Film Aquaman pertama kali hadir pada tahun 2018 sebagai bagian dari DC Extended Universe yang saat itu sedang dibangun. Film yang disutradarai oleh James Wan tersebut bercerita tentang Arthur Curry alias Aquaman (Jason Momoa), yang mengumpulkan kekuatan untuk menghentikan saudara tirinya, yaitu King Orm (Patrick Wilson). Rasa bencinya pada bangsa manusia membuat King Orm mengumpulkan tujuh kerajaan bawah laut untuk berperang melawan para manusia.

Salah satu petualangan yang harus dilalui oleh Aquaman dalam mencari kekuatan baru adalah menghadapi bangsa laut menakutkan yang disebut Trench. Kesuksesan film Aquaman pada saat itu langsung disambut dengan kabar baik yang mengatakan bahwa Warner Bros. akan mengembangkan sekuelnya yang berjudul Aquaman and the Lost Kingdom dan sebuah film spin-off yang berfokus pada bangsa Trench. Sementara saat ini film Aquaman and the Lost Kingdom sedang melakukan proses produksinya, pada bulan April lalu WB mengumunkan bahwa spin-off Trench resmi dibatalkan.

Dari sejak pertama kali film Trench diumumkan, sampai akhirnya dibatalkan, banyak penggemar yang penasaran tentang film seperti apa yang akan dihadirkan dengan bangsa Trench, mengigat bangsanya digambarkan sebagai makhluk buas yang mempunyai penampilan buruk rupa serta tidak mempunyai tujuan yang jelas. Baru-baru ini akhirnya terungkap, bahwa spin-off tersebut awalnya direncanakan sebagai film solo karakter Black Manta, salah satu supervillain yang juga muncul di film Aquaman.

Kabar tersebut terungkap ketika James Wan menjawab pertanyaan pengemar di Instagram pribadinya. Saat Wan memposting serangkaian gambar yang memperlihatkan karakter Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II) di lokasi syuting film Aquaman and the Lost Kingdom, seorang penggemar bertanya pada Wan, apakah ada rencana untuk film solo atau serial yang berfokus pada karakter Black Manta. “Saya akan memberi tahu anda sebuah rahasia, spin-off Trench yang dibatalkan sebenarnya adalah film rahasia Black Manta,” jawab Wan.

Jawaban Wan tersebut sepertinya membuat perasaan para penggemar campur aduk, mengingat karakter live-action Black Manta sangat disukai oleh penggemar. Ditambah lagi dia juga mempunyai kisah luar biasa dengan bangsa Trench di DC Comics, di mana Black Manta bisa mengendalikan bangsa Trench dengan sebuah alat sakti yang disebut Scepter. Walaupun untuk sekarang film Black Manta dibatalkan, penggemar akan segera bisa melihat aksinya di film Aquaman and the Lost Kingdom yang dijadwalkan rilis pada 16 Desember 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.