Kapal menjadi sangat penting bagi setiap karakter One Piece, terutama bagi para bajak laut. Biasanya, setiap kelompok bajak laut memiliki kapal khusus, yang diperuntukan untuk berpetualang mengarungi lautan lepas. Dari sekian banyak kapal yang pernah muncul, ada beberapa kapal yang dianggap legendaris. Namun sayangnya, ada beberapa kapal lengendaris tersebut yang harus dipensiunkan. Berikut, 3 kapal legendaris yang harus berhenti beroperasi. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Oro Jackson

Oro Jackson adalah kapal yang digunakan bajak laut Roger sebelum dibubarkan. Kapal ini memiliki ukuran yang sangat besar, luas, dan mempunyai layar berwarna merah menyala. Sama seperti kapal bajak laut pada umumnya, persenjataan Oro Jackson terletak di samping badan kapal. Menariknya, terdapat sebuah meriam besar yang berada di bagian depan kapal, tepat di bawah patung putri duyung. Konon, Oro Jackson terbuat dari kayu adam, yang memiliki daya tahan sangat lama.

Setelah Roger membubarkan kelompok bajak lautnya, para anggotanya dipulangkan ke tanah kelahirannya masing-masing. Setelah semua anggotanya pulang, seharusnya masih ada satu orang terakhir yang menyimpan kapal ini. Bisa jadi, orang terakhir itulah yang menyimpan Oro Jackson hingga sekarang. Nampaknya, ia menyembunyikan Oro Jackson agar tidak adalagi orang yang menemukan dan menggunakannya. Bahkan setelah Roger dieksekusi, Oro Jackson tidak pernah muncul kembali. Padahal Oro Jackson sangat legendaris, dan satu-satunya kapal yang berhasil mencapai Laugh Tale hingga sekarang.

Going Merry

Going Merry merupakan kapal pertama bajak laut Topi Jerami sebelum Thousand Sunny. Kapal ini pemberian dari seorang gadis bernama Kaya, yang merupakan teman masa kecil Usopp. Kaya memberikan Going Merry kepada Usopp, dengan syarat bahwa Usopp harus menjadi bajak laut terkenal. Setelah bertemu Luffy, Usopp memutuskan menyerahkan Going Merry pada semua teman-temannya di Topi Jerami.

 

Going Merry adalah kapal yang sangat kuat. Kapal ini berhasil membuat Topi Jerami terbang menuju Skypiea, dan sanggup menahan hantaman badai. Menurut para pembuat kapal seperti Iceburg, Going Merry bukanlah kapal biasa. Going Merry seperti makhluk hidup yang bisa berbicara. Kabarnya, Going Merry sempat berbicara pada Iceburg, dan meminta tolong padanya untuk diperbaiki. Namun Iceburg tidak bisa memperbaiki Going Merry, karena kerusakannya yang sangat parah.

Sebelum dibakar Luffy, Going Merry sempat melakukan perjalanan terakhirnya bersama Topi Jerami ke Enies Lobby untuk menyelamatkan Robin. Sepulang dari Enies Lobby, Going Merry tidak bisa menahan kerusakannya lebih lama lagi, dan Luffy memutuskan untuk membakarnya sebagai penghormatan terakhir.

Noah

Noah adalah sebuah kapal raksasa yang sebelumnya muncul di arc Manusia Ikan. Kapal ini adalah salah satu peninggalan dari masa lalu yang dibuat khusus untuk bangsa Manusia Ikan. Awalnya kapal ini dibuat Joy Boy, dan berfungsi untuk membawa para manusia ikan untuk melihat dunia permukaan. Namun janji Joy Boy itu tidak pernah terwujud karena ada sebuah masalah yang harus dia selesaikan terlebih dahulu.

Hingga sekarang kapal itu ada di dalam lautan dan telah digunakan sebagai tempat tinggal berbagai macam hewan laut. Padahal ukuran Noah sangat besar dan memiliki teknologi yang tampaknya cukup unik dari masa lalu. Hingga sekarang masih belum ada kapal lain yang mirip seperti Noah, dan menjadikannya sebagai salah satu kapal legendaris yang tidak sempat digunakan.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.