Sama halnya seperi Shanks, Dracule Mihawk adalah sosok yang menarik dan memiliki banyak penggemar sejak karakternya pertama kali diperkenalkan. Namun, juga sama halnya seperti Shanks, tidak banyak informasi yang kita ketahui tentang sosok Mihawk. Kita tidak tahu mengenai asal usulnya, dan kita tidak pernah tahu mengenai dari mana semua kekuatan dan pedang yang dia miliki

Namun, ada salah satu teori yang cukup menarik yang berkembang di kalangan para fans yaitu Dracule Mihawk sebenarnya adalah anak dari Silvers Rayleigh dan Shakky. Manganya sendiri dianggap sudah memberikan petunjuk mengenai hal tersebut. Misalnya, yang pertama adalah Shakky berhenti menjadi anggota bajak laut 40 tahun yang lalu.

Kemudian pola jubah atau pakaian yang dikenakan oleh Rayleigh – bagian dalamnya – sama dengan milik Mihawk. Mihawk sendiri memiliki Hobi yang sama dengan sosok Shakky, senang membaca berita, mencari informasi dari koran, sambil minum-minuman beralkohol. Dari segi struktur wajah pun wajah Mihawk dianggap memiliki kemiripan dengan sosok Shakky.

Terdapat juga teori bahwa Shakky dulunya adalah bagian dari penduduk Amazon Lilly. Hal ini dikarenakan semua perempuan di Amazon Lilly memiliki nama yang diambil dari bunga, termasuk Shakky. Selain itu Shakky sendiri dianggap sebagai anak dari Gloriosa. Hal ini didukung dengan fakta bahwa dulu dia merupakan pemimpin dari Amazon Lilly, namun kemudian dia terkena “virus” cinta.

Gloriosa sendiri menyebutkan bahwa dia berhasil selamat dengan cara kabur dari Amazon Lilly. Dan tentunya Gloriosa akan membawa sosok yang dia sayang, yang tidak lain adalah Shakky. Sebelum menjadi pemimpin Amazon Lilly, Gloriosa dulunya adalah pejuang Kuja, sama seperti kebanyakan penduduk lainnya. Shakky pun dibesarkan oleh Gloriosa untuk menjadi petarung dan bajak laut, karena itulah dia kemudian menjadi seorang bajak laut.

Meskipun masih belum diketahui di kelompok mana dulu Shakky pernah bergabung, namun banyak teori yang menyebutkan bahwa Shakky kemungkinan adalah bagian dari kelompok Rocks D. Xebec. Dulunya adalah musuh, Rayleigh dan Shakky kemudian saling jatuh cinta. Dengan fakta bahwa Shakky pensiun 40 tahun lalu, artinya dia tidak ikut dalam peristiwa God Valley. Ada kemungkinan Shakky sedang mengandung Mihawk pada saat itu

Gloriosa mungkin harus pergi ke Sabaody pada saat itu untuk membantu anaknya mengurus bayinya, yang mana hal ini diyakini menjadi alasan mengapa Rayleigh mengenal Gloriosa dan menyebut namanya dibandingkan dengan menyebut ‘Nenek Nyon.’ Karena mereka berdua adalah bajak laut, Rayleigh dan Shakky memutuskan untuk memberikan nama kepada anak mereka yang berbeda dengan nama keduanya.

Hal itu juga mungkin yang menjadi alasan mengapa Rayleigh dan Shakky menolong Hancock dan saudarinya di Sabaody sebelum Gloriosa mengambil mereka bertiga dan kembali ke Amazon Lilly. Dengan Mihawk menjadi anak dari Rayleigh, juga diyakini mampu menjelaskan bagaimana rivalitas antara Shanks dan Mihawk terbangun. Mereka berdua dulunya mungkin adalah murid dari Rayleigh.

Terlepas dari semua koneksi dengan Amazon Lilly, para pembuat teori ini meyakini bahwa Mihawk adalah anak dari Rayleigh dan Shakky. Alasan Mihawk mau menjadi bagian dari Shichibukai sebenarnya adalah alasan pribadi, yaitu dia ingin melindungi orang tuanya.  Perjanjiannya mungkin adalah selama Rayleigh dan Shakky tidak membuat masalah, pihak angkatan laut tidak akan melakukan apapun, yang mana hal ini kemudian menjelaskan mengapa Kizaru mengatakan bahwa dia pernah mendengar Rayleigh ada di pulau Sabaody.

Logikanya, jika memang Rayleigh dan juga Shakky sudah sejak lama ada di Sabaody – bahkan Shakky membuka bar – dan pihak angkatan laut mengetahui hal tersebut, mengapa tidak dari dulu mereka menyerang Rayleigh dan Shakky? Dalam novel Ace kita diberi tahu bahwa pihak Gorosei dan Sengoku (atau Fleet Admiral) yang memilih Shichibukai.

Disebutkan juga bahwa pihak Gorosei dan angkatan laut menerima instruksi dari kaum naga langit. Dipilihnya Mihawk sebagai bagian dari Shichibukai, memberikan petunjuk bahwa kaum naga langit mungkin ingin menjalin sebuah simbiosis mutualisme, dimana mereka memiliki sosok ahli pedang terhebat di dunia dengan “jaminan” Rayleigh dan Shakky tidak ditangkap dan tidak berbuat onar.

Kizaru dan para Admiral lainnya tidak mengetahui adanya perjanjian ini, makanya Kizaru sangat ingin menangkap Rayleigh. Kizaru juga menyebutkan bahwa pihak angkatan laut memang tidak memiliki rencana untuk melakukan hal tersebut pada saat itu. Namun, yang menjadi penasaran adalah apa yang akan terjadi kepada Shakky dan Rayleigh dengan dibubarkannya sistem Shichibukai. Pastinya mereka akan melawan, seperti halnya Mihawk yang saat ini sedang menantikan kedatangan angkatan laut di Rusukaina.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.