Berbeda dengan media komik Amerika yang lain, Marvel tidak begitu sering mengangkat kisah tentang karakter sidekick dan mentornya. Namun, bukan berarti tidak ada karakter sidekick di Marvel Universe, karena pada kenyataannya ada juga sidekick yang terkenal, termasuk Bucky Barnes alias Winter Soldier, Sam Wilson alias Falcon, dan masih banyak lagi. Dan dalam berbagai kisah tentang sidekick ini, ternyata ada juga beberapa sidekick yang kemunculan pertamanya diceritakan sangat lemah jika dibandingkan mentornya. Siapa saja mereka? Berikut 10 sidekick paling lemah di Marvel Universe.

Blindspot

Sebagai pembasmi kejahatan di jalanan Kota New York, Daredevil sering menghadapi berbagai villain yang brutal, sehingga hal tersebut sering memaksa dia untuk mencari sidekick yang cukup tangguh untuk membantunya, salah satunya adalah Blindspot. Dia sebenarnya cukup setia untuk sidekick, tetapi hatinya tidak pernah merasa bahagia sebagai superhero. Dia juga hanya mengandalkan kemampuan bela diri dan akrobat saat beraksi, sehingga bagi Blindspot semuanya tampak seperti pertarungan biasa dengan preman jalanan. Sehingga pada akhirnya dia memutuskan berhenti dan menjadi warga biasa.

Bucky Barnes

Ketika sudah menjadi Winter Soldier, banyak penggemar yang menyukai Bucky Barnes, bahkan kekuatannya digadang-gadang mampu menyaingi mentornya, yaitu Captain America. Namun, sebelum mendapatkan kekuatan lengan besinya, Bucky Barnes hanya seorang pemuda biasa yang menjadi sidekick. Pada Perang Dunia II, Bucky lebih sering terlihat hanya membersihkan sisa-sisa Nazi yang sebelumnya sudah dihajar oleh Captain America. Walaupun bisa dibilang Bucky cukup kuat pada masanya, tetapi tetap saja dia tidak mempunyai kemampuan apa-apa selain bertarung disamping Captain America.

Dum Dum Duggan

Nick Fury adalah salah satu karakter Marvel langka yang diperlihatkan sangat kuat walaupun dia hanya seorang manusia biasa. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk sidekick-nya yang bernama Dum Dum Dugan, selain kumisnya yang seram, Dum Dum sebenarnya tidak lebih kuat dari Nick. Sama seperti Fury, dia juga menggunakan Formula Infinity yang membuatnya awet muda, tetapi selain itu, Dum Dum hanya manusia biasa yang bisa terbunuh dengan tusukan dan tembakan biasa, padahal Nick banyak sekali melakukan hal luar biasa dan sering terlihat kebal dari tembakan peluru.

Elektra

Elektra-3-Feature.jpeg (990×422)

Para penggemar mengenal Elektra sebagai mantan kekasih Daredevil yang sempat diceritakan menjadi villain yang sangat berbahaya setelah dirinya bangkit dari kematian. Namun, ternyata sebelum itu, jauh sebelum dibunuh oleh Bullseye, Elektra hanya seorang sidekick “biasa saja”, jika dibandingkan dengan Daredevil yang sangat tangguh walaupun dia tunanetra. Meskipun telah bertahun-tahun dilatih oleh Daredevil dan ikut terlibat dalam beberapa petualangannya, perkembangan Elektra tidak terlalu signifikan, sampai akhirnya Elektra harus mati oleh Bullseye yang menusuknya tepat di perut.

Jack Monroe

Selain Bucky Barnes, Captain America juga mempunya sidekick lain yang bernama Jack Monroe. Pengalaman Jack menjadi sidekick terbilang sangat lama, dari mulai Captain America dipegang oleh William Burnside, sampai diteruskan oleh Steve Rogers. Jack adalah salah satu sidekick yang diceritakan menerima serum super soldier juga, tetapi selain kekuatan dari serum tersebut, Jack tidak mempunyai keterampilan apa-apa. Ketika merasa jengah menjadi sidekick dan mencoba bergabung dengan Thunderbolt, kelemahan Jack makin terbukti ketika Winter Soldier, sidekick Captain America yang lain, mengalahkannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2