Pengkhianatan adalah hal yang cukup sering diceritakan di Marvel Universe, terutama jika menyangkut sebuah tim atau kelompok, tanpa terkecuali Avengers. Sejak pertama kali diceritakan dan dibentuk pada tahun 1963, Avengers telah menjalani beberapa fase yang membuatnya makin kuat seperti sekarang ini, dari mulai disusupi oleh musuh, sampai anggota tetap yang berkhianat dan merugikan tim. Khusus yang disebabkan oleh pengkhianat, biasanya dampak yang diberikan juga sangat besar dan cukup lama terhadap tim super terkuat Bumi ini. Berikut 10 anggota Avengers yang pernah mengkhianati tim!

Captain America

Daftar kali ini kita mulai dengan karakter yang tampaknya paling tidak mungkin berkhianat, dia adalah Steve Rogers alias Captain America. Bisa dibilang pengkhianatan yang pernah dilakukan Captain America adalah yang paling kejam dalam sejarah Avengers di Marvel Universe.

Dalam kisah Secret EmpireĀ (2017), Captain America bukan hanya mengkhianati Avengers, tetapi juga semua yang telah selama ini dia perjuangkan, termasuk nilai-nilai kepahlawanan yang dia miliki. Dalam komik tersebut Captain America mengungkap jati diri yang sebenarnya sebagai agen rahasia Hydra. Hal tersebut karena Cosmic Cube telah menulis ulang sejarahnya, membuatnya membunuh beberapa superhero dan mengambil alih Negara Amerika.

Doctor Druid

Doctor Druid mungkin tidak begitu terkenal sebagai anggota Avengers, tetapi pengkhianatannya akan selalu dikenang oleh para penggemar sebagai salah satu kejadian terburuk yang dialami Avengers. Setelah membantu Avengers mengalahkan Baron Zemo, para anggota Avengers sepakat untuk mengajak Druid bergabung, di mana hal tersebut malah berujung petaka. Saat Ravonna merusak pikirannya, Doctor Druid mulai berkhianat pada Avengers dengan menggunakan telepatinya utuk membuat She-Hulk menghancurkan anggota lain. Walaupun rencananya gagal, Avengers tetap dibubarkan karena ulahnya.

Hawkeye

Tidak ada yang menyangka bahwa Hawkeye melakukan pengkhianatan pada tim yang dia dirikan sendiri. Namun, pada kenyataannya itu terjadi di kisah Marvel Comics tahun 70-an. Hawkeye diceritakan mengalami cinta segitiga bersama Daredevil dan Black Widow, di mana hal tersebut mengarah pada pertarungan antara Daredevil dan dirinya. Ketika para Avengers lain datang untuk melerai, Hawkeye memilih keluar dari tim dan bergabung dengan Defender. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Loki untuk membuat Defender dan Avengers saling bertarung, di mana Hawkeye berhasil mengalahkan Iron Man.

Moondragon

Moondragon adalah salah satu anggota yang tidak berasal dari Bumi. Moondragon adalah karakter Marvel yang mempunyai kemampuan untuk mencuci otak, di mana kekuatan tersebut dia gunakan untuk membuatnya menjadi anggota Avengers. Di komik Avengers #219 (1982), ketika Avengers mulai curiga dan mengeceknya, dia berusah sekuat tenaga untuk menyembunyikan. Moondragon kemudian meyakinkan Thor dengan kemampuannya untuk bertarung melawan Avengers. Namun, hal tersebut berhasil digagalkan, dan Moondragon dibawa pada Odin untuk meredam kekuatannya.

Protector

Mempunyai nama asli Noh-Varr, Protector adalah anggota Avengers lain yang tidak berasal dari Bumi. Protector adalah prajurit khusus Kerajaan Galaksi Kree yang disumpah untuk setia. Di komik Avengers Vs. X-Men (2012), Protector mengkhianati Avengers dengan mencuri sampel Phoenix Force yang menjadi penyebab perseteruan antara Avengers dan X-Men. Sampel tersebut sengaja dibawa oleh Protector untuk diserahkan pada Kerajaan Kree, tetapi ketika dia mengetahui bahwa Kree sama sekali tidak peduli terhadap Bumi, Protector membawanya kembali ke Bumi hanya untuk menerima penolakan dari Avengers.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.