Quicksilver

Dalam salah satu kisah Marvel Comics, Avengers utama dan West Coast Avengers pernah diceritakan mengadakan sebuah pertandingan softball persahabatan. Dan ketika mereka melakukan hal tersebut kedua tim Avengers tersebut ditangkap oleh organisasi pemerintah yang disebut Freedom Force karena dituduh berkhianat. Pada akhirnya terungkap bahwa yang mendesak pemerintah untuk melakukan hal tersebut adalah Quicksilver yang ingin balas dendam karena merasa bahwa Avengers telah menghancurkan hubungannya dengan saudarinya, yaitu Wanda Maximoff alias Scarlet Witch.

Swordman

Di komik Avengers #20 (1965), Jacques Duquesne alias Swordman pernah diceritakan menyusup ke dalam tim Avengers dengan bantuan Mandarin. Dengan hologram Iron Man yang dibuat oleh Mandarin, para anggota Avengers lain kemudian menerima Swordman. Setelah berada di Avengers, Swordman kemudian memasang bom di Avengers Mansion, sebelum akhirnya dia merasa nyaman saat bergabung di Avengers setelah terpikat oleh Scarlet Witch. Meskipun Swordman berusaha untuk mengeluarkan bom tersebut, tetapi para Avengers yang memergokinya tetap mencapnya sebagai pengkhianat.

Vision

Di komik Avengers #253 (1985), Vision dibawah kendali Ultron pernah diceritakan berkhianat pada timnya sendiri, yaitu West Coast Avengers. Awalnya Vision hanya ingin menambah kekuatannya dengan mendirikan West Coast Avenger dan bahkan membuat tim supernya masuk ke dalam pemerintahan. Namun, ketika apa yang diingankannya tidak sesuai ekspektasi, dia kemudian mengambil alih semua komputer untuk mengendalikan semua senjata yang ada di Bumi. Hal tersebut kemudian membuat citra Avengers rusak, sedangkan Vision/Ultron tetap menjalankan rencana utamanya untuk menguasai Bumi.

Wonder Man

Simon Williams alias Wonder Man diceritakan mendapatkan kekuatannya dari Baron Zemo dan Masters of Evil yang menggunakan sinar ion untuk memberinya kekuatan. Namun, efek sampingnya adalah dia harus menggunakan penawar untuk tetap membuatnya tetap hidup. Demi memenuhi hasrat pecandunya, Wonder Man kemudian mengikuti perintah Zemo untuk menyusup ke Avengers, di mana Avengers tidak mencurigainya dan langsung menerimanya. Dengan kepercayaan anggota Avengers tersebut, Wonder Man kemudian berhasil menjebak Avengers untuk bertarung melawan para Masters of Evil.

Yellowjacket

Bisa dibilang Hank Pym adalah salah satu karakter Marvel yang mempunyai banyak identitas, dari mulai Ant-Man, Goliath, sampai Yellowjacket. Sejarahnya saat menjadi Yellowjacket terkenal sebagai pengkhianatan terbesarnya pada Avengers. Ketika para Avengers membawanya ke pengadilan militer karena perilaku buruknya dalam pertempuran, Yellowjacket menciptakan robot khusus untuk membuatnya tampak seperti menyerang pengadilan. Upaya tersebut dia rencanakan agar dirinya terlihat seperti pahlawan ketika mengalahkan robot tersebut. Sebelum rencana tersebut dijalankan, Avengers lebih dahulu mengetahuinya dan mengeluarkannya dari Avengers.

Itulah 10 anggota Avengers yang diceritakan mengkhianati timnya sendiri. Kesepuluh pengkhianat ini membuktikan bahwa tim terbaik dan terkuat di Bumi juga bisa mempunyai ancaman dari dalam tim mereka sendiri. Di mana hal tersebut tentunya harus menjadi pelajaran bagi para Avengers dalam merekrut anggota kedepannya. Karena musuh yang lebih berbahaya adalah musuh yang bisa merusak dari dalam Avengers sendiri.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.