Dalam chapter 1032 kemarin, sosok yang tidak diduga kembali muncul. Sudah lama tidak terlihat, bahkan sebelum penyerangan ke Onigashima dimulai, Kozuki Hiyori – yang menyamar menjadi Komurasaki – sepertinya berhasil pergi ke Onigashima tanpa diketahui oleh semua orang. Dan yang lebih mengejutkannya lagi adalah satu-satunya orang yang mengetahui tentang keberadaan Hiyori hanyalah Kurozumi Orochi.

Sejak arc Wano dimulai, Hiyori sudah memiliki peran penting dalam menghadirkan berbagai hal-hal menarik dalam cerianya. Setelah Hiyori berhasil selamat dari upaya pembunuhan oleh Orochi, yang mengincar keluarga Kozuki, dia pun kemudian dirawat oleh Kawamatsu. Tidak ingin membebani Kawamatsu, akhirnya Hiyori kabur dan kemudian dia berada di bawah perlindungi Kyoshiro, yang merupakan penyamaran dari Denjiro.

Saat bersama dengan Denjiro, Hiyori kemudian menjadi mata-mata bagi Orochi. Hiyori menyamar menjadi seorang wanita penghibur bagi Orochi dengan nama samaran Komurasaki, dan bahkan dia adalah wanita penghibur favorit dari Orochi. Komurasaki sendiri kemudian “dibunuh” oleh Kyoshiro demi menyelamatkannya dari tangan Orochi. Dan Hiyori pun akhirnya terbebas dari Orochi.

Sejak saat itulah, Hiyori sering membantu para Red Scabbards untuk membalas dendam terhadap Orochi dan Kaido. Salah satu contohnya adalah ketika Hiyori memberikan Zoro pedang Enma untuk menggantikan Shusui. Kejutan besar kemudian terjadi dalam chapter terbaru di mana Komurasaki kembali muncul. Seperti halnya Tama, sepertinya Hiyori berhasil untuk bisa pergi ke pulau Onigashima.

Dan yang lebih spesifik lagi adalah Hiyori muncul di tempat Orochi bersembunyi. Meskipun apa yang menjadi tujuan dari Hiyori untuk muncul di ruangan tersebut masih belum diketahui, tetapi ada kemungkinan bahwa Hiyori berusaha untuk menghabisi nyawa Orochi. Namun, kemunculan Komurasaki ini memunculkan sebuah pertanyaan menarik di kalangan fans.

Apakah sosok dibalik riasan Komurasaki tersebut adalah memang Hiyori? Atau justru Kozuki Toki? Pertanyaan ini muncul karena terlepas keinginannya untuk menghabisi Orochi dengan tangannya sendiri, Hiyori pun mengatakan bahwa dia tidak ingin terlibat dalam perang di Onigashima. Dia tidak ingin melihat sang kakak bertarung dan juga berbagai alasan lainnya, sampai kemudian peperangan selesai.

Mengapa kemudian muncul asumsi bahwa sosok di balik riasan Komurasaki adalah Kozuki Toki? Dalam seri One Piece, sudah bukan hal yang aneh bagi para karakter untuk memiliki wajah yang sangat mirip dengan orang tua mereka atau leluhur mereka. Seperti yang diperlihatkan dalam kilas balik Kozuki Oden, Toki dan Hiyori memiliki bentuk wajah yang sama.

Hanya sedikit perbedaan yang terlihat diantara keduanya. Salah satunya adalah Toki memiliki bekas luka di bagian kakinya, akibat berusaha melindungi kedua anaknya dari serangan Orochi. Meskipun mungkin hanya sekedar kebetulan, tetapi jika diperhatikan bagaimana sosok Komurasaki kembali dimunculkan pada chapter kemarin tidak memperlihatkan bagian kakinya.

Dengan kemampuan buah iblisnya, Toki Toki no Mi, Toki bisa pergi ke masa depan. Dan pada kilas balik Oden pun diperlihatkan bagaimana Toki sepertinya menggunakan kekuatannya untuk pergi ke masa depan, demi mewujudkan ramalannya. Semenjak pertama kali muncul, sosok Toki memang menjadi sebuah misteri yang besar.

Sebagai sosok yang lahir dan hidup saat abad yang hilang sekitar 800 tahun yang lalu, Toki tentunya tahu tentang rahasia dunia ini dibandingkan siapa pun. Dan yang juga menarik adalah Toki seolah memiliki koneksi yang aneh dengan Wano dan masa depannya. Hal ini terlihat saat Toki pertama kali bertemu dengan Kozuki Oden. Toki mengatakan bahwa dia memiliki tujuan untuk pergi ke Wano.

Oden sendiri pada awalnya merasa heran karena wanita seperti Toki berusaha untuk pergi menuju Wano. Kemudian, ketika mereka tiba di Wano, Toki tidak bisa pergi ke Laugh Tale bersama Oden dan kelompok Roger. Toki sendiri bahkan menolak usulan Oden yang ingin tinggal bersama dengan Toki. Banyak fans berteori bahwa Toki tahu apa yang terjadi dengan Wano setelah Oden pergi.

Toki tahu bahwa hanya Oden yang akan berhasil menghentikan Kaido dan Orochi untuk mengambil alih kekuasaan di pulau tersebut. Bahkan, terdapat sebuah panel di mana Toki mengetahui bahwa dia perlu mengirimkan Momonosuke – dan Red Scabbards – ke masa yang akan datang agar Momo bisa menjadi pemimpin Wano.

Pada malam Toki “menghilang” dia bisa saja mengirim putrinya ke masa depan, seperti yang dia lakukan terhadap Momo. Tetapi, pada kenyataanya Toki tidak melakukan hal tersebut. Toki sengaja tidak mengirim semua Red Scabbards, demi menjaga Hiyori sampai pada masa sekarang. Di sisi lain, Toki sendiri mengumumkan “kematiannya” pada 20 tahun yang lalu.

Jadi, pada kesimpulannya adalah ada kemungkinan sosok Komurasaki yang muncul lagi di Wano dan saat ini sedang bersama dengan Orochi bukanlah Kozuki Hiyori, melainkan Kozuki Toki, yang menghilang pada 20 tahun lalu. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Toki tahu apa yang menjadi takdirnya dan juga tujuannya. Karena itulah dia berusaha untuk mewujudkannya.

Dan salah satu tujuan dari Toki bisa jadi adalah menghabisi nyawa dari Orochi, sosok yang sudah menghabisi nyawa suaminya. Dengan banyaknya asumsi bahwa Toki belum benar-benar tewas, maka rasanya memang masuk akal jika sosok di balik Komurasaki tersebut adalah Kozuki Toki. Dan Toki juga yang sudah merawat pada Red Scabbards saat mereka terluka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.