Meski pun sering kali diperlihatkan sebagai sosok yang konyol, senang bercanda, dan sering melakukan hal aneh bersama Chopper dan Luffy, sosok Usopp memiliki peranan penting di kelompok Topi Jerami. Dia pun perlahan menjadi sosok yang pemberani, setelah sebelumnya dia menjadi salah satu dari tiga kru terlemah dan paling penakut selain Nami dan Chopper.

Usopp sendiri pada awalnya merupakan seorang pembohong besar, namun sekarang dia adalah salah satu penembak jitu paling terkenal di dunia. Meski pun sampai saat ini Usopp masih memiliki sikap penakutnya, rasanya tidak adil untuk mengatakan bahwa dia tidak tepat untuk berada di kru Topi Jerami. Bukan hanya kemampuan menembaknya yang luar biasa, namun juga bagaimana persenjataan Usopp dan penemuannya sering kali berhasil menyelamatkan seluruh kru.

Dalam time-skip selama dua tahun, Usopp berlatih bersama Heracles dan belajar tentang Pop Greens. Pop Greens sendiri merupakan biji dari sebuah tumbuhan yang mampu tumbuh dengan sangat cepat. Ketika ditembakan, maka tidak butuh waktu lama bagi Pop Greens tersebut untuk tumbuh. Contohnya adalah ketika Sunny hendak jatuh ke dasar laut, Pop Greens Usopp mampu dengan cepat menahan Sunny.

Selain mempelajari bagaimana caranya menggunakan Pop Greens, Heracles juga membuat Usopp berada dalam kondisi fisik sempurna. Bahkan, Nami sendiri mengakui bahwa tubuh Usopp menjadi jauh lebih kekar. Pasca menyelesaikan latihannya, Usopp kemudian membawa benih tersebut dan kemudian menembakannya seperti sebuah peluru dengan menggunakan ketapel andalannya, Kuro Kabuto.

Bahkan, Usopp juga memodifikasi Clima-Tact milik Nami untuk bisa menembakan Pop Greens seperti halnya Kabuto. Masing-masing Pop Green akan tumbuh menyesuaikan kondisinya. Terdapat tipe Pop Green yang akan tumbuh ketika mengenai targetnya, ada juga yang akan tumbuh ketika melayang di udara, ada juga yang tumbuh ketika Usopp memicunya seperti halnya sebuah jebakan.

Untuk memastikan Usopp tidak pernah kekurangan peluru Pop Green, dia pun menanam tanamannya di kapal Thousand Sunny. Sehingga dia bisa memanen dan menggunakan Pop Green kapan pun tanpa perlu khawatir kehabisan pelurunya. Masing-masing tanaman juga memiliki kegunaan yang berbeda. Misalnya ada tanaman yang hidup dan memangsa targetnya, seperti ketika Usopp menggunakan di sebuah bar saat kembali ke Sabaody.

Aergia Karayya: Tahukah Pian? Apa itu Pop Green [ポップグリーン] ? // One Piece

Meski pun sebagian besar tanaman bersifat ofensif, namun ada juga yang bersifat defensif, seperti yang digunakan untuk menahan kapal Sunny. Warna dari Pop Green juga bisa menentukan tanaman apa yang sedang digunakan dan apa efek yang muncul. Sebagai salah satu dari tiga karakter yang kurang kuat di kru Topi Jerami, rasanya memang pas bagi Usopp untuk memanfaatkan sesuatu – seperti Kabuto – untuk menjadi senjata andalannya.

Di sisi lain, hal ini pun sesuai dengan kemampuan dari Usopp yang merupakan penembak jitu dari kelompok Luffy.  Sehingga memanfaatkan tanaman yang mampu tumbuh dengan cepat sebagai senjata utamanya bisa dibilang sebagai sebuah solusi yang kreatif. Usopp mungkin tidak kuat secara fisik seperti Zoro, Luffy, atau Sanji, namun dia memiliki kecerdasan dan juga cukup ahli dalam hal strategi dan taktik.

Dengan menggunakan Pop Green, Usopp bisa menembak musuh dari jarak yang jauh. Tetapi, dari jarak dekat pun Usopp masih bisa memanfaatkan Pop Green ini. Dengan menggunakan kecerdasan ini, dia menjadi salah satu sosok yang diandalkan oleh rekan-rekannya. Usopp juga mampu memposisikan dirinya dengan yang lain, berkat kemampuannya dalam menggunakan Pop Green. Dan yang paling penting, Pop Green sendiri merupakan “senjata” yang memang cocok dengan kemampuan Usopp.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.