Ketika Nico Robin pertama kali bergabung dengan kelompok Topi Jerami, para fans tidak tahu bahwa dia adalah sosok yang paling “terkenal” di seluruh dunia One Piece. Barulah ketika Rob Lucci dan semua mantan CP-9 diperkenalkan di arc Water 7 semuanya mulai jelas. Lucci dan krunya berhasil membuat Nico Robin menyerahkan diri, tetapi Luffy dan yang lain berusaha untuk menolong Robin.

Mereka pun akhirnya berhasil dikalahkan dan Robin berhasil diselamatkan. Para fans pastinya berpikir bahwa setelah apa yang terjadi di Enies Lobby maka tidak akan ada lagi kejadian yang sama. Tetapi, pada kenyataanya, dua tahun setelah peristiwa di Enies Lobby ternyata Rob Lucci – dan Pemerintah Dunia – masih mengincar sosok Nico Robin. Hal ini diketahui dalam chapter 1028 kemarin.

Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Rob Lucci berbicara dengan agen CP-0 yang ada di Wano. Mereka berdiskusi tentang kemungkinan kekalahan dari Kaido. Para agen CP-0 tersebut mengakui bahwa kecil kemungkinan bahwa Kaido akan kalah. Meskipun begitu, Rob Lucci sendiri justru berpikir sebaliknya bahwa ada kemungkinan Kaido akan kalah.

Melihat hal tersebut, akhirnya Pemerintah Dunia – melalui CP-0 – kemudian mengirimkan kapal perang mereka ke Wano. Tujuannya adalah mengambil alih Wano, jika diketahui Kaido kalah dari Luffy. Rob Lucci juga memerintahkan kepada para agen di sana untuk menangkap Nico Robin, tidak peduli seperti apa situasinya. Rob Lucci meminta Nico Robin ditangkap hidup-hidup.

Sosok Nico Robin sendiri sudah dalam pelarian sejak usianya masih delapan tahun. Pada saat itu, Pemerintah Dunia menghancurkan rumahnya, Ohara. Robin menghabiskan 20 tahun hidupnya berusaha untuk menghindari kejaran dari pihak pemerintah. Meskipun banyak orang yang berusaha menolongnya, pada akhirnya orang-orang tersebut justru berusaha menyerahkannya kepada pihak Pemerintah Dunia.

Pemerintah Dunia sendiri kemudian melabeli Nico Robin sebagai ‘Iblis dari Ohara’ yang mana hal itu membuat orang-orang berpikir bahwa Robin memang adalah ancaman besar bagi dunia. Pertanyaanya kemudian mengapa Pemerintah Dunia begitu terobsesi untuk menangkap Nico Robin? Tentu, yang pertama adalah karena Nico Robin adalah satu-satunya orang di dunia One Piece yang masih hidup yang bisa membaca Poneglyph.

Secara tidak langsung hal itu membuat Robin menjadi karakter yang paling penting di seri One Piece. Bukankah ada alternatif lain untuk membaca Poneglyph, seperti kemampuan suku mata tiga? Hal tersebut sampai saat ini masih belum diketahui kebenarannya. Nico Robin adalah sesuatu yang sudah pasti. Dia memang bisa dan mengetahui tentang Poneglyph.

Alasan lainnya tentu pihak Pemerintah Dunia tidak ingin ada satu orang pun yang mengetahui rahasia tentang apa yang terjadi pada masa lalu. Dengan Robin yang mampu membaca Poneglyph, artinya kru Topi Jerami nantinya akan mengetahui rahasia tersebut. Karena itulah Pemerintah Dunia berusah mencegah hal itu terjadi, dengan cara menangkap Nico Robin.

Di sisi lain, kemungkinan ada alasan lain juga. Salah satunya adalah pihak Pemerintah Dunia justru ingin menerjemahkan Poneglyph yang mereka miliki. Mungkin ada Poneglyph yang mereka miliki belum sempat diartikan, yang mana kemudian pihak Pemerintah Dunia menginginkan Nico Robin untuk membaca Poneglyph tersebut untuk mereka – sehingga mencegah ada orang lain yang tahu tentang hal tersebut.

Alasan utama mengapa Pemerintah Dunia menghancurkan Ohara adalah karena mereka tidak ingin para cendikiawan Ohara memecahkan rahasia yang terjadi pada abad yang hilang. Robin merupakan satu-satunya yang selamat dalam peristiwa mengerikan tersebut, dan inilah yang kemudian membuat Pemerintah Dunia berusaha untuk terus mengejar Nico Robin.

Mereka pun mencoba membuat kebohongan dengan mengatakan bahwa para cendikiawan tersebut berusaha melakukan riset tentang senjata kuno demi bisa menghancurkan semuanya. Tetapi, alasan sebenarnya adalah demi menutupi upaya para cendikiawan tersebut mengungkapkan fakta sebenarnya yang terjadi pada masa lalu. Selain dua alasan di atas, ada juga kemungkinan lainnya mengapa Pemerintah Dunia mengincar Robin.

Seperti yang kita ketahui, Poneglyph terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari yang berisi sejarah, sampai yang isinya adalah petunjuk menuju Laugh Tale. Bisa jadi, alasan mengapa Robin diincar adalah pihak PD tidak mau Luffy dan kelompok Topi Jermai berhasil pergi ke Laugh Tale. karena, jika kemudian Luffy berhasil, seperti yang diucapkan oleh Whitebeard dan beberapa orang lainnya, dunia akan terbalik saat mengetahui apa yang terjadi sebenarnya dengan dunia ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.