Konsep tentang kekuatan energi negatif yang dihasilkan dari tangan para penyihir Jujutsu mungkin bisa sangat membingungkan untuk para fans yang baru saja mengikuti cerita dari seri Jujutsu Kaisen. Bahkan, para fans yang sudah lama sendiri masih berusaha untuk bisa mencerna dengan baik tentang energi kutukan dan teknik kutukan yang contohnya baru-baru ini digunakan dalam pertarungan antara Yuji Itadori dan Higuruma Hiromi.

Untuk dasar tentang energi kutukan mungkin sangat mudah dipahami. Manusia pada dasarnya mampu menghasilkan jumlah yang sangat besar dari energi negatif, yang kemudian energi negatif tersebut bisa digunakan oleh sebagian orang lainnya untuk memanipulasi, melihat, atau berperang menghadapi para monster kutukan. Namun, ada beberapa hal yang mungkin dianggap kurang masuk akal atau aneh dari energi kutukan. Apa saja?

Hanya Sedikit Yang Bisa Melihat Energi Kutukan

Seperti disebutkan di atas, bahwa manusia bisa menghasilkan banyak sekali energi kutukan yang dimanfaatkan oleh para penyihir Jujutsu atau para monster. Hal tersebut dikarenakan manusia sering kali mengekspresikan emosi negatif mereka. Namun, yang aneh adalah tidak semua orang bisa melihat energi kutukan. Untuk sebagian orang, hal ini justru adalah sebuah keuntungan. Rasanya tidak semua orang mau berurusan dengan monster seperti Mahito atau Jogo.

Tetapi, konsep bahwa tidak semua orang bisa melihat energi kutukan dianggap sedikit aneh. Tentu akan dirasa lebih masuk akal jika kemudian semua orang yang mampu mengeluarkan atau menciptakan energi kutukan, juga mampu melihat energi yang mereka ciptakan tersebut. Hal inti tentunya dirasa kurang adil bahwa seseorang bisa – secara tidak langsung – membantu monster-monster mengerikan seperti Jogo, tetapi tidak semua orang memiliki kekuatan seperti para penyihir Jujutsu untuk bisa menghadapi mereka.

Energi Kutukan Bisa Dimanipulasi Seperti Kekuatan Super

Setelah para fans memahami tentang adanya koneksi antara emosi negatif yang manusia hasilkan dengan energi kutukan, maka memahami tentang teknik kutukan adalah langkah selanjutnya. Para penyihir Jujutsu memiliki berbagai teknik kutukan yang kompleks dan sangat luar biasa. Ini memang bukan sesuatu yang bisa dipahami dengan mudah, bahkan Yuji sendiri masih belajar memahami hal tersebut.

Seiring berjalannya cerita, energi kutukan yang banyak muncul di sekitar para penyihir Jujutsu, justru digambarkan seolah-olah sebagai kekuatan super yang kemudian dimanfaatkan untuk menggunakan berbagai teknik mengerikan. Masih belum bisa dipahami secara penuh mengapa hal ini bisa terjadi. Dan ini juga merupakan hal yang masih terus diulik oleh para fans lainnya

Perselisihan dan Kebencian Menjadi Sumber Energi Paling Kuat

Fakta bahwa energi negatif menjadi dasar dari kekuatan dalam sebuah cerita bergenre shonen bisa dibilang sangat membingungkan. Kebanyakan cerita dari seri bergenre shonen memanfaatkan cinta atau persahabatan sebagai bahan bakar untuk sistem kekuatan mereka. Jujutsu Kaisen menghadirkan sesuatu yang beda, di mana sisi negatif dari manusia menjadi kekuatan utamanya.

Bahkan, energi positif yang digunakan untuk menyembuhkan yang terluka disebut sebagai Reverse-Cursed Energy atau energi kutukan yang dibalik. Sehingga pada akhirnya menghasilkan lebih banyak energi kutukan. Masih belum diketahui apakah Gege Akutami akan memperkenalkan energi positif ke dalam ceritanya.

Energi Kutukan Bisa Dimasukan Ke Dalam Benda

Sebagian besar energi tidak bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Namun, fakta bahwa energi kutukan bisa berada dalam sebuah objek dalam waktu lama, bahkan bisa berada dalam sebuah objek pun dirasa masuk akal. Hal ini dikarenakan sangat sulit untuk bisa menyimpan energi dalam kehidupan nyata. Lalu, bagaimana mungkin seorang penyihir Jujutsu atau para monster menyimpan atau mengalirkan energi kutukan mereka ke sebuah benda?

Energi Kutukan Lebih Berdampak Besar Terhadap Dunia

Gojo Satoru memiliki teori bahwa pada masa yang akan datang para penyihir Jujutsu akan jauh meningkat pesat. Mereka semua akan menjadi seorang penyihir Jujutsu yang hebat dan sangat kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Hal tersebut membuat para fans beranggapan bahwa energi kutukan akan terus tumbuh dan tumbuh menjadi lebih kuat seiring waktu.

Alasan di balik peningkatan tersebut memang masih belum dijelaskan, sehingga para fans dibiarkan untuk berasumsi dan berspekulasi bahwa manusia pada masa yang akan datang akan jauh lebih negatif dan jauh lebih mengerikan dari sebelumnya. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat menyedihkan dan menyakitkan. Dan bagaimana energi negatif dan energi kutukan jauh lebih berpengaruh terhadap kehidupan manusia tentunya dirasa sangat aneh.

Energi kutukan menjadi satu elemen utama yang hadir dalam seri Jujutsu Kaisen. Dengan adanya energi kutukan ini para penyihir Jujutsu akan mampu membasmi para monster kutukan. Namun, di sisi lain, hal tersebut juga akan membangkitkan lebih banyak kehancuran dan kebangkitan monster mengerikan. Konsep tentang energi kutukan ini juga dianggap sebagian fans terasa aneh karena berbagai hal yang disebutkan di atas. Mungkin kedepannya akan lebih banyak lagi penjelasan mengenai hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.