Peta kekuatan dari Yonko dipastikan akan berubah setelah apa yang terjadi di pertempuran Onigashima. Kemungkinan posisi Kaido dan Big Mom akan diganti oleh sosok yang baru yaitu Luffy dan juga Eutass Kid. Seperti yang banyak dibahas oleh para fans, bahwa setelah dihapuskannya sistem Shichibukai oleh Pemerintah Dunia, maka yang selanjutnya adalah sistem Yonko.

Masih belum diketahui sejak kapan sistem Yonko dimulai oleh Pemerintah Dunia. Kita juga belum tahu sudah berapa banyak orang yang mengisi posisi ini. Namun, banyak yang meyakini bahwa sudah ada beberapa orang atau karakter yang pernah mengisi posisi tersebut. Dalam artikel lain pernah disebutkan beberapa nama yang mungkin pernah mengisi posisi Yonko sebelumnya, seperti Shiki, Roger, dan sebagainya.

Zaman tentunya berubah dan akan ada masa di mana generasi lama akan digantikan oleh generasi baru. Inilah yang kemudian menjadi topik pembicaraan para fans dalam arc Wano Country. Seperti yang sudah Geeks ketahui, tema tentang Luffy yang akan menjadi Yonko selanjutnya menjadi salah satu tema yang hangat dibicarakan para fans. Mereka meyakini bahwa Luffy akan menjadi Yonko selanjutnya.

One Piece: Berikut Lima Bajak Laut Calon Yonkou Selain Luffy! | Greenscene

Para fans meyakini bahwa berbagai petunjuk yang diperlihatkan oleh Oda Sensei sejauh ini bisa menjadi buktinya. Contohnya dimulai dari anggapan surat kabar Morgan bahwa Luffy merupakan Yonko kelima. Kemudian nilai buruan Luffy yang hampir setara dengan para Yonko. Dan tentunya kekuatan Luffy yang mengalami peningkatan drastis, di mana levelnya kini sama dengan para karakter legendaris yang ada.

Selain sosok Luffy, ada juga karakter lainnya yang diyakini akan mendampingi Luffy untuk menjadi Yonko yaitu Eustass Kid. Kid merupakan bajak laut yang saat ini beraliansi dengan Luffy, meskipun pada awalnya dia sempat menolak. Oda Sensei sendiri pernah mengatakan bahwa karakter Kid sengaja dihadirkan untuk menjadi rival bagi Luffy dalam petualangannya menjadi raja bajak laut.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Kid memang sering kali diperlihatkan berusaha untuk bisa bersaing dengan Luffy. Jika diibaratkan, Kid merupakan “Vegeta” bagi Luffy yang dianggap sebagai “Goku.” Sosok Kid pada awalnya diperlihatkan jauh lebih kuat dari Luffy. Dia juga bahkan yang terlebih dahulu pergi ke New World, ketika Luffy masih berlatih di Rusukaina selama dua tahun.

Meskipun begitu, sekarang justru Luffy yang jauh lebih kuat dari Kid. Hal ini terbukti dengan Luffy yang mampu menyaingi kekuatan Kaido. Bahkan, terdapat momen yang sama ketika para legendaris bertarung yaitu ketika langit terbelah akibat kedua Haki saling beradu. Dan dengan peningkatan kekuatan ini, asumsi Luffy akan menjadi Yonko selanjutnya pun semakin kuat

Tetapi, ada dua Yonko yang hadir dalam arc Wano Country ini yaitu Kaido dan Big Mom. Jika kemudian Luffy yang akan menggeser posisi Kaido, lalu siapa yang akan menggeser posisi Big Mom? Tidak lain adalah Eustass Kid, yang saat ini sedang bertarung bersama Law menghadapi Big Mom. Seperti yang ditulis di artikel lain, petunjuk mengenai Kid akan kalahkan Big Mom diperlihatkan pada chapter 1029 kemarin.

Menjelang akhir chapternya, dalam pertarungan Killer melawan Hawkins, kartu terakhir yang dikeluarkan oleh Hawkins adalah “The Tower.” Kartu tersebut bisa diartikan kehancuran atau kekalahan atau sebuah pertanda buruk. Bagi Hawkins, itu merupakan pertanda buruk bahwa dia akan kalah. Dan hal itu kemudian terjadi di mana Killer berhasil mengalahkan Hawkins.

Inikah Sosok Pengganti Kaido Setelah Perang Wano? | Greenscene

Namun, di sisi lain, kartu tersebut juga bisa diartikan sebagai hancurnya sebuah era – yang mana dalam hal ini adalah era lama. Setelah kekalahan Whitebeard, kini giliran Big Mom dan Kaido yang akan meraskan kekalahan. Dan pada akhirnya, posisi Yonko sendiri terdiri dari Blackbeard, Shanks, Luffy dan Kidd. Shanks akan menjadi perwakilan terakhir dari generasi lama – jika kemudian Blackbeard belum membunuh Shanks seperti yang banyak diprediksi banyak fans.

Kid menjadi Yonko di masa depan adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan terjadi mengingat dia adalah salah satu bajak laut terkuat di generasi yang sama dengan Luffy. Kid bisa menjadi “faktor penyeimbang” untuk masalah kekuasaan, pengaruh, dan juga kekuatan. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana generasi baru memberikan makna yang baru juga terhadap sistem Yonko.

Satu hal yang bisa dipastikan adalah akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam peta kekuatan dunia. Dan yang juga menarik untuk dinantikan adalah apakah Pemerintah Dunia akan melanjutkan sistem ini atau tidak, dan apa yang kemudian akan dilakukan oleh Luffy dan Kid selanjutnya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.