Haoshoku Haki atau Haki Penguasa adalah Haki yang sangat langka dibandingkan dua jenis Haki lainnya, yaitu Haki Persenjataan dan juga Haki Pengamatan. Haki Penguasa ini hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, di mana orang-orang tersebut dianggap memiliki kualitas seorang pemimpin, penguasa, atau penakluk. Sejauh ini, kurang lebih sudah ada 16 orang yang diketahui memiliki kemampuan ini, dengan Zoro menjadi yang terbaru.

Meskipun ada sekitar puluhan orang yang diketahui memiliki kemampuan Haki Penguasa, seperti yang diungkapkan oleh Kaido, hanya sedikit orang saja yang mampu “melapisi” kemampuan Haki Penguasa mereka ke tubuh atau senjata mereka. Pada intinya, trik ini mirip seperti Haki Senjata di mana Hakinya mampu melapisi tubuh atau senjata. Yang berbeda tentu dengan Haki Penguasa yang menjadi pelapisnya, serangan dan juga pertahanan menjadi sangat luar biasa.

Sejauh ini, memang hanya beberapa orang saja yang mampu melakukannya. Selain Kaido, kita juga melihat sosok Roger, Whitebeard, Luffy, Big Mom, dan Yamato. Namun, diantara nama-nama ini ada beberapa nama yang dianggap memiliki level penguasaan Haki Penguasanya di atas rata-rata. Dan Oda Sensei sendiri sudah memberikan petunjuk terkait hal ini melalui panel di chapternya.

oda has already set the conquerors haki strength of every top tier pirates : r/OnePiece

Dalam chapter 1010, Luffy diperlihatkan mampu melapisi serangannya dengan Haki Penguasa namun pada saat itu kita masih belum mengetahui sekuat apa Haki Penguasa yang dimiliki Luffy. Kemudian di chapter 1011 diperlihatkan bagaimana langit di atas Onigashima semuanya tertutupi oleh awan. Haki Penguasa Luffy dan Kaido sempat saling beradu, tetapi saat itu, Luffy masih belum mampu membelah langit tersebut.

Hal ini dikarenakan Haki Penguasa Luffy masih belum terlalu kuat. Haki Penguasa Luffy baru berpengaruh sedikit di dekat area awannya, namun, tidak berpengaruh banyak terhadap seluruh awan tersebut. Hal yang sama pun terjadi di chapter 1016, ketika Kaido bertarung menghadapi anaknya, Yamato. Awan menutupi seluruh bagian Onigashima.

Sayangnya, di halaman 13 dan 14 di chapter tersebut beradunya Haki Penguasa Yamato dan Kaido tidak menyebabkan langit terbelah. Itu artinya kemampuan Haki Penguasa Yamato berada di level yang sama dengan Luffy, yang mana level kekuatan Haki Penguasa mereka tidak sebanding dengan level para Yonko. Lalu, bagaimana dengan level kekuatan Haki Penguasa para Yonko?

ch: Yamato Tumblr posts - Tumbral.com

Sudah ada beberapa pertarungan yang melibatkan adu kekuatan Haki Penguasa dan berakibat terbelahnya langit akibat beradunya dua Haki Penguasa. Pertama, kita tentu ingat momen ketika Shanks mendatangi kapal Whitebeard untuk membicarakan tentang Ace. Sayangnya, pembicaraan berakhir buntu dan pertarungan pun tidak terhindarkan. Kita melihat beradunya kedua pedang Shanks dan Whitebeard membuat langit terbelah.

Kemudian, kita diperlihatkan bagaimana pertarungan Kaido dan Big Mom saat Big Mom sadar dari pingsannya. Setelah di bawa ke Onigashima dan dibukakan rantainya, Big Mom langsung menantang Kaido untuk bertarung. Lagi-lagi kita melihat bagaimana kualitas seorang Yonko dari Big Mom dan Kaido, di mana ketika Haki Penguasa mereka beradu, langit pun terbelah.

Luffy vs Roger Haki Clash - Battles - Comic Vine

Luffy sendiri memang pada akhirnya berada dalam tahapan di mana Haki Penguasa miliknya setara dengan para Yonko. Dalam chapter 1026, Luffy membuktikan bahwa dia memang pantas menjadi Yonko. Pertarungan melawan Kaido untuk yang ketiga kalinya ini membuat Luffy membuktikan kualitasnya dengan penggunaan Haki Penguasa level tinggi, di mana efeknya adalah langit pun terbelah dan awan pun perlahan menghilang.

Terlepas dari semua momen yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya ada satu momen yang memperlihatkan kualitas epik dari Haki Penguasa. Dalam momen pertarungan Whitebeard menghadapi Roger di sebuah pulau yang berlangsung selama 3 hari 3 malam, diperlihatkan bahwa kemampuan Haki Penguasa keduanya berbeda dari apa yang selama ini diperlihatkan.

RJ Writing Ink - Animanga - A Day In the Life of the Roger Pirates

Level Haki Penguasa mereka sudah berada di atas para Yonko. Dalam momen tersebut diperlihatkan bahwa beradunya Haki Penguasa Roger dan Whitebeard bukan hanya membuat langit terbelah. Mereka benar-benar menghancurkan awan atau langitnya. Dampak dari beradunya Haki Penguasa mereka menghilangkan awan-awan yang ada di sana.

Selain itu, pulau tempat mereka bertarung pun bergetar dengan hebat bahkan sampai radius yang sangat jauh. Pohon-pohon berterbangan, bahkan diperlihatkan bagaimana Moby Dick hampir saja terguling akibat efek beradunya Haki Penguasa kedua karakter ini. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Haki Penguasa Whitebeard dan Roger berada di level yang berbeda dengan para Yonko. Haki Penguasa mereka jauh lebih kuat dan mengerikan.