Dunia dalam seri Attack on Titan benar-benar dipengaruhi oleh seberapa banyaknya para Titan Shifter yang memiliki moral dan juga kekuatan. Mulai dari sosok Ymir Fritz, sampai dengan Reiner Braun, kekuatan Titan yang ada dalam diri mereka disadari atau tidak sudah membuat perubahan besar bagi seluruh dunia di serinya.

Sayangnya, kekuatan yang ada dalam diri mereka tersebut tidak selamanya digunakan untuk kepentingan orang banyak, atau demi keberlangsungan wilayah/negara dari asal sang pemilik. Ada juga beberapa hal mengerikan yang dilakukan oleh Titan Shifter dengan memanfaatkan kekuatan yang ada di diri mereka. Berikut adalah 5 dosa besar yang pernah dilakukan oleh para Titan Shifter.

Lara Tybur Mendukung Upaya Pembantaian Eldia Oleh Marley

Meskipun Lara Tybur bukanlah sosok aktif dalam upaya untuk menghancurkan pulau Paradis seperti para Warrior, tetapi Lara pun memiliki perannya sendiri sebagai agen dari pihak Marley. Dalam deklarasi perang yang dilakukan oleh Willy Tybur, Lara berada di posisi yang dekat Willy untuk bersiap menghadapi serangan dadakan Eren.

Apa yang dilakukan oleh Lara mungkin merupakan upaya untuk melindungi sang kakak dan keluarganya, serta orang-orang yang dia anggap penting. Tetapi, hal tersebut juga seolah menjadi bentuk dukungan dari keluarga Tybur untuk pembantaian orang-orang Eldia yang dilakukan oleh pihak Marley.

Annie Membunuh Marco Demi Melindungi Reiner dan Bertholdt

Data pertempuran Trost (Battle of Trost), Bertholdt dan Reiner harus melakukan sebuah kesalahan yang pada akhirnya membongkar identitas penyamaran mereka sebagai bagian dari pasukan Warrior Marley. Marco mendengar percakapan mereka, dan berusaha kabur untuk kemudian memberitahukan hal yang baru saja dia dengar. Sayangnya, upaya Marco tersebut berhasil digagalkan.

Tidak lama, Annie kemudian muncul dan langsung mengejar Marco. Atas perintah Reiner, Annie pun kemudian mengambil ODM milik Marco meskipun dia sudah memohon untuk tidak melakukannya. Tanpa peralatan apa pun, Marco tidak berdaya menghadapi para Pure Titan dan pada akhirnya Marco pun tewas. Pada akhirnya, keputusan Annie tersebut justru membuat rahasianya terbongkar oleh Armin, di mana dia mengenal Annie sebagai Female Titan.

Pieck Menghancurkan Paradis Saat Invasi Marley

Setelah mendapatkan darah kerajaan dari Zeke Yeager, Eren kemudian mulai mempersiapkan semuanya untuk memulai momen Rumbling. Terlepas dari kehilangan besar yang dialami oleh para pasukan militer Marley akibat serangan dadakan Eren dan Survey Corps di Liberio, para pasukan Warrior mencoba untuk membalas dendam dengan menyerang pulau Paradis.

Dalam pertempuran tersebut, Pieck benar-benar mencoba untuk menghancurkan seluruhnya pulau Paradis. Dia bahkan berhasil menahan Zeke Yeager. Serangan balasan ini memang bisa dibilang berhasil. Banyak penduduk Eldia di pulau Paradis yang harus menjadi korban dalam serangan tersebut. Dan Pieck adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas atas hal ini.

Bertholdt Menghancurkan Hidup Eren

Di awal serinya Geeks tentu ingat momen epik di mana Colossal Titan muncul di distrik Shiganshina. Kemunculan para Titan tersebut benar-benar mengejutkan, pasalnya penduduk Paradis sudah sangat lama tidak menghadapi atau melihat Titan – selain yang ada di luar tembok. Ternyata hal itu merupakan ulah dari Reiner, Annie, dan Bertholdt yang mencoba menyusup ke Paradis untuk mencari kekuatan Founding Titan.

Meskipun Reiner dan Annie juga bertanggung jawab atas kekacauan yang muncul, tetapi tembok pelindung di distrik tersebut tidak akan hancur jika bukan karena kekuatan Colossal Titan milik Bertholdt. Jebolnya tembok pembatas tersebut membuat banyak Pure Titans yang masuk, termasuk Titan Dina Fritz yang akhirnya memakan ibu dari Eren dan mengubah hidupnya. Dalam pertarungan kedua di Shiganshina, Armin berhasil membunuh Bertholdt dan mendapatkan kekuatan Colossal Titan.

Zeke Mengubah Para Jendral Eldian Menjadi Titan

Zeke Yeager merupakan karakter yang paling sering berkhianat dibandingkan karakter lainnya. Dia sudah mengkhianati pihak Marley dan Paradis demi memenuhi agenda utamanya, yaitu menghabisi seluruh bangsa Eldia. Kejahatannya yang paling besar adalah ketika dia memanfaatkan para agen milik Yelena untuk “meracuni” para jendral dan petinggi militer di Eldia.

Zeke melakukannya dengan mencampurkan cairan tulang belakang Beast Titan dengan anggur yang biasa diminum para petinggi militer tersebut. Dengan cara ini, Zeke akan mampu mengubah para jendral tersebut menjadi Titan. Yang perlu Zeke lakukan adalah menggunakan suaranya untuk berteriak. Dan yang mengerikan adalah Zeke pernah juga melakukan hal yang sama terhadap orang-orang tidak berdosa di sebuah desa, yang mengakibatkan seluruh penduduknya menjadi Pure titan.

Eren Menghancurkan Seluruh Manusia

Dibutakan oleh rasa benci yang mendalam serta ketakutan yang besar, Eren merencanakan semua hal untuk bisa menghancurkan seluruh umat manusia, khususnya mereka yang berada di luar pulau Paradis. Eren pun menggunakan kekuatan Founding Titan untuk kemudian menginisiasi momen Rumbling. Sesuai namanya, momen ini memperlihatkan kengerian paling besar dalam sejarah manusia.

Eren membangkitkan para Wall Titan, serta semua Titan lainnya – kecuali Titan Shifter – untuk bergerak menghabisi seluruh manusia yang ada di wilayah Marley. Meskipun pada akhirnya Survey Coprs dan Warriors melakukan kerja sama demi menghentikan Eren, momen Rumbling ini sudah berhasil memusnahkan 80% umat manusia yang ada di dunia.

Seri Attack on Titan memang bertema tentang bagaimana manusia bertahan hidup dari berbagai serangan Titan. Namun, selain itu, ada juga hal-hal lainnya yang dihadirkan seperti politik dan pengkhianatan. Beberapa hal di atas adalah contoh dari bagaimana mengerikannya mereka yang memiliki kekuatan Titan, ketika kemudian kekuatan tersebut disalahgunakan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.