Menuju pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece serta menjadi raja bajak laut adalah impian terbesar yang dimiliki Luffy beserta kru Topi Jerami. Dan itu juga yang kemudian menjadi inti cerita dari One Piece. Namun, tidak mudah untuk pergi menuju Laugh Tale yang lokasinya – kabarnya – ada di ujung Grand Line. Hanya ada satu cara untuk bisa pergi menuju Laugh Tale, yaitu menemukan Road Poneglyph.

Geeks mungkin sudah mengenal dengan Poneglyph. Diantara sekian banyak Poneglyph terdapat beberapa Poneglyph yang dianggap spesial, yang kemudian disebut Road Poneglyph. Road Poneglyph ini berjumlah empat buah dan keberadaanya sangat tersembunyi. Road Poneglyph sendiri merupakan Poneglyph yang berisi petunjuk untuk bisa pergi ke Laugh Tale.

Lalu, pertanyaannya kemudian di mana saja letak keempat Road Poneglyph tersebut? Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Road Ponelyph yang pertama ada di Zunesha atau di Zou. Zou sendiri merupakan sebuah pulau yang menjadi rumah bagi para suku Minks. Ternyata di sana menjadi salah satu tempat penyimpanan bagi Road Poneglyph.

One Piece: Marco Adalah Pemilik Road Poneglyph Terakhir? | Greenscene

Hal ini diketahui ketika Luffy pergi ke sana dan juga dalam salah satu momen masa lalu dari Kozuki Oden. Tidak mudah memang untuk bisa menemukan Zou, mengingat pulau ini tidak tinggal di satu tempat alias terus bergerak mengelilingi bumi. Sehingga wajar jika kemudian Big Mom tidak berhasil menyelesaikan misinya menjadi raja bajak laut.

Luffy sendiri sudah berhasil mendapatkan informasi dari Road Poneglyph yang ada di Zou. Kemudian Road Poneglyph yang kedua diketahui ada di Whole Cake Island. Big Mom berhasil memiliki satu Road Poneglyph yang dia sembunyikan di salah satu tempat di Totto Land. Yang menarik adalah Roger berhasil mendapatkan informasi tentang Road Poneglyph yang dimiliki Big Mom secara sembunyi-sembunyi, karena dia tahu seberapa kuat sosok Big Mom.

Beruntung, meskipun sekarang penjagaan Road Poneglyph Big Mom tersebut sudah sangat ketat, Brook sendiri kemudian berhasil menyalin isinya. Selanjutnya, Road Poneglph ketiga diketahui ada di Wano, tepatnya di Onigashima. Selain Big Mom, Kaido diketahui memiliki salah satu Road Poneglyph yang bisa menjadi petunjuk bagi Luffy untuk melanjutkan petualangannya.

Afinal, onde estão os 4 Road Poneglyphs de One Piece? - Critical Hits

Namun, tentunya bukan perkara yang mudah bagi Luffy untuk bisa mendapatkan informasi tentang Road Poneglyph tersebut dari Kaido. Saat ini, Luffy dan aliansinya sendiri sedang bertempur di Onigashima. Ketika semuanya selesai, dan Luffy berhasil memenangkan pertempuran maka dipastikan dia akan mendapatkan informasi dari Road Poneglyph tersebut.

Jika tiga lokasi Road Poneglyph sudah diketahui posisinya, lain halnya dengan Road Poneglyph yang keempat. Keberadaan Poneglyph yang terakhir masih menjadi misteri sampai saat ini. Sebenarnya, Road Poneglyph tersebut diketahui sempat berada di pulau manusia ikan, di mana Road Poneglyphnya dijaga oleh Neptune dan pasukannya.

Tetapi, Road Poneglyph tersebut sudah tidak lagi berada di sana. Masih belum diketahui di mana lokasi Road Poneglyph berada dan siapa yang memindahkan Road Poneglyph tersebut. Namun, ada beberapa dugaan mengenai keberadaan Poneglyph terakhir ini. Contohnya ada yang menduga bahwa Road Poneglyph ada di tangan pihak angkatan laut.

Ada juga teori yang mengatakan bahwa Road Poneglyph terakhir berada di salah satu lemari penyimpanan di Mary Geoise. Satu hal yang pasti, setelah Luffy berhasil menemukan Road Poneglyph ketiga yang ada di Onigashima, akan menjadi sebuah petualangan besar dan tantangan berat untuk menemukan keberadaan Road Poneglyph keempat yang misterius. Apakah Luffy akan menemukan Road Poneglyph keempat tersebut? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.