Monkey D. Garp merupakan kakek kandung Luffy yang sangat tegas dan disiplin. Dia adalah wakil Admiral Angkatan Laut yang sangat kuat. Garp terkenal sebagai pahlawan karena berhasil menumpas habis bajak laut Rock di masa lalu. Namun banyak pihak yang tidak tahu bahwa Garp dibantu oleh Roger saat itu. Hanya beberapa orang tertentu saja yang mengetahui kebenaran itu seperti sahabat dekatnya, Sengoku.

Meski telah berumur tua, Garp masih bisa menggunakan kekuatannya secara maksimal. Salah satu momen yang menunjukan kekuatan Garp adalah saat Luffy pergi dari Water Seven. Luffy bersama dengan kelompok bajak laut Topi Jerami awalnya dijanjikan kebebasan oleh Garp. Namun ternyata, Garp berubah pikiran dan menyerang Luffy menggunakan bola meriam yang dia lempar dengan tangan kosong.

Sayangnya hingga Garp keluar dari Angkatan Laut, Garp tidak pernah naik jabatan. Lantas apa alasannya? Sengoku pernah menawarkan kursi jabatan sebagai Admiral pada Garp setelah selesai mengalahkan Rock, namun Garp menolaknya mentah-mentah. Bagi Garp, dia memang menjunjung tinggi keadilan dan rasa hormat sebagai seorang Angkatan Laut. Namun Garp tidak berniat untuk menjadi kaki tangan Pemerintah Dunia.

Garp menganggap Pemerintah Dunia selalu mengambil langkah keliru untuk menuntaskan kejahatan. Salah satunya tindakan Pemerintah Dunia terhadap Ohara di masa lalu. Garp tidak sepakat jika hukum hanya berlaku pada orang-orang yang tidak memiliki kekuasaan dan lemah. Sedangkan penguasa seperti Tenryuubito bisa berbuat seenaknya. Garp juga membenci Tenryuubito, baginya mereka hanya sekelompok penjahat yang mendapat perlindungan dari Pemerintah Dunia.

Semakin tinggi jabatan seseorang di Angkatan Laut memang akan semakin dekat dengan Pemerintah Dunia. Sengoku saat masih menjabat sebagai Admiral juga memiliki wewenang untuk bertemu dan berdiskusi dengan para Gorosei dan Tenryuubito secara rahasia. Pemerintah Dunia memiliki hak untuk memberikan perintah pada Angkatan Laut melalui Sengoku sebagai pemimpin tertinggi dan dia selalu menuruti semua kemauan Pemerintah Dunia.

Akainu juga bernasib sama seperti Sengoku, padahal kedua karakter ini sama-sama memiliki kekuatan buah iblis yang luar biasa namun tidak ada satupun yang berani membantah Pemerintah Dunia. Setelah Ace meninggal Garp merasa bersalah, karena dia tidak bisa melindunginya seperti yang telah dia janjikan pada Roger dulu. Sekarang Garp tampak sedang melakukan gerakan rahasia untuk membereskan masalah yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia.

Sesaat ketika Morgan menyebarkan berita mengenai Sabo, Garp datang ke pulau Manusia Ikan dan berdiskusi dengan raja Neptune. Garp sepertinya menawarkan kerjasama dengan pihak kerajaan Ryugu. Masih menjadi misteri apa yang akan dilakukan Garp, namun nampaknya tindakan ini ada hubungannya dengan Pemerintah Dunia. Mungkin saja Garp membentuk sebuah aliansi untuk melawan Pemerintah Dunia secara diam-diam agar keadilan yang dia inginkan tercapai. Bagaimana menurut kalian, jika jadi Garp apakah mau menjabat menjadi Admiral?