Salah satu misteri terbesar dari sekian banyak misteri yang belum terpecahkan dalam cerita One Piece adalah tentang Will of D atau Semangat D atau Tekad D. Tekad D ini sering kali dikaitkan dengan berbagai orang yang memang memiliki “D” di tengahnya, seperti Monkey D. Luffy. Menurut kabar, orang-orang yang memiliki “D” di tengah namanya dipastikan akan membawa kehancuran.

Orang-orang yang memiliki nama D juga sering dianggap menjadi musuh bagi para “dewa” yang dalam hal ini adalah kaum naga langit dan Pemerintah Dunia. Banyak teori mengatakan bahwa orang-orang dengan nama D ini berasal dari Kerajaan Kuno (Ancient Kingdom). Di sana ada banyak sekali klan yang memiliki nama D di tengahnya.

Terdapat sebuah teori yang menyebutkan ada sekitar 7 klan yang mewarisi tekad D. Hal ini bisa dilihat dari adanya 7 ruangan di tempat penyimpanan harta karun di istana Pangaea di Mary Geoise. Berdasarkan teorinya, ketujuh ruangan tersebut merupakan makam dari 7 pemimpin klan yang mewarisi tekad D. Lalu, siapa saja ketujuh klan tersebut?

Klan Trafalgar

Jika mendengar nama Trafalgar, rasanya Geeks akan langsung mengingat karakter yang merupakan salah satu Supernova yaitu Trafalhgar Law. Pada awalnya, Law sendiri tidak terlalu peduli dengan tekad D. Sampai kemudian Rosinante menjelaskan semua hal tentang tekad D. Ini pula yang menjadi salah satu tujuan Law beraliansi dengan Luffy, yaitu mencari tau apa arti tekad D.

Klan Trafalgar sendiri mungkin dahulunya adalah klan yang memang dikenal sangat mahir dalam hal kedokteran. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak keluarga Law, di mana ayahnya adalah seorang dokter terbaik di wilayahnya. Law sendiri sekarang menjadi salah satu dokter terhebat dan ahli bedah terbaik.

Klan Gol

Seperti halnya Law, nama klan Gol mungkin erat kaitannya dengan sosok Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Sejauh ini, seri One Piece baru menghadirkan satu nama saja dari klan Gol. Mengingat bagaimana Roger saat ini adalah raja bajak laut, mungkin dahulunya di Kerajaan Kuno klan Gol adalah pemimpin kerajaan tersebut. Selain itu, klan Gol juga mungkin adalah klan yang gemar berpetualang dan senang akan kebebasan.

Klan Monkey

Diantara semua klan yang mewarisi tekad D, mungkin klan Monkey bisa dibilang adalah yang paling gila, paling berani, dan paling bebas. Hal ini bisa dilihat dari tiga karakter yang berasal dari klan Monkey, yaitu Monkey D. Luffy, Monkey D. Garp, dan Monkey D. Dragon. Bisa jadi klan Monkey adalah klan yang paling kuat di kerajaan Kuno dahulu.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ketiga karakter klan Monkey sekarang. Monkey D. Luffy merupakan karakter yang dikabarkan menjadi Yonko kelima, dan berpotensi mengalahkan makhluk paling kuat di dunia yaitu Kaido. Monkey D. Dragon adalah penjahat paling dicari oleh Pemerintah Dunia. Monkey D. Sementara Garp adalah pahlawan besar angkatan laut dengan berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec.

Klan Portgas

Mungkin tidak ada yang terlalu istimewa dari klan Portgas. Mereka mungkin hanyalah warga biasa yang menjalani kehidupan sehari-hari. Sejauh ini, baru ada dua karakter yang diketahui memiliki nama Portgas, yaitu Portgas D. Rogue yang merupakan istri dari Roger dan Portgas D. Ace, yang merupakan anak dari pasangan Roger dan Rogue. Meskipun klan Portgas adalah klan yang biasa, sebagai bagian dari pewaris tekad D, mereka pun memiliki sedikit jiwa petualang. Contohnya adalah Ace.

Klan Jaguar

Seperti halnya klan Portgas, klan Jaguar juga mungkin tidak terlalu istimewa alias biasa saja. Mereka juga merupakan klan dari warga biasa yang menjalani hidup normal. Sampai sejauh ini baru satu orang saja yang diketahui memiliki nama depan ‘Jaguar’ yaitu Jaguan D. Saul, mantan angkatan laut yang menolong Nico Robin kabur saat Buster Call di Ohara. Yang menarik, Saul sendiri mengakui dia tidak tahu alasan mengapa dia dinamakan ‘Jaguar D. Saul.” Menurutnya, nama “Jaguar D.” sudah ada sejak lama.

Klan Marshal

Jika klan Monkey adalah klan petualang, mungkin klan Marshal adalah klan yang jahat di kerajaan kuno. Klan Marshal adalah sosok yang ambisius, pantang menyerah, cerdik, namun mengerikan. Contoh dari hal tersebut adalah Marshal D. Teach alias Blackbeard. Blackbeard rela melakukan apa pun untuk mewujudkan mimpinya, termasuk menghabisi rekannya sendiri. Blackbeard sendiri memiliki mimpi untuk menguasai dunia ini.

Klan Rocks

Selain klan Marshal, klan Rocks mungkin adalah klan yang paling jahat di Kerajaan Kuno. Klan ini bisa diibaratkan klan Kurozumi di wilayah Wano, di mana mereka selalu harus akan kekuasan dan selalu ingin mendapatkan lebih. Kita pun sudah mendapatkan sedikit gambaran seperti apa sosok Rocks D. Xebec, yang bisa menjadi gambaran dari klan ini.

Tekad D diramalkan akan membawa bencana pada masa yang akan datang. Tetapi, hal itu dianggap bencana oleh orang-orang yang memang berada di posisi atas, dalam hal ini adalah pihak angkatan laut, Pemerintah Dunua, dan kaum naga langit. Meskipun sebagian besar dari nama yang memiliki D di tengahnya adalah bajak laut, sebagian dari mereka ada juga masyarakat biasa, angkatan laut, dan juga Pasukan Revolusi. Menarik tentunya untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan tekad D ini. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera mengungkapkannya.