Bagaimana jika Franky berubah menjadi sosok orang tua pada masa yang akan datang? Apakah seorang Franky bisa beranjak tua? Mungkin itulah beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak para fans One Piece ketika berbicara mengenai Franky. Franky merupakan salah satu kru bajak laut Topi Jerami yang bergabung sebelum time-skip terjadi. Dia berasal dari Water Seven.

Franky pertama kali diperkenalkan dalam Water Seven Saga, di mana pada awalnya dia dihadirkan sebagai bandit yang mencuri uang dari kelompok Topi Jerami. Setelah sempat berselisih dan bertarung, pada akhirnya Franky pun mulai tersadar dan mengenal siapa Luffy dan kelompok Topi Jerami. Dia pun bahkan membuatkan kapal untuk mereka yang sekarang digunakan untuk berlayar.

Franky juga sempat membantu menyelamatkan Nico Robin yang diculik oleh CP-9 di Enies Lobby. Dan kemudian Luffy pun memintanya untuk bergabung dengan kelompok Topi Jerami. Dengan keahliannya sebagai tukang kayu, Franky sering kali menjadi andalan saat Thousand Sunny mengalami kerusakan. Dia yang membetulkan berbagai kerusakan tersebut dan bahkan dia juga yang meningkatkan kemampuan Sunny.

Berbicara mengenai sosok Franky, dia merupakan seorang cyborg yang mana yang menarik adalah dia pada awalnya merupakan manusia. Franky pun kemudian merubah dirinya menjadi cyborg, dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada, sebelum kemudian dia benar-benar menggunakan perlatan yang lebih baik. Menjadi seorang “robot” tentunya banyak membuat orang berpikir apakah Franky bisa menjadi tua.

Dan ternyata Franky bisa menua layaknya manusia biasa. Hal ini diperlihatkan dalam SBS Volume 101, di mana seorang fan bertanya kepada Oda Sensei tentang bagaimana wujud Franky ketika usianya 40 dan 70 tahun. Seperti yang Geeks ketahui, Oda Sensei sudah beberapa kali menghadirkan para karakter di seri One Piece dalam versi tua mereka. Dan kali ini giliran Franky.

Namun, menurut Oda, dengan usia Franky yang sudah mendekati 40 tahun – saat ini 36 tahun – maka Oda pun menggambar masa depan Franky ketika usianya 50 tahun dan 70 tahun. Dan seperti biasa, Oda Sensei pun menghadirkan dua versi Franky dari masa depan ini. Yang pertama adalah Franky ketika memiliki masa depan yang baik dan ketika Franky memiliki masa depan yang buruk.

Dalam versi timeline yang baik, Franky di usia 50 tahun berkata bahwa dia akan memberikan sebuah alat penghangat kepada pulau yang dingin dan bersalju. Kemudian, ketika usianya 70 tahun, Franky pun mencoba membetulkan sepeda seseorang. Bahkan, bukan hanya membetulkan sepeda, Franky pun berniat memberikan sebuah meriam yang kemudian dipasangkan di sepeda tersebut.

Dalam versi timeline yang buruk, Franky nampak mengerikan. Di usianya yang ke 50, Franky mengatakan bahwa dia adalah robot yang akan menghancurkan seluruh dunia. Kemudian di usianya yang ke 70 tahun Franky pun berubah menjadi kapal penghancur yang mengerikan. Bagaimana Oda menghadirkan Franky dalam versi tua ini bisa dibilang sangat unik dan menarik, karena seperti disebutkan di atas bahwa rasanya menarik melihat seorang cyborg yang beranjak tua, memiliki penampilan layaknya manusia biasa.

Padahal, seharusnya, Franky tidak bisa menua atau pun menunjukan tanda-tanda penuaan karena hampir seluruh bagian tubuhnya adalah besi atau baja. Apakah ini akan dihadirkan dalam cerita di manganya nanti? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.