Aokiji adalah mantan admiral yang kuat. Dia adalah orang yang sangat menghormati kakek Luffy yaitu Garp dan memiliki caranya sendiri dalam menegakan keadilan. Selama Buster Call di Ohara, dia membiarkan Robin kabur agar memiliki kesempatan kedua melanjutkan hidup setelah semua anggota keluarganya tewas. Walau Aokiji tidak menyukai bajak laut, tetapi dia ingin menangkap mereka dengan cara yang bersih.

Itulah alasannya Aokiji masuk Angkatan Laut dan mengubah sistem yang menurutnya salah. Setelah pengunduran diri Sengoku, Aokiji dan Akainu berusaha memperebutkan kursi pemimpin Angkatan Laut. Namun, Aokiji harus kalah dalam perebutan tersebut.

 Setelah kalah dari Akainu, Aokiji memilih keluar dari Angkatan Laut. Aokiji sepertinya masih memiliki rencana untuk menegakan keadilan dengan caranya sendiri. Apakah Aokiji akan membantu Luffy di masa depan? Hingga sekarang Aokiji memang tidak memperlihatkan hawa permusuhan pada kelompok Topi Jerami. Dia lebih fokus dengan rencananya sendiri yang masih belum kita diketahui. Bisa jadi, Aokiji akan membantu Luffy demi mengalahkan Pemerintah Dunia dan menegakan keadilan yang sebenarnya.Melihat apa yang Aokiji lalukan, banyak yang berspekulasi bahwa ia akan bergabung dengan SWORD, sebuah kelompok rahasia yang dibuat oleh Angkatan Laut, namun mereka tidak diketahui oleh Pemerintah Dunia. Tujuan SWORD memang masih belum jelas, namun nampaknya kelompok ini terdiri dari orang-orang yang memiliki pikiran sama seperti Aokiji. Salah satu anggota SWORD yang telah diketahui adalah Coby dan X-drake. Mungkin saja SWORD adalah wujud kerja sama Angkatan Laut dan beberapa bajak laut, seperti yang dilakukan oleh Roger dan Garp di masa lalu saat berhadapan dengan bajak laut Rock.

Kemungkinan, Aokiji bekerja sama dengan Garp secara rahasia. Garp juga telah keluar dari Angkatan Laut setelah tragedi Perang Besar Marineford. Jadi nampaknya kedua karakter ini bisa bekerja sama dengan baik. Hingga sekarang Aokiji masih belum diperlihatkan sama sekali, mungkin saja dia akan keluar ketika Luffy berhadapan langsung dengan Pemerintah Dunia di masa depan. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah Aokiji benar-benar akan membantu Luffy ?