Memiliki kemampuan buah iblis tentunya menjadi sebuah keuntungan lebih bagi seorang karakter dalam cerita One Piece. Dengan adanya kemampuan tersebut, seseorang bisa dengan mudah menghabisi lawannya – bahkan lawan yang kuat sekali pun. Seperti yang kita ketahui, buah iblis memberikan kekuatan yang beragam kepada mereka yang memakannya seperti mampu berubah menjadi sesuatu.

Mereka yang sudah mendapatkan kekuatan buah iblis memang akan menjadi sangat kuat. Namun, ternyata kekuatan buah iblis yang sudah kuat itu pun masih bisa ditingkatkan lagi levelnya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membangkitkannya alias awakening. Dalam chapter 1030 kita melihat bagaimana Trafalgaw Law dan Eustass Kidd berhasil membangkitkan buah iblisnya. Dalam cerita One Piece, ternyata sudah ada beberapa karakter lainnya yang bisa membangkitkan buah iblis. Siapa saja?

1Kuzan

Kuzan alias Aokiji merupakan mantan admiral di markas pusat. Dia sempat dinominasikan untuk mengisi jabatan sebagai fleet admiral menggantikan Sengoku. Tapi, setelah posisi tersebut akhirnya diserahkan kepada Sakazuki akhirnya Kuzan pun mundur dari angkatan laut. Saat ini, dia bergabung dengan bajak laut Blackbeard. Aokiji alias Kuzan memiliki kekuatan dari Hie Hie no Mi.

Hie Hie no Mi mampu untuk membuat, mengendalikan, dan berubah menjadi es. Dalam sebuah pertarungan, dia menggunakan kemampuan ini dengan membekukan tubuh mereka hanya dengan menyentuhnya saja. Dalam pertarungan 10 hari dengan Sakazuki, Kuzan diduga kuat sudah berhasil membangkitkan buah iblis ini yang bisa dilihat dari sebagian Punk Hazard pun berubah menjadi sebuah wilayah es.

2Akainu

Akainu alias Sakazuki merupakan fleet admiral di markas pusat saat ini, mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sengoku. Akainu sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar basa dahsyat. Hal ini berkat Magu Magu no Mi, dimana buah tersebut memberikan Sakazuki kemampuan untuk memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut.

Kemampuan magma dari Akainu mampu mengungguli kemampuan api milik Ace, bahkan dialah yang bertanggung jawab atas kematian Ace. Meskipun Ace memiliki kemampuan untuk berubah menjadi api, nyatanya tubuhnya tidak tahan terhadap serangan magma Akainu. Bahkan, Ivankov pun harus merasakan panas magma dari Akainu. Akainu juga adalah sosok yang merubah sebagian wilayah Punk Hazard dipenuhi magma saat dia bertarung melawan Aokiji.

3Donquixote Doflamingo

Ito Ito no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia, yang dimiliki oleh Donquixote Doflamingo. Buah iblis ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk mengendalikan apapun dengan menciptakan sebuah tali pengatur yang tipis yang berasal dari awan. Senar atau tali yang diciptakan ini sangatlah kuat, bahkan mampu untuk memotong meteor yang datang tanpa hambatan.

Jika tanpa adanya bantuan dari lapisan Haki pun kekuatannya sudah sangat dahsyat, maka bisa dipastikan tali atau benang yang dilapisi oleh Haki tidak akan bisa dihancurkan. Doflamingo sudah berhasil menguasai buah iblisnya ini, di mana dia pada akhirnya mampu mengendalikan lingkungan sekitarnya, seperti menggunakan teknik birdcage untuk mengurung Dressrosa. Beruntung Luffy dan Law akhirnya mampu mengalahkan Doflamingo dan menghancurkan birdcage yang mengurung wilayah Dressrosa.

4Charlotte Katakuri

Mochi Mochi no Mi termasuk salah satu buah iblis berjenis Paramecia yang spesial. Pengguna kekuatan ini mampu untuk menciptakan, mengendalikan, dan berubah wujud menjadi mochi. Meskipun terkesan lucu, namun buah iblis ini disebut sebagai buah Paramecia spesial, karena penggunanya bisa berubah wujud yang mana biasanya kekuatan tersebut hanya ada di jenis Logia.

Dengan merubah tubuhnya atau sebagian tubuhnya menjadi mochi, penggunanya bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk berlindung, menghindari serangan, atau sebagai senjata. Nama Mochi sendiri diambil dari makanan manis tradisional Jepang yaitu mochi. Katakuri juga diketahui sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya karena mampu mengendalikan atau memanipulasi sekitar.

5Gild Tessoro

Gild Tesoro merupakan antagonis utama dalam film One Piece Film: Gold. Dia dahulu merupakan raja kasino, dan juga pemiliki dari Grand Tesoro, kapal hiburan terbesar di dunia sebelum dia kalah dan berhasil ditangkap. Tesoro sendiri mengkonsumsi buah iblis Gol Gol no Mi, dimana dia mampu memanipulasi emas yang dia sentuh sesukanya.

One Piece: Buah Iblis Dahsyat yang “Menghilang”! | GreensceneDia bisa menggunakan kekuatannya untuk membuat sebuah air mancur yang terbuat dari cairan emas, menjebak musuhnya, dan memasukan debu emas dan serpihan emas ke dalam tubuh musuhnya sehingga dia perlahan berubah menjadi emas. Tesoro juga memiliki sebuah armor yang terbuat dari emas, sehingga mampu meningkatkan serangan dan pertahanannya. Bahkan, armor emasnya sanggup bertahan dari tebasan pedang Zoro.

6Douglas Bullet

Douglas Bullet merupakan musuh utama dalam film terbaru One Piece: Stampede. Saat kecil, Bullet sempat menjadi tentara anak-anak di Galzburg, dan kemudian bergabung dengan bajak laut Roger dan dipenjara selama lebih dari 20 tahun. Bullet sendiri berhasil kabur dari Impel Down, ketika kekacauan terjadi di sana akibat ulah Monkey D. Luffy dan Teach.

Bullet juga memiliki kemampuan buah iblis Gasha Gasha no Mi, di mana dia mampu menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya untuk membangun sesuatu yang ada di dalam pikirannya. Mirip seperti kekuatan Kidd, hanya saja Bullet lebih mampu menggunakannya dengan baik dengan cara membangun sesuatu. Dengan sudah membangkitkan kemampuan buah iblisnya, Bullet bisa saja merubah sebuah pulau menjadi sesuatu yang dia inginkan.

7Para Penjaga di Impel Down

Penjara Impel Down merupakan penjara yang paling sulit untuk bisa ditembus. Ini adalah penjara milik Pemerintah Dunia, untuk mengurung bajak laut atau kriminal atau seseorang yang memang dianggap musuh oleh Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Contoh nyatanya adalah Ace dan Jinbe, yang pernah dikurung di level 6 Impel Down.

One Piece: Giả thuyết về trái ác quỷ hệ Zoan dạng thức tỉnhSalah satu hal yang membuat Impel Down sulit ditembus adalah adanya sosok penjaga yang mengerikan. Mereka adalah empat orang dengan kekuatan buah iblis Zoan, yang sudah membangkitkan buah iblis Zoan mereka. Hasilnya adalah keempat orang tersebut berubah sepenuhnya menjadi sosok binatang itu. Mereka adalah Minotaurus, Minozebra, Minokoala, dan Minorhinoceros. Keempat karakter ini dikendalikan oleh pemimpin mereka yaitu Sadi.

Tidak mudah memang membangkitkan kemampuan buah iblis, namun para karakter di atas diperlihatkan mampu melakukan hal tersebut. Penguasaan buah iblis yang maksimal tentunya akan membuat penggunanya menjadi sulit tertandingi. Pastinya para fans One Piece juga menantikan Luffy membangkitkan kekuatan Gomu Gomu miliknya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Luffy akan membangkitkan buah iblisnya dalam pertarungan melawan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.