadirkan di filmnya nanti.

Menarik tentunya melihat kemunculan variasi lainnya dari Doctor Strange di MCU. Artinya, untuk yang kedua kalinya MCU akan menghadirkan karakter dari realita alternatif setelah apa yang dihadirkan di film No Way Home. Namun, yang menjadi catatan tentunya adalah ini akan menjadi karakter alternatif jahat pertama yang hadir di MCU. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kabar dari filmnya pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.