Salah satu pertanyaan atau misteri terbesar dalam dunia One Piece adalah apa yang menjadi arti dari Will of D atau Tekad D, sesuatu yang sudah sejak lama digaungkan dalam ceritanya. Tekad D sendiri pertama kali disebutkan dalam cerita oleh Dr. Kureha. Tetapi, sampai saat ini masih belum ada penjelasan sama sekali mengenai apa sebenarnya arti dari Tekad D tersebut.

Meskipun begitu, dalam ceritanya sendiri disebutkan bahwa Tekad D ini akan kembali bangkit di era Luffy. Hal ini dikarenakan Luffy adalah kunci untuk menyalakan kembali semangat atau tekad tersebut. Meskipun arti sebenarnya masih sangat misterius, tetapi para fans sendiri banyak yang melontarkan teori atau spekulasi tentang apa arti sebenarnya dari Tekad D.

Menurut salah satu teori yang ada, Tekad D memiliki dua arti yang berbeda yaitu Dawn (kebangkitan) dan juga Darkness (kegelapan). Luffy dan Blackbeard bisa menjadi contoh nyata dari perbedaan dua makna Tekad D yang dimaksud. Luffy dianggap menjadi sosok yang akan membawa kebahagiaan dan juga fajar baru (dawn) bagi seluruh dunia. Sementara Blackbeard mewakili kegelapan (darkness) yang merupakan kebalikan dari Luffy dan juga tujuannya untuk membawa fajar baru.

Dawn (Kebangkitan)

Teori tentang fajar baru (dawn) merupakan salah satu teori yang banyak dibicarakan oleh para fans. Salah satu alasan terbesar mengapa kemudian arti dari “D” dalam Tekad D adalah Dawn, karena chapter pertama dari seri One Piece berjudul ‘Romance Dawn.” Selain itu, banyak juga karakter dalam ceritanya yang menyebutkan tentang kebangkitan dunia sebagai sebuah peristiwa besar yang akan dihadirkan oleh kru Topi Jerami.

Salah satu contoh karakter yang membahas tentang Dawn atau kebangkitan adalah Kozuki Toki. Sebelum dia menghilang, Toki sempat meramalkan bahwa akan ada seseorang yang membawa sebuah cahaya baru bagi dunia ini. Meskipun masih belum diketahui siapa sosok yang dimaksud, tetapi rasanya kita semua setuju bahwa yang akan membawa fajar baru bagi dunia adalah Monkey D. Luffy setelah dia berhasil menemukan One Piece.

Darkness (Kegelapan)

Kemudian, kemungkinan arti dari “D” yang lain adalah Darkness atau kegelapan. Dalam dunia One Piece, tidak semua bajak laut memiliki “niat yang baik” seperti halnya Luffy dan kelompok Topi Jerami. Ada juga bajak laut yang memang diketahui memiliki ambisi yang gelap, ambisi yang sangat mengerikan dan berbahaya. Contohnya adalah Rocks D. Xebec.

Rocks diketahui memiliki ambisi untuk bisa menguasai dunia. Bagaimana kemudian cara Rocks untuk mewujudkan mimpinya tersebut pada akhirnya membuat Pemerintah Dunia harus menghapusnya dari sejarah. Bukan hanya Rocks, ada juga karakter lainnya yang memiliki karakteristik yang sama dengan Rocks. Dia adalah Marshall D. Teach alias Blackbeard.

Seperti disebutkan di atas, dalam teorinya disebutkan bahwa kemungkinan Blackbeard mewakili arti dari Tekad D yang lain yaitu kegelapan. Dan melihat sosok Blackbeard di ceritanya, rasanya memang masuk akal jika Blackbeard termasuk dalam arti Tekad D yang ini mengingat Blackbeard memiliki niatan yang jahat dan gelap untuk bisa menguasai dunia.

Oda Sensei dikenal sebagai kreator yang gemar memberikan kejutan kepada para fansnya. Dan hal ini pun sepertinya berlaku kepada misteri tentang Tekad D. Terlepas dari apa arti sebenarnya dari “D” tersebut, bisa dipastikan ada makna yang sangat besar di baliknya. Oda Sensei sendiri pernah mengatakan bahwa dia tidak akan mengungkapkan rahasia besar tentang D, sampai waktunya dianggap tepat. Jadi, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!