Franchise Dragon Ball merupakan salah satu franchise populer di seluruh dunia, selain beberapa franchise lainnya seperti Naruto atau pun One Piece. Selain karakter ceritanya yang menarik, para karakter yang muncul di serinya juga menjadi salah satu daya tarik dari Dragon Ball. Entah melalui latihan yang berat dan lama, atau dengan mendapatkan form baru, selalu ada karakter yang sangat kuat yang muncul dalam serinya.

Hal ini pun masih terus berlanjut sampai di seri Dragon Ball Super sekarang. Contohnya adalah dengan kemunculan Jiren di arc Tournament of Power, yang menjadi villain utama serinya. Kekuatan dahsyat Jiren bahkan mampu untuk mengalahkan form terkuat dari Goku. Namun, Jiren bukanlah satu-satunya karakter kuat di franchise Dragon Ball. Ada beberapa karakter lain yang diketahui memiliki kekuatan yang dianggap sangat ekstrem.

Hit

Selain Jiren, Hit juga merupakan karakter lainnya dari seri Dragon Ball Super yang memiliki kekuatan yang terlalu dahsyat. Hit memiliki kemampuan yang disebut sebagai Time-Skip, yaitu kemampuan Hit untuk “melompati waktu” untuk waktu yang sangat singkat, yaitu sepersepuluh detik. Namun, dalam pertarungannya melawan Goku, Hit mengalami peningkatan kekuatan.

Bukan lagi sepersepuluh detik, melainkan hampir setengah detik Hit mampu melompati waktu. Bagaimana Hit bisa mengalami peningkatan kekuatan ini menjadi salah satu misteri di kalangan fans. Apakah hal tersebut merupakan hasil dari Hit melampaui batas kemampuannya? Atau ada hal lain yang pemicunya?

Future Trunks

Meskipun karakter Future Trunks selalu diperlihatkan sebagai karakter yang menarik dan juga kuat, bagaimana kemunculannya di seri Dragon Ball Super benar-benar mengejutkan para fans apalagi dengan kekuatannya yang luar biasa. Form Super Saiyan Rage merupakan salah satu bukti kekuatan dahsyat dari Future Trunks dalam seri ini, meskipun belum ada penjelasan jelas terkait hal ini.

Dalam ceritanya, sesuai namanya, Future Trunks bisa mengakses kekuatan tersebut dengan meningkatkan amarah atau emosinya. Mirip seperti transformasi dari Super Saiyan dan Super Saiyan 2. Meskipun begitu, form Super Saiyan Rage ini jauh lebih kuat dan mengerikan dibandingkan Super Saiyan dan Super Saiyan 2.

Whis

Karena Whis merupakan seorang Angel, bisa dipahami mengapa kemudian dia memiliki kekuatan di atas rata-rata karakter lainnya. Sebagai seorang Angel, Whis menguasai sebuah teknik transformasi yang dikenal sebagai Ultra Instinct. Teknik ini pun bahkan dipelajari oleh Goku. Tetapi, yang membuat Whis menjadi dahsyat adalah bagaimana dia bisa terus menerus alias setiap detik berada dalam form ini.

Jika dilihat dari tubuh Whis, jelas dia menguasai teknik tersebut bukan dengan latihan seperti yang dilakukan oleh Goku atau karakter lainnya di daftar ini. Hal ini pun memunculkan tanda tanya besar mengenai asal-usul kekuatan tersebut, dan bagaimana seorang Angel berlatih atau mempelajari teknik baru. Yang menarik adalah saudara dari Whis sedikit lebih berisi tubuhnya. Apakah Whis dan saudaranya memiliki cara latihan berbeda?

Broly/Kale

Broly dan Kale sama-sama diketahui memiliki kekuatan Legendary Super Saiyan. Form atau transformasi dari Legendary Super Saiyan sendiri membutuhkan lebih banyak ki dan massa otot bagi penggunanya, dibandingkan dengan transformasi Super Saiyan pada umumnya. Secara garis besarnya, penjelasan tersebut mungkin bisa menghadirkan jawaban mengenai Legendary Super Saiyan.

Broly Goku Sragon Ball Z Benci

Tetapi, kita masih belum tahu apa yang kemudian membuat seseorang bisa mendapatkan atau membangkitkan transformasi ini. Kekuatan dari Broly sendiri sempat diperlihatkan dalam beberapa iterasi, seperti film dan juga seri animasi. Broly diperlihatkan sanggup mengalahkan Goku dan Vegeta. Hanya ketika keduanya bergabung, Broly bisa dikalahkan, itu pun perlu usaha ekstra dari keduanya.

Zeno

Zeno merupakan pemimpin tertinggi dari seluruh alam raya di Dragon Ball Super. Dia juga memiliki kekuatan bertarung yang paling kuat diantara semuanya. Tetapi, melihat dari karakternya, tidak ada yang menyangka jika Zeno adalah yang terkuat. Sikapnya yang kekanak-kanakan juga menyembunyikan bagaimana dahsyatnya kekuatan dari Zeno.

Jika dia mau, Zeno bisa saja menghancurkan atau menghapus timeline yang ada saat ini atau bahkan seluruh alam semesta. Bisa dilihat dari betapa mudahnya Zeno menghancurkan planet dan bagaimana dia juga senang melakukan hal tersebut. Tetapi, sampai saat ini pun kita masih belum tahu bagaimana Zeno mendapatkan kekuatan dahsyat tersebut dan menjadi penguasa di alam raya.

Peningkatan kekuatan dalam seri Dragon Ball merupakan hal yang lazim terjadi. Tetapi, yang menjadi masalah adalah ketika ada karakter yang mampu meningkatkan kekuatannya atau membangkitkan kekuatannya sampai pada titik di mana kekuatan tersebut tidak masuk akal. Mereka menjadi karakter yang dianggap terlalu kuat. Masih belum diketahui sampai titik mana level kekuatan yang bisa didapatkan oleh seseorang dalam seri ini.