Sekitar lebih dari satu dekade yang lalu, Who’s Who ternyata pernah menjadi bagian dari organisasi rahasia milik Pemerintah Dunia, CP9. Fakta ini terungkap di chapter 1017 kemarin, di mana saat itu kita melihat kelanjutan pertarungan antara Who’s Who melawan Jinbe. Sebelumnya, Who’s Who sempat menyatakan bahwa dia mengenal sosok Jinbe. Mereka pernah bertemu sebelumnya, saat Jinbe masih menjadi Shichibukai.

Hal tersebut tentunya memunculkan sebuah pertanyaan besar, bagaimana kemudian dia bisa mengetahui sosok Jinbe, apalagi ketika masih menjadi Shichibukai. Logikanya, mungkin Who’s Who pernah bekerja untuk Pemerintah Dunia atau mungkin pernah berhadapan dengan Jinbe sebelumnya. Dan faktanya, Who’s Who dahulu pernah menjadi anggota CP9 bahkan dia disandingkan dengan sosok Rob Lucci.

Who’s Who kemudian menjelaskan bahwa dia harus dipenjara karena kesalahan yang dia buat. Dia harus kehilangan buah iblis Gomu Gomu ketika seharusnya dia menjaganya. Dan seperti yang kita ketahui, di arc Romance Dawn diperlihatkan bahwa Shanks yang mencuri buah iblis tersebut sebelum kemudian dimakan oleh Luffy. Who’s Who sendiri pada akhirnya berhasil kabur dari penjara.

Dia kemudian tidak lagi menjadi bagian dari CP9, dan berubah menjadi bajak laut serta membentuk kelompok bajak lautnya sendiri sebelum kemudian bergabung dengan kelompok Beast. Mengingat Who’s Who dahulu adalah bagian dari CP9, apakah sebenarnya dia pernah muncul di cerita sebelumnya? Berdasarkan teori yang berkembang di kalangan fans, kemungkinan Who’s Who sempat muncul, khususnya dalam cerita Nico Robin.

Dalam momen flashback Nico Robin, kita melihat CP9 lama dan terdapat salah satu karakter yang penampilan fisiknya mirip dengan Who’s Who. Kemiripan tersebut dilihat dari warna rambut, topi yang dikenakan, kacamata yang mirip dengan bentuk helmnya sekarang, dan bagian bibirnya. Oda Sensei sudah sering melakukan hal yang sama sebelumnya, jadi peluangnya bahwa itu adalah Who’s Who cukup besar.

Di chapter 1017 dijelaskan bahwa dia sering kali dibandingkan dengan sosok Rob Lucci. Dalam susunan CP9 lama, terdapat tiga sosok penting di organisasi tersebut. Pertama adalah Spandine (ayah dari Spandam), kemudian Lusky (ayah dari Kalifa), dan satu sosok misterius. Bisa jadi, sosok misterius tersebut adalah Who’s Who.

Momennya sendiri terjadi di Ohara 22 tahun yang lalu. Who’s Who mungkin masih berusia 15/16 tahun pada saat peristiwa itu terjadi, mengingat usianya sekarang adalah 38 tahun. Meskipun ada kemungkinan sosok tersebut adalah Who’s Who, namun ada juga kemungkinan lainnya bahwa itu adalah ayah dari Who’s Who. Usia dan juga karakternya menjadi petunjuk penting dalam teori ini.

Seperti yang disebutkan di atas Spandine dan Lusky adalah ayah dari anak-anak mereka yang kemudian bergabung dengan CP9 pada masa yang akan datang – yaitu Spandam dan Kalifa. Sehingga rasanya kecil kemungkinan di usianya yang masih remaja jika kemudian Who’s Who sudah menjadi bagian dari CP-9. Akan lebih masuk akal jika sosok misterius tersebut adalah ayah dari Who’s Who. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa itu adalah Who’s Who? Atau justru itu adalah ayah dari Who’s Who?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.