Franchise Naruto pertama kali diperkenalkan pada 1999 dan langsung mendapatkan sambutan yang positif dari para penggemar manga dan juga anime. Seperti halnya One Piece, seri Naruto juga menjadi salah satu seri yang menemani masa kecil sebagian besar orang sampai saat ini. Uzumaki Naruto menjadi protagonis utama dalam ceritanya, di mana dia bercita-cita untuk menjadi Hokage.

Tetapi, Naruto memiliki sosok rival abadinya sebagai shinobi yaitu Uchiha Sasuke. Sasuke adalah sosok yang populer di akademi ninja, dan bahkan jauh lebih kuat dan hebat dibanding Naruto. Persaingan diantara mereka menjadi salah satu elemen cerita menarik di serinya. Meskipun sempat menjadi musuh, di seri Boruto, keduanya kini menjadi rekan yang tidak terpisahkan.

Berbicara mengenai Naruto dan Sasuke, banyak fans yang menduga bahwa kedua karakter ini akan tewas. Sebelumnya, banyak yang memprediksi bahwa Naruto akan tewas saat pertarungan melawan Isshiki ketika Naruto mengaktifkan Baryon Mode. Meskipun pada kenyataanya justru Kurama yang tewas, tetapi Naruto sekarang tidak memiliki salah satu sumber kekuatannya.

Bagaimana dengan Sasuke? Sepertinya Kishimoto akan terlebih dahulu membunuh karakter Sasuke. Hal ini bisa dilihat dari beberapa petunjuk yang sudah dihadirkan dalam ceritanya. Pertama, Sasuke kehilangan Rinnegan miliknya. Pada awalnya, banyak dari Geeks yang berasumsi bahwa momen kehilangan Rinnegan ini akan bisa tergantikan oleh Doujutsu lainnya – atau bahkan Sasuke kembali membangkitkan Rinnegan.

Namun, jika Geeks ingat bahwa Kishimoto seolah memiliki sebuah pola cerita terutama tentang guru dari karakter utama. Biasanya, guru dari karakter utama dalam cerita akan tewas. Contoh paling nyata dalam hal ini adalah Jiraiya. Ada banyak kesamaan Sasuke saat ini dan juga Jiraiya. Ketika Jiraiya memiliki bekas luka akibat latihan bersama Naruto, Sasuke memiliki bekas luka akibat bertarung bersama Boruto.

Jiraiya dan Sasuke pun memiliki dua orang murid, yang memiliki prinsip dan pandangan hidup yang berbeda. Jiraiya diketahui sering kali pergi ke luar desa untuk melakukan observasi novelnya, yang mana sebenarnya tujuan utama dari hal tersebut adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai musuh. Hal ini pun sering dilakukan oleh Sasuke yang keluar desa untuk mencari informasi.

Bahkan, saat ini pun Sasuke sedang berada di luar desa Konoha untuk mengumpulkan informasi tentang Code. Kemudian petunjuk yang kedua adalah Sasuke meminta Sarada dan Boruto untuk selalu bersiap. Ketika Sarada meminta saran dari Sasuke untuk persiapannya di ujian Chunin tahap selanjutnya, Sasuke hanya meminta Sarada untuk selalu siap.

Sebelum bertarung melawan Isshiki, Sasuke sempat mengatakan kepada Boruto untuk mempersiapkan diri. Sasuke mengatakan bahwa dia siap untuk mati demi Konoha dan dia juga siap mengorbankan diri demi mencegah Boruto bergerak di luar kendali. Meskipun dua momen tersebut memiliki konteks yang berbeda, satu hal yang sama adalah Sasuke selalu siap apa pun yang terjadi.

Artinya Sasuke sudah siap untuk kemungkinan terburuk ketika dia harus bertarung menghadapi Code atau pun Borushiki. Saat ini, Sasuke sedang tidak bersama dengan Naruto yang mana hal tersebut menjadi kesempatan emas bagi Code untuk bisa menyerang dengan leluasa. Meskipun kita belum tahu seperti apa kekuatan Sasuke sekarang, peluang Code untuk menang jauh lebih besar dari Sasuke.

Pertanda ketiga adalah Sasuke mungkin tidak akan selamat dalam misi terakhirnya. Seperti disebutkan di atas, bahwa Sasuke dan Jiraiya memiliki beberapa kesamaan salah satunya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa berguna untuk mengalahkan musuh. Tetapi, ini juga yang membawa petaka besar bagi Jiraiya dan mungkin Sasuke.

Jiraiya sendiri harus tewas saat mencoba mencari tahu informasi tentang Pain. Meskipun harus tewas, pada akhirnya Jiraiya tahu apa yang menjadi rahasianya. Saat ini, Sasuke pun sedang dalam misi untuk mencari informasi tentang Code. Sasuke mungkin pada akhirnya akan berhasil mengetahui semua tentang Code, tetapi dalam pertarungannya melawan Code nanti Sasuke harus menerima kenyataan bahwa dia akan tewas.

Di sisi lain, kematian Sasuke juga akan membalaskan dendam Code yang secara narasi harus terjadi. Kita tahu bahwa Code memiliki beberapa target seperti Boruto, Kawaki, Naruto, dan Sasuke. Boruto dan Kawaki tentunya tidak mungkin tewas terlebih dahulu mengingat perjalanan mereka dan juga cerita mereka masih sangat panjang di seri ini.

Naruto juga masih memiliki peran penting terhadap perkembangan karakter Boruto dan Kawaki kedepannya. Sehingga, yang paling masuk akal untuk tewas adalah Sasuke. Meskipun Code belum bisa menghabisi semuanya, setidaknya dengan Code berhasil membunuh Sasuke hal tersebut akan menjadi “motivasi” bagi Code untuk terus membalas dendam orang-orang yang sudah membunuh Isshiki.

Juga, seperti yang disebutkan di artikel lainnya, kematian Sasuke bisa menjadi cara bagi Sarada dan juga Boruto untuk berkembang menjadi jauh lebih kuat. Hal ini juga yang dialami oleh Naruto, di mana dia menjadi lebih kuat demi memenuhi janjinya kepada Jiraiya. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah Sasuke akan tewas dalam waktu dekat?