Setelah Isshiki Otsutsuki berhasil dikalahkan oleh Naruto, Sasuke, Boruto, dan Kawaki, dunia dari Boruto: Naruto Next Generation masih belum benar-benar aman dari ancaman. Saat ini, mereka harus berhadapan dengan musuh yang tidak kalah mengerikan dari Isshiki yaitu Code. Code merupakan salah satu Inner Kara seperti halnya beberapa villain sebelumnya.

Meskipun sering kali Code menganggap dirinya sebagai wadah yang “gagal” jika dibandingkan dengan Kawaki, pada kenyataanya Code merupakan sosok yang mengerikan. Hal ini diperlihatkan dalam chapter terbaru serinya di mana Boruto dan Kawaki kewalahan menghadapi Code meskipun Boruto sudah mengaktifkan Karma miliknya. Memang, masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Code. Tetapi, perlu diingat bahwa ancaman besar masih akan tetap ada setelah Code menghilang. Berikut adalah 5 ancaman besar selain Code.

Delta

Geeks mungkin heran karena ada sosok Delta dalam daftar ini. Dalam serinya, Delta merupakan salah satu Inner Kara yang paling kuat. Sama seperti para anggota Kara lainnya, bagian tubuh Delta pun mengalami peningkatan. Dalam pertarungan melawan Uzumaki Naruto, tubuh dari Delta memang diperlihatkan hancur. Tetapi, dengan kecerdasannya, Amado berhasil kembali membangkitkan Delta.

Amado kemudian memberikan tubuh baru terhadap sosok Delta. Untuk saat ini, memang status dari Delta adalah tidak aktif. Amado yang melakuan hal tersebut. Tetapi, Delta sendiri masih belum benar-benar tewas. Jika mau, Amado bisa saja mengaktifkan kembali Delta dan kemudian kembali menebar ancaman besar di Konoha dan seluruh dunia.

Daemon

Daemon merupakan salah satu hasil ciptaan dari Amado. Daemon diciptakan sebagai salah satu cyborg bagi Kara. Daemon pun disebut-sebut memiliki kekuatan yang bahkan sanggup melebihi Jigen. Karena itulah Daemon menjadi salah satu cyborg yang diperintahkan oleh Jigen untuk dihancurkan. Namun, sepertinya Daemon masih belum hancur dan masih tetap hidup di fasilitas milik Boro.

Memiliki kemampuan di atas Jigen artinya Daemon memiliki kemampuan yang juga jauh di atas Uzumaki Naruto. Daemon sendiri memiliki kemampuan yang sangat unik di mana dia bisa membalikan serangan musuh, bahkan sebelum musuh tersebut melakukan serangannya. Dengan kemampuan yang mengerikan tersebut, tentunya Daemon bisa menjadi ancaman besar lainnya selain Code.

Eida

Sama seperti halnya Daemon, Eida merupakan cyborg yang diciptakan oleh Amado. Tujuan utamanya adalah mengalahkan sosok Jigen. Jigen bahkan meminta Boro untuk menghabisi Eida, karena dianggap mengerikan dan terlalu kuat. Code sendiri meminta bantuan Eida untuk menangkap Boruto dan Kawaki. Eida juga memiliki kemampuan yang unik sekaligus aneh dan mengerikan.

Dia bisa membuat semua orang jatuh cinta dan menuruti semua kemauannya. Dan yang lebih mengerikan adalah dia bisa melihat ke masa lalu dan masa depan. Dengan kemampuan ini tentunya Eida bisa menjadi ancaman besar bagi Naruto dan juga Sasuke serta Boruto. Masih belum diketahui bagaimana kemudian caranya untuk bisa mengalahkan Eida.

Kawaki

Di awal serinya kita melihat bagaimana Boruto harus bertarung melawan Kawaki. Momen tersebut terjadi pada masa yang akan datang, di mana diperlihatkan desa Konoha sudah hancur lebur rata dengan tanah. Kawaki dan Boruto diperlihatkan sudah beranjak remaja dan mereka pun sama-sama memanfaatkan Karma untuk menjadi sumber kekuatan mereka.

Kawaki sendiri saat ini sudah tidak lagi seperti sosok yang kita kenal pada awal kemunculannya. Kawaki sudah berubah menjadi sosok yang lebih baik. Bahkan, dia rela menyerahkan jiwanya demi melindungi sosok Naruto. Tetapi, Kawaki tetap saja bisa menjadi ancaman besar yang sewaktu-waktu bisa membuat dunia shinobi kacau.

Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki sempat muncul di desa Konoha dan membuat kekacauan besar di sana. Tetapi, berkat kerja sama Naruto dan Sasuke, Momoshiki akhirnya berhasil dikalahkan. Namun, Momoshiki belum benar-benar mati. Sebelum dia tewas, dia sempat memindahkan segel Karma ke tubuh Boruto yang membuatnya bisa kembali bereinkarnasi ketika proses Otsutsukifikasinya selesai.

Meskipun Momoshiki tinggal di dalam tubuh Boruto, seperti yang diperlihatkan sebelumnya dia tetaplah berbahaya. Dia bisa mengambil alih tubuh Boruto dan menggunakannya sesuka hati. Contohnya adalah ketika Momoshiki menusuk mata Sasuke, yang membuatnya harus kehilangan Rinnegan miliknya. Momoshiki menjadi satu-satunya Otsutsuki yang masih ada di bumi, dan jika kemudian dia kembali bangkit, tentunya hal tersebut akan menjadi sesuatu yang mengerikan.

Dunia yang aman dan nyaman tanpa adanya ancaman menjadi impian dari sosok Naruto sejak lama. Dengan kerja keras semuanya, Naruto pun akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya tersebut. Sayangnya, kedamaian tersebut harus kembali terganggu dengan kemunculan Otsutsuki lainnya. Dan juga ancaman besar tersebut sepertinya masih belum akan hilang dari bumi dalam waktu dekat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.