Haki merupakan salah satu sumber kekuatan yang berasal dari dunia One Piece. Semua orang memiliki Haki, namun untuk membangkitkannya diperlukan tekad yang kuat dan latihan keras. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menggunakan Haki dan menjadi orang-orang kuat. Haki dibagi menjadi tiga yaitu Haoshoku Haki, Busoshoku Haki dan Kenbunshoku Haki. Semakin fokus penguasaan Haki seseorang maka orang itu akan menjadi lebih kuat.

Namun kemunculan Haki memiliki sedikit perbedaan antara manga dan animenya. Bahkan bagi beberapa negara istilah “Haki” memiliki makna yang berbeda-beda sesuai subtitlenya masing-masing. Sehingga bagi penikmat anime dan manga One Piece, mereka akan mengetahui perbedaan apa saja mengenai Haki. Berikut 3 perbedaan Haki di anime dan manga.

Korban Haoshoku Haki

Haoshoku Haki adalah jenis Haki yang cukup hebat. Teknik ini bisa membuat banyak korban tewas seketika karena tidak kuat menahan tekanan yang dikeluarkan penggunanya. Haoshoku Haki hanya dimiliki beberapa orang kuat saja di One Piece, salah satunya adalah Kaido, Luffy, dan lain-lain. Haoshoku Haki menjadi Haki yang pertama kali Luffy bangkitkan saat Perang Besar di Marineford secara tidak sengaja.

Jika di manganya, korban Haoshoku Haki akan langsung pingsan seketika dengan mulut penuh dengan busa. Tidak sedikit orang yang akhirnya tewas terkena serangan jantung karena Haoshoku Haki. Sedangkan di animenya korban Haoshoku Haki hanya pingsan tanpa memperlihatkan gejala apapun. Jadi di animenya, terlihat seperti pingsan biasa tanpa terluka sama sekali.

Gelombang Haoshoku Haki & Busoshoku Haki

Di animenya ketika seseorang menggunakan Haoshoku Haki dan Busoshoku Haki, akan tercipta semacam gelombang kejut mirip seperti efek Gura gura no Mi. Biasanya gelombang itu akan memiliki semacam warna khusus untuk menandakan sejauh mana efek Haoshoku Haki dan Busoshoku Haki. Di film One Piece: Z, gelombang kejutnya berwarna ungu. Sedangkan di beberapa episodenya gelombang kejutnya berwarna biru tua. Efek tersebut digunakan untuk mendramatisir keadaan saat kedua jenis Haki itu diaktifkan.

Sedangkan di manga One Piece efek semacam itu tidak diperlihatkan. Jadi ketika Haoshoku Haki ataupun Busoshoku Haki aktif tidak ada semacam tanda yang menunjukan hal tersebut. Bisa jadi tanda itu dihilangkan karena manga Jepang memang tidak memiliki warna.

Warna Haki

Manga One Piece tidak memperlihatkan warna Haki dari masing-masing karakter. Sehingga semua Haki di manga tidak memiliki warna. Sedangkan di animenya setiap Haki memiliki warna masing-masing yang cukup unik. Haki milik Luffy berwarna merah Maroon, Haki Doflamingo berwarna ungu, Haki milik Big Mom berwarna pink, dan beberapa warna Haki lainnya.

Penggemar yang menyukai anime dan manga mungkin tidak akan mempermasalahkannya. Sebab mereka bisa membayangkan warna-warna Haki yang ada di anime untuk digunakan di manga. Namun untuk para penggemar manga, mungkin beberapa dari mereka tidak tahu bahwa Haki memiliki warna yang berbeda-beda. Bagaimana menurut kalian, apakah perbedaan semacam ini mengganggu ketika menikmati serial One Piece?