Walau belum banyak informasi tentang The Elder Scrolls VI, tetapi antisipasi penggemar untuk game tersebut terus menggema. Saat ini, The Elder Scrolls VI masih dalam tahap pembuatan, dan baru akan rilis setelah game luar angkasa garapan Bethesda, Starfield, dirilis lebih dulu. Starfield sendiri akan rilis pada November 2022, yang berarti The Elder Scrolls VI baru akan rilis di awal tahun 2023. Namun, penggemar The Elder Scrolls VI yang memiliki console PlayStation sepertinya harus kecewa mendengar kabar terbaru ini.

Petinggi Xbox, Phil Spencer, baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa The Elder Scrolls VI akan menjadi sebuah game eksklusif Xbox dan PC. Spencer mengatakan, “Ini bukan tentang menghukum platform lain (selain Xbox dan PC), karena pada dasarnya saya percaya bahwa semua platform dapat terus tumbuh. Tetapi karena permintaan (gamenya) untuk tetap berada di Xbox.”

Sejak Microsoft membeli perusahaan induk Bethesda, ZeniMax Media, banyak yang memprediksi The Elder Scrolls VI akan menjadi game eksklusif Xbox. Prediksi tersebut terbukti tepat, dan sekarang game tersebut tak lagi bisa dinikmati di seluruh platform. Spencer sepertinya yakin bahwa The Elder Scrolls VI harus berada di platform yang dikendalikan Microsoft. Itu berarti, The Elder Scrolls VI akan mengikuti jejak Starfield yang sudah lebih dulu dikonfirmasi menjadi game eksklusif Xbox Series X/S dan PC.

Microsoft sendiri membeli ZeniMax Media sebesar $7,5 juta pada awal tahun lalu. Spencer sayangnya tidak menjelaskan lebih lanjut apakah game-game Bethesda yang akan datang (selain The Elder Scrolls IV dan Starfield) hanya akan tersedia di Xbox dan PC saja atau tetap hadir di platform saingan Xbox seperti PlayStation dan Nintendo Switch. Bisa jadi game besar seperti Fallout, Wolfenstein, dan Doom akan menjadi game eksklusif Xbox dan PC kedepannya.

Oiya Geeks, selain Bethesda, Zenimax Media juga memiliki beberapa studio game lainnya seperti id Software, Zenimax Online Studios, Tango Gameworks, MachineGames, Alpha Dog, dan Roundhouse Studios. Maka, game-game yang dibuat oleh studio tersebut otomatis berada di bawah naungan Microsoft sekarang. Kita tunggu aja ya Geeks kabar selanjutnya, apakah game-game terbaru Bethesda akan rilis eksklusif untuk Xbox dan PC atau tidak.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/