Apakah sosok God Otsutsuki memang nyata atau hanya sekedar cerita belaka? Nama God Otsutsuki sendiri pertama kali direferensikan oleh sosok Isshiki Otsutsuki, ketika dia berbicara dengan Code. Namun, masih belum diketahui apakah memang sosok God Otsutsuki tersebut ada. Inilah yang kemudian menjadi perdebatan hangat di kalangan para fans Boruto: Naruto Next Generation.

Klan Otsutsuki adalah sebuah ras yang misterius yang sampai saat ini masih belum dijelaskan secara rinci. Pertama kali nama klan Otsutsuki muncul adalah ketika karakter Hagoromo Otsutsuki alias Sage of Six Path diperkenalkan dalam cerita. Kemudian di akhir series Naruto, kita kemudian diperkenalkan dengan sosok Kaguya Otsutsuki. Dan sejak saat itu, klan Otsutsuki menjadi pusat dari cerita di universe Naruto.

Di seri Boruto, mitologi tentang klan Otsutsuki semakin menjadi fokus utama ceritanya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa Otsutsuki yang menjadi musuh utama para shinobi, contohnya adalah Isshiki Otsutsuki. Terdapat sebuah fakta menarik bahwa dengan menjadi penguasa seluruh klan Otsutsuki, maka seorang Otsutsuki akan kemudian berubah menjadi God Otsutsuki. Namun, apakah sosok tersebut memang nyata?

Apa pendapat Anda tentang apa yang disebut Dewa Otsutsuki yang ditampilkan di bab 55 Boruto? Saya pikir itu hanya awal dari hal-hal yang akan datang. Apakah dia benar-benar kuat? - Quora

God Otsutsuki sendiri pertama kali diperkenalkan di chapter 55 seri Boruto, saat arwah Isshiki berbicara dengan Code. Isshiki mengatakan bahwa sekarang sudah menjadi tugas Code untuk melanjutnya misinya, yaitu memanen pohon suci. Caranya adalah mengorbankan Kawaki dan juga Boruto kepada Jyuubi atau monster ekor 10 yang selama ini dia jaga di dimensi lain.

Dengan memakan buah chakra yang dihasilkan dari pohon suci tersebut, maka Code bisa menjadi seorang Otsutsuki yang baru. Isshiki pun memerintahkan Code untuk memanen pohon suci di berbagai planet yang ada di alam semesta. Dengan memakan buah chakra dari seluruh planet yang ada di alam raya tersebut, maka Code akan berubah menjadi sosok God Otsutsuki.

Sampai saat ini, Masashi Kishimoto belum memberikan penjelasan mengenai God Otsutsuki yang mana hal tersebut membuat para fans banyak memunculkan spekulasi. Ada yang menganggap bahwa God Otsutsuki nyata, namun ada juga yang beranggapan bahwa God Otsutsuki bukanlah sosok nyata melainkan sebuah “titel” dari sosok Otsutsuki terkuat.

What will probably happen after Code gains Isshiki's will and his powers? | Fandom

Seperti yang dijelaskan di atas, sosok God Otsutsuki ini baru diperkenalkan dan direferensikan oleh Isshiki. Sejauh ini, semua Otsutsuki yang pernah muncul di franchise Naruto tidak menyinggung sosoknya. Sehingga, banyak yang meragukan apakah yang diucapkan oleh Isshiki tersebut memang nyata atau hanya sekedar isapan jempol belaka. Ada juga yang beranggapan bahwa itu mungkin salah satu cara untuk membangkitkan kembali Isshiki.

Seperti yang dijelaskan oleh Isshiki perihal buah chakra kepada Code, bahwa buah chakra berisi intisari dari sebuah planet yang berasal dari mereka yang sudah mati atau pun masih hidup. Amado sendiri pernah menjelaskan bahwa wadah Otsutsuki diibaratkan rumah dan Karma adalah pintunya. Artinya selama data-data Otsutsuki masih ada di tubuh wadahnya, maka peluang untuk hidup kembali di wadah tersebut ada.

Dengan Isshiki yang sekarang sudah tewas, tentu akan sulit untuk bisa kembali membangkitkannya. Tetapi, dengan Code yang memiliki segel Karma putih di tubuhnya, membuatnya bisa menjadi cara untuk membangkitkan kembali Isshiki. Dan memakan buah chakra bisa menjadi jalan untuk melakukan hal tersebut. Namun, pertanyaan besar lainnya kemudian muncul.

Jika memang God Otsutsuki tersebut nyata, mengapa masih ada planet yang tersisa? Seharusnya sudah banyak planet di alam raya yang hancur akibat sosok God Otsutsuki tersebut menyerap kehidupan di berbagai planet yang ada. Dan juga Isshiki tidak akan memberikan perintah kepada Code untuk menjadi God Otsutsuki tersebut dengan memakan buah chakra yang dipanen di berbagai planet yang ada.

Di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa God Otsutsuki sebenarnya adalah sebuah titel dari sosok Otsutsuki terkuat dan terakhir yang ada. Bagaimana kemudian Isshiki meminta Code memakan banyak buah chakra dari berbagai macam planet, bertujuan untuk membuat Code semakin kuat. Dengan begitu, Code akan mampu menandingi para Otsutsuki lainnya dan menjadi yang terkuat.

Terlepas dari semua hal di atas, konsep tentang God Otsutsuki ini menarik karena selain bisa menambah luas mitologi klan Otsutsuki ini juga bisa menambah kaya elemen menarik dari seri Boruto: Naruto Next Generation. Namun, di sisi lain, hal ini juga semakin membuat seri Boruto seolah menjauh dari konsep utamanya. Bagaimana menurut kalian terkait hal ini Geeks?