Shaman King merupakan sebuah serial yang dibuat oleh Hiroyuki Takei pada tahun 1998 dan berakhir pada tahun 2004 silam. Bercerita mengenai petualangan Yoh Asakura yang bisa mengendalikan roh. Yoh memiliki impian untuk menjadi Shaman King dan memenangkan perlombaan di tournament Shaman Fight.

Karena Shaman King sangat populer, akhirnya Takei Sensei membuat sebuah spin off yang berjudul Shaman King: The Super Star. Manga ini rilis pertama kali pada tahun 2018 di Shonen Magazine Edge, dan ceritanya masih berlanjut hingga sekarang. Pihak Kodansha telah meluncurkan volume ke 5 Shaman King: The Super Star pada tanggal 6 Juli lalu. 

Sayangnya, Spinoff manga Shaman King terpaksa hiatus hingga waktu yang tidak ditentukan. Menurut informasi dari Anime News Network, Hiroyuki Takei terpaksa mengambil jeda karena ada sebuah kepentingan yang harus dia selesaikan. Pihak Shonen Magazine Edge berjanji pada para penggemar untuk memberikan update informasi apabila ada pengumuman baru dari Takei Sensei.

Sambil menunggu informasi terbaru mengenai manga Shaman King: The Super Star, para penggemar bisa menonton anime reboot Shaman King yang tayang di Netflix. Meski memiliki alur cerita yang kurang lebih sama seperti anime Shaman King yang rilis pada tahun 2000-an, namun ada beberapa detail berbeda yang membuat reboot anime Shaman King menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah tampilan audio dan visual baru yang bisa menarik minat para penggemar, terutama tampilan para roh saat digunakan dalam pertarungan

Shaman King Seasons 1 pertama kali rilis pada bulan agustus dan mendapat respon cukup positif dari para penggemar. Shaman King Season 1 berakhir ketika Yoh Asakura dan kawan-kawan sedang bersiap untuk turnamen Shaman Fight yang akan diselenggarakan di seasons 2 nanti. Shaman King Seasons 2 sedang tayang di Jepang, namun penayangan di seluruh dunia nampaknya baru akan dimulai pada tahun 2022. 

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.