Senjata kuno merupakan salah satu elemen yang menarik dalam cerita di seri One Piece kerya Eiichiro Oda. Senjata kuno sendiri merupakan teknologi yang digunakan pada zaman dahulu, yang diyakini menjadi kunci kekuasaan dari kerajaan kuno. Sayangnya, sampai sejauh ini masih belum banyak informasi yang diketahui tentang senjata kuno, selain jumlahnya yang ada tiga buah.

Senjata kuno yang pertama adalah Neptunus, kemudian Uranus, dan yang ketiga adalah Pluton. Sampai sekarang, dari ketiga senjata kuno yang sudah diperkenalkan dalam ceritanya, baru dua senjata kuno yang sudah diketahui bentuknya. Untuk Pluton, diketahui bahwa senjata kuno ini berbentuk sebuah kapal dengan persenjataan yang dahsyat.

Kemudian yang kedua adalah Poseidon, yang mana sebenarnya ini bukanlah sebuah benda atau sesuatu, melainkan manusia. Dalam hal ini, Poseison adalah putri Shirahoshi yang diketahui memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh hewan laut. Hanya Uranus yang masih misterius dan tidak diketahui apa bentuknya. Berbicara mengenai senjata kuno, khususnya Pluton, sebenarnya ada beberapa hal menarik yang sudah dihadirkan di ceritanya.

Yang pertama, diketahui bahwa Pluton tersimpan dengan rapih di Alabasta. Untuk lokasi pastinya sendiri tidak diketahui. Inilah alasan mengapa Crocodile berusaha dengan sangat keras untuk mengambil alih wilayah Alabasta. Kemudian yang kedua adalah Franky sempat memiliki cetak biru dari rancangan kapal Pluton sebelum kemudian dia membakarnya.

Berdasarkan Poneglyph yang berhasil dipecahkan oleh Robin, Pluton sendiri diketahui saat ini sedang “tertidur” dan sedang menantikan kemunculan seseorang untuk membangkitkannya. Berbicara mengenai Pluton dan Franky, dalam kolom SBS Volume 101 kemarin seorang fan sempat bertanya kepada Oda Sensei mengenai masa depan dari Franky.

Fan tersebut meminta Oda Sensei untuk menggambar Franky ketika usianya yang sudah tua, seperti yang dilakukan oleh Oda Sensei terhadap beberapa karakter lainnya. Oda pun kemudian menggambar Franky pada usia 50 dan 70 tahun dengan dua versi timeline yang berbeda, yaitu versi baik dan buruk. Terdapat sebuah hal menarik dari gambaran Franky pada usia 70 tahun di versi timeline yang buruk.

Franky diperlihatkan berubah wujud menjadi sebuah kapal yang siap menghancurkan dunia. Terdapat sebuah asumsi menarik bahwa desain atau bentuk kapal tersebut kemungkinan mencerminkan atau menirukan desain dari Pluton. Dan jika melihat petunjuk yang ada, hal tersebut memang mungkin saja terjadi. Petunjuk pertama adalah Pluton merupakan sebuah kapal.

Kita memang masih belum tahu seperti apa bentuk dan desainnya, namun dalam petunjuk kedua diperlihatkan bahwa Franky sempat memiliki cetak biru dari Pluton. Artinya dia pun tentu pernah melihat atau sempat mengetahui bagaimana desain dari Pluton. Hal tersebut mungkin dia adaptasikan kepada dirinya, yang mana dengan begitu Franky pun menjadi salah satu senjata mengerikan pada masa yang akan datang.

Perlu dicatat bahwa dalam hal ini bukan berarti Franky yang akan berubah menjadi Pluton, melainkan apa yang diperlihatkan oleh Franky dengan tubuhnya yang berubah menjadi kapal mungkin menjadi gambaran seperti apa desain dari Pluton. Mungkin memang desain yang dihadirkan tidak 100% mirip dengan desain Pluton yang asli, tetapi dari bentuk kapal Franky ini kita mendapatkan sedikit gambaran dari bentuk Pluton. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang!