Sudah sejak lama para fans One Piece meyakini bahwa sosok Roronoa Zoro memiliki sesuatu yang spesial dalam dirinya. Selain kemampuan berpedang, para fans juga meyakini bahwa Zoro memiliki kemampuan Haki. Kemampuan ini memang belum diperlihatkan sampai kemudian Zoro dan seluruh kelompok Topi Jerami berlatih selama dua tahun dalam momen time-skip.

Pasca time-skip, kita diperlihatkan bagaimana Zoro kemudian kembali dengan kekuatan dahsyat dan juga mampu mengendalikan Haki, terutama Haki Senjata. Seiring berjalannya waktu, para fans pun meyakini bahwa Zoro tidak hanya memiliki Haki Senjata. Para fans sendiri meyakini bahwa Zoro memiliki kemampuan Haki Penguasa seperti halnya Luffy. Pada chapter 1010 kemarin menjadi konfirmasi pertama mengenai hal ini.

Zoro diperlihatkan menggunakan teknik Asura untuk menyerang Kaido. Zoro benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan dan kekuatannya untuk menggunakan teknik tersebut. Meskipun Zoro tidak berhasil membuat Kaido kalah, teknik itu ternyata berhasil melukai Kaido. Dan Kaido sendiri pun mengatakan bahwa Zoro melapisi serangannya dengan Haki Penguasa – meskipun Zoro sendiri tidak menyadari hal tersebut.

Dan pada chapter 1033 kemarin, kita akhirnya kembali mendapatkan konfirmasi dari Oda Sensei terkait Haki Penguasa dari Zoro. Di tengah-tengah pertarungannya melawan King, Zoro sempat mengalami krisis kepercayaan diri karena semua serangan yang dia lakukan terhadap King sama sekali tidak berpengaruh. Zoro pun kemudian kembali teringat dengan berbagai percakapan yang dia alami.

Misalnya ketika dia bertemu dan berbicara kepada Shimotsuki Kozaburo, tentang bagaimana seharusnya pedang bisa mencabut lebih banyak nyawa. Kemudian juga bagaimana penggunanya harus bisa mengendalikan dan menguasai pedangnya. Zoro pun akhirnya sadar dan paham apa yang terjadi kepada Oden dan Enma.

Zoro menyadari bagaimana Oden mampu mengendalikan Enma, di mana menurutnya Oden berhasil memberikan apa yang Enma inginkan, yaitu menyerap sebanyak mungkin Haki dari penggunanya. Oden sendiri diketahui memang memiliki Haki yang sangat banyak, sehingga dia mampu bertahan dalam berbagai siksaan, seperti ketika dia dihukum dengan cara direbus. Hal tersebut karena Haki Senjata yang sangat dahsyat dari Oden yang melindungi tubuhnya.

Selama ini, Zoro memang membatasi bagaimana Enma bisa menyerap Haki miliknya. Tetapi, Zoro akhirnya paham bahwa Enma bisa menjadi kuat dan terkendali setelah dia berhasil menyerap banyak Haki. Dan hal itulah yang kurang darinya. Akhirnya, Zoro pun membuka semua potensi Hakinya, termasuk Haki Penguasa. Hal ini dibuktikan dengan para kru dari bajak laut Beast yang berusaha untuk menangkapnya tiba-tiba tidak sadarkan diri.

Efek yang dihasilkan ini mirip dengan seseorang yang sedang mengaktifkan Haki Penguasa, seperti saat Shanks pergi ke kapal Whitebeard atau ketika Luffy membuat tidak sadar anak buah Hody Jones. Ini menjadi konfirmasi lainnya dari Oda Sensei tentang Haki Penguasa Zoro, yang mana artinya peningkatan kekuatan Zoro saat ini sudah hampir setara dengan Luffy.

Dalam artikel sebelumnya pun sempat dibahas bahwa ini bisa jadi merupakan petunjuk bahwa Zoro akan melampaui kekuatan Kozuki Oden. Dan jika melihat bagaimana pada akhirnya Zoro mampu untuk memahami Enma saat ini, kemungkinan tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk terjadi. Hanya tinggal masalah waktu saja sebelum Zoro benar-benar pada titik tersebut.

Bahkan, mungkin bukan hanya Zoro akan melampaui kemampuan dari Kozuki Oden, tetapi juga Dracule Mihawk. Selama ini, Mihawk diketahui lebih dominan menggunakan Haki Senjata, dan tidak diketahui apakah dia juga memiliki kemampuan Haki Penguasa. Namun, dengan asumsi bahwa Haki Senjata lebih dominan dari Mihawk, maka ada peluang Zoro akan berhasil mengalahkan Mihawk dan melampaui kemampuannya.