Dalam cerita di franchise Pokémon, kita tentu mengenal bagaimana hubungan antara Ash Ketchum (alias Satoshi) dan juga Pikachu. Mereka adalah dua sahabat yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya juga menjadi karakter yang sangat populer dari franchise ini, menjadikan Ash dan Pikachu sebagai “wajah” dari franchise Pokémon. Namun, bagaimana cerita Pikachu bisa menjadi Pokémon milik Ash mungkin dirasa banyak fans sangat aneh.

Tidak seperti Pokémon yang belum dimiliki trainer lainnya, Pikachu justru berasal dari tempat milik Professor Oak. Oak juga tahu bahwa Pikachu adalah Pokémon yang sulit untuk dikendalikan. Dan pada awalnya Ash pun dianggap bukanlah seorang trainer yang handal. Bagaimana kemudian Professor Oak mengizinkan Ash untuk merawat Pikachu memunculkan banyak pertanyaan di kalangan fans.

Banyak fans menduga bahwa kemungkinan ada sesuatu yang lain dari momen tersebut, karena logikanya bagaimana mungkin seseorang yang belum punya pengalaman diberikan beban tanggung jawab merawat Pokemon yang sulit untuk diatur atau dikendalikan. Film Pokemon 4Ever mungkin bisa memberikan petunjuk bukan hanya tentang mengenai alasan mengapa Professor Oak merawat Pikachu, tetapi juga mengapa Professor Oak mengizinkan Ash untuk memilikinya.

Dalam filmnya diperlihatkan seorang anak muda bernama Sam, yang mana diketahui bahwa nama panjangnya adalah Samuel Oak (yang dalam artikel ini akan kita panggil sebagai Oak muda). Yang menarik adalah nama dari Oak muda tersebut sama dengan nama panjang Professor Oak. Artinya karakter Oak muda dalam film Pokemon 4Ever adalah Professor Oak saat dia masih muda.

Oak muda kemudian “diculik” menembus waktu ke 40 tahun kemudian – yaitu pada masa sekarang – oleh Pokemon bernama Celebi. Oak muda kemudian bertemu dengan Ash, dan keduanya pun kemudian menjadi teman dekat. Oak muda dan Ash pun berpetualang bersama di mana keduanya berusaha untuk melindungi Celebi dari kejaran Team Rocket yang berusaha menculik Celebi dan membuatnya menjadi jahat.

Setelah semuanya selesai, Oak muda pun kemudian kembali ke era atau timelinenya pada 40 tahun yang lalu. Tetapi, yang menjadi menarik sekaligus menghadirkan pertanyaan besar adalah, cerita perjalanan waktu yang melibatkan Oak muda tersebut, tidak merubah apa pun pada masa depan yang mana seharusnya perubahan terjadi ketika seseorang pergi ke mas adepan.

Di awal filmnya, Professor Oak memberikan petunjuk bahwa dia mengingat sebuah peristiwa dalam hidupnya, yang kemudian menjadi cerita utama di film tersebut. Ketika Ash dan yang lain melihat seekor Pokemon Suicune, Professor Oak mengatakan bahwa dia sebelumnya pernah melihat Pokemon tersebut. Sayangnya, sebelum Professor Oak mengatakan di mana dan kapan dia pernah bertemu dengan Suicune, momennya pun berakhir.

Tetapi, mengingat Suicune memiliki peran penting di film Pokemon 4Ever, hampir bisa dipastikan bahwa Suicune yang ada dalam kenangan atau ingatan Professor Oak adalah Suicune yang sama dengan Suicune yang dilihat oleh Ash dan yang lain. Pokemon 4Ever juga memperlihatkan bagaimana Oak muda pernah membuat sketsa Pikachu dan Celebi ketika kedua kedua Pokemon tersebut tidur bersebelahan.

Film Pokemon 4Ever ditutup dengan Professor Oak yang kembali melihat sketsa Pikachu dan Celebi yang pernah dia buat dan mengatakan rasanya seperti kemarin dia membuat sketsa tersebut. Lalu momen ketika Ash memanggil Professor Oak saat Ash melihat Suicune, menjadi tanda bagi Professor Oak, bahwa Ash akan bertemu dengan Oak muda, seperti dejavu. Inilah alasan mengapa Professor Oak kembali melihat sketsa yang pernah dia buat tersebut.

Meskipun paradoks waktu akan terjadi kepada mereka yang melakukan perjalanan waktu, namun sepertinya tidak ada yang berubah dalam cerita di film Pokemon 4Ever. Tetapi, cerita utama di film tersebut memberikan gambaran tentang apa yang terjadi ketika Professor Oak masih kecil serta mengapa dia begitu mengenal sosok Ash.

Jadi, pada intinya, Professor Oak sudah tahu sedari awal bahwa sosok Ash yang dia temui di masa sekarang adalah sosok Ash yang sama ketika Celebi membawanya ke masa depan – alias masa sekarang. Hal inilah yang kemudian menjelaskan bahwa Professor Oak seolah-olah sudah mengenal sosok Ash dan seolah dia pernah bertemu sebelumnya.

Ini juga mungkin bisa menjadi alasan mengapa kemudian Professor Oak menyimpan atau menjaga Pikachu di fasilitasnya sampai kemudian Ash datang, karena Professor Oak tahu bahwa Ash dan Pikachu akan menjalin hubungan yang baik. Pada awalnya, memang mungkin para fans menduga bahwa Professor Oak sudah melakukan hal yang ceroboh untuk mempercayakan Pikachu kepada Ash. Tetapi, sebenarnya Professor Oak sudah tahu sejak lama siapa sebenarnya Ash.

Teori tentang adanya kemungkinan bahwa Ash dan Pikachu disatukan akibat paradoks waktu dirasa cukup masuk akal. Tetapi, yang menjadi masalah utama adalah tidak diketahui apakah film-film Pokemon merupakan bagian dari cerita canon. Karena, sangat sedikit indikasi bahwa film-film tersebut bagian dari cerita utama franchisenya.

Terlepas dari itu semua, rasanya memang menarik jika kemudian Professor Oak tahu apa yang akan terjadi pasa masa selanjutnya dan bagaimana dia “mempersiapkan” semuanya terutama dia menantikan sosok Ash, sosok yang dia yakini adalah trainer hebat. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju dengan teorinya?