Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan yang cukup unik dari dunia One Piece. Hingga sekarang, masih belum ada sebuah penjelasan pasti mengenai sumber kekuatan buah iblis. Karena menghasilkan kekuatan yang luar biasa, buah iblis banyak digunakan oleh karakter di One Piece. Ada banyak sekali jenis buah iblis, dari buah iblis yang bisa membuat penggunanya menjadi dinosaurus, sampai dengan naga. Tetapi Geeks, diantara banyaknya buah iblis, ada satu buah iblis yang dianggap “kebal” terhadap serangan Haki.

Buah iblis tersebut bernama Hobi hobi no Mi jenis Paramecia. Buah iblis ini dimiliki seorang karakter bernama Sugar yang merupakan salah satu anak buah Doflamingo. Hobi hobi no Mi membuat penggunanya bisa mengubah siapapun yang dia sentuh menjadi mainan, dan orang yang menjadi mainan tersebut akan kehilangan ingatannya. Jika korbannya tidak segera diselamatkan, maka bisa jadi ia akan hilang selamanya.

Kekuatan yang dihasilkan Hobi hobi no Mi tidak bisa dihentikan oleh kekuatan manapun, termasuk Haki. Bahkan orang yang telah menguasai Haoshoku Haki, tidak bisa menahan kekuatan Hobi hobi no Mi. Seperti yang kita ketahui, Haki adalah kekuatan yang berasal tekad seseorang. Semakin kuat tekad seseorang, maka akan semakin kuat juga kekuatan Hakinya.

Namun menariknya, kekuatan Haki tidak berguna jika harus dihadapkan dengan Hobi hobi no Mi. Semua pengguna Haki terkuat sekalipun akan berubah menjadi mainan, ketika tersentuh oleh Sugar. Satu-satunya cara untuk mengubah korban Hobi hobi no Mi kembali normal adalah dengan membuat pingsan penggunanya. Cara tersebut sangat sulit dilakukan karena hampir semua orang yang berhadapan dengan Sugar pasti kalah. Itulah sebabnya Sugar masih bertahan dan menjaga wilayah Dressrosa dibawah naungan Doflamingo. Sugar tidak akan ragu mengubah orang-orang menjadi boneka jika tidak menuruti perintahnya. 

Di arc Dressrosa, Sugar berhasil mengalahkan hampir semua orang dari aliansi Topi Jerami. Bahkan Robin menjadi salah satu korban yang diubah menjadi boneka, ketika sedang bertarung melawan Sugar. Ussop yang datang menyelamatkan semua korban Sugar awalnya sempat tertangkap dan hampir kalah, namun secara tidak sengaja Ussop membuat Sugar terkejut hingga membuatnya pingsan.

Setelah Sugar pingsan, semua orang yang dia ubah menjadi boneka mendadak kembali normal. Ingatan teman-teman korban Sugar juga kembali dan semua pihak berterima kasih pada Ussop. Kesalahpahaman itu membuat Ussop diangkat menjadi pahlawan, terutama bagi bangsa kurcaci, karena hampir sebagian besar korban Sugar adalah ras Kurcaci, dan rakyat Dressrosa.

Saat menghadapi Sugar, Ussop hanya “menggunakan” taktik dan kekuatan fisiknya. Dia juga hanya dibantu dengan senjata ketapel andalannya. Artinya, pemilik kekuatan Haki belum tentu tidak dapat dikalahkan. Di dunia One Piece banyak kemungkinan yang akan terjadi dan bisa jadi orang-orang biasa semacam Ussop akan jauh lebih kuat daripada para pemilik Haki, jika kembali berhadapan dengan buah iblis seperti Hobi hobi no Mi. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah Hobi hobi no Mi benar-benar sangat kuat sehingga mampu membuat pengguna Haki tampak lemah?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.