Seri Kamen Rider telah ada sejak tahun 70-an dan semakin membesar hingga sekarang. Serinya selalu menceritakan seorang laki-laki yang bisa berubah menjadi pahlawan bertopeng yang mengendarai motor untuk mengalahkan lawan-lawannya. Keunikan cerita yang dimilikinya membuat seri ini menginspirasi waralaba lain.

Seiring berjalannya waktu, Kamen Rider berevolusi menjadi lebih baik, hingga akhirnya, era Kamen Rider secara spesifik dibagi menjadi dua, yaitu era Heisei dan Showa. Dua era ini sangat berbeda dan memiliki cirikhasnya masing-masing . Namun manakah yang lebih baik dari dua era tersebut?

Era Showa

Di era Showa, Kamen Rider jarang memiliki senjata canggih dan lebih berfokus pada pertarungan fisik. Mereka memang memiliki kendaraan khusus, namun persenjataan mereka masih sangat terbatas. Biasanya, mereka hanya menggunakan pistol dan pedang sebagai senjata secondary. Jadi pada masa itu, para Kamen Rider lebih menggunakan ilmu bela diri mereka untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Cara Henshin ikonik yang digunakan para Kamen Rider juga tidak beragam, mereka hanya menggerakan kedua tangannya, membentuk sebuah simbol, dan memiliki sebuah belt sederhana untuk berubah. Salah satu teknik yang sering digunakan Kamen Rider era Showa adalah Rider Kick, sebuah teknik yang membuat mereka memiliki tendangan yang kuat. Teknik ini biasanya digunakan saat monster yang menjadi lawannya akan segera dihabisi, sehingga hanya digunakan menjelang akhir pertarungan saja.

Era Heisei

Era Heisei dimulai sejak tahun 2000-an ketika Kamen Rider Kuuga rilis. Kuga merupakan Kamen Rider pertama era Heisei yang memiliki berbagai macam teknik serangan menarik. Setelah era Kamen Rider Kuuga, para Kamen Rider memiliki beberapa senjata khusus yang digunakan untuk melawan monster kuat. Seiring berkembangnya Kamen Rider, senjata yang mereka gunakan menjadi lebih berkembang dan canggih.

Kekuatan monster yang mereka lawan setiap tahun juga semakin meningkat, sehingga setiap Kamen Rider baru pasti memiliki jenis kekuatan berbeda. Bahkan ada salah satu penjahat yang bisa menggunakan semua kekuatan Kamen Rider di film Kamen Rider Wizard. Sumber kekuatan Kamen Rider di era Heisei juga lebih beragam, seperti Kamen Rider Ryuki yang berasal dari kartu, Wizard dari batu cincin sihir, Kabuto dari kemajuan sains manusia dan lain-lain.

Manakah Yang Lebih Baik?

Dari segi persenjataan, era Heisei tentu lebih baik. Sebab pada era Heisei telah banyak perkembangan teknologi yang menunjang kekuatan para Kamen Rider. Sehingga mereka tidak perlu takut melawan monster yang kuat sekalipun. Alur ceritanya juga semakin beragam seiring berkembangnya konflik, seperti Kamen Rider Wizard yang memiliki konflik dengan dunia sihir, Gaim dengan masalah Yggdrasil, dan lain-lain.

Sedangkan era Showa masih menggunakan teknik sederhana dalam bertarung. Jadi bagi para penggemar yang masih ingin melihat pertarungan menggunakan tangan kosong gaya Kamen Rider, mungkin masih bisa menikmati era Showa. Konflik yang diangkat juga cukup sederhana sehingga para penggemar mudah mengerti jalan ceritanya. Gaya bertarung di era Showa juga membuat kekuatan Kamen Rider terkesan lebih realistis. Lantas bagaimana menurut kalian, manakah era yang lebih baik?