Uzumaki Naruto mungkin harus kehilangan salah satu kekuatan terbesarnya setelah pertarungan melawan Isshiki, namun Naruto membuktikan bahwa dia masih memiliki kemampuan yang dahsyat yang bisa digunakan dalam pertarungan di seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapter terbaru kemarin diperlihatkan bagaimana Naruto berhasil menemukan keberadaan Boruto dan Kawaki, ketika semua orang tidak mampu melakukannya.

Para fans dibuat penasaran dan bertanya-tanya seberapa kuat Naruto saat ini pasca dia kehilangan Kurama, dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki. Kurama, yang pada awalnya dianggap sebagai beban bagi Naruto pada masa kecilnya, akhirnya menjadi teman baiknya. Bahkan, Kurama menjadi sumber kekuatan dari Naruto di mana Kurama akan meminjamkan chakra miliknya agar Naruto bisa menjadi kuat dan dahsyat.

Naruto dan Kurama pada akhirnya harus berpisah setelah Naruto mengaktifkan Baryon Mode, di mana ternyata hal itu merupakan mode “bunuh diri” dari Kurama. Dalam chapter terbaru di seri Boruto, para fans kemudian melihat bagaimana Naruto masih memiliki kemampuan untuk bisa menggunakan Sage Mode miliknya. Bahkan, Naruto mengatakan kepada Shikamaru bahwa dia sudah belajar untuk bisa menggunakan mode ini sedikit lebih lama dari sebelumnya.

Naruto sendiri tidak menjelaskan bagaimana dia mempelajari atau bagaimana dia melakukannya. Naruto hanya mengatakan bahwa kekuatan tersebut ada kaitannya dengan usianya. Ketika Kurama tewas, banyak fans berasumsi bahwa Naruto kehilangan akses terhadap sumber chakra terbesar yang sudah menjadi ciri khasnya. Dan karena hal ini Naruto dianggap tidak lagi mampu menggunakan berbagai teknik dahsyat.

Contohnya adalah Kagebunshin atau Nine Tails Chakra Mode atau Six Paths Sage Mode. Namun, chapter terbaru kemarin membuktikan bahwa asumsi tersebut salah di mana Naruto masih bisa menggunakan kekuatan terbesarnya. Naruto sendiri diperlihatkan mencoba untuk mencari Kawaki dan Boruto, yang sedang bertarung melawan Code.

Dengan menggunakan teknik Sage Mode, Naruto pun mampu melacak chakra Boruto disaat Ino dan tim sensor lainnya tidak mampu mengetahui keberadaannya. Bahkan, yang luar biasa adalah teknik yang digunakan Naruto tersebut mampu menjangkau jarak 40 km, sedikit lebih jauh dibandingkan jarak Byakugan milik Hinata yang diketahui hanya 20 km.

Dengan Naruto yang sudah mengetahui keberadaan Kawaki dan Boruto, serta dia bergegas untuk pergi ke sana bersama Shikamaru, mengindikasikan bahwa pertarungan Naruto melawan Code akan segera terjadi. Dan dengan momen ini, Kishimoto seolah ingin memberikan sinyal bahwa Naruto tidak selemah yang banyak diasumsikan orang-orang pasca kehilangan Kurama.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, meskipun tanpa adanya Kurama dalam diri Naruto masih ada berbagai teknik yang bisa digunakan oleh sang Hokage untuk menghadapi Code. Contohnya adalah Kagebunshin. Naruto menggunakan teknik ini untuk memperkuat pencarian chakra Boruto. Diperlihatkan bahwa ada 3 Naruto yang sedang mencari chakra Boruto dalam Sage Mode.

Kemudian Naruto masih bisa menggunakan teknik memanggil atau Kuchiyose, dengan memanggil para katak dari gunung Myoboku. Teknik Transformasi juga bisa digunakan oleh Naruto, dimana teknik terbukti ampuh dengan Boruto hampir saja berhasil menyerang Code. Kemudian Naruto pun masih memiliki teknik Kekkei Genkai, dan juga teknik andalannya Rasengan.

Kesimpulannya, Naruto memang tidak lagi sekuat dahulu ketika Kurama masih ada dalam tubuhnya. Tetapi, bukan berarti Naruto menjadi lemah. Dia adalah ninja terkuat di dunia dan merupakan Hokage, yang artinya kekuatannya bukan hanya tergantung kepada Kurama. Dia memiliki kekuatan lainnya yang bisa diandalkan dalam situasi pertarungan. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Naruto akan sanggup menghadapi Code.