Kaido merupakan karakter terkuat di dunia One Piece saat ini. Dia dijuluki “makhluk paling kuat sedunia” karena ketahanan tubuhnya yang luar biasa dahsyat. Sudah puluhan hingga ribuan kali upaya untuk membunuh Kaido dilakukan, namun semuanya gagal. Sudah berulang-ulang kali juga Kaido berusaha mengakhiri hidupnya, tetapi semua usaha itu pun gagal.

Dengan kekuatan yang luar biasa dahsyat tersebut, tentunya membuat para fans bertanya-tanya bagaimana kemudian Kaido bisa dikalahkan. Saat ini, Luffy sendiri sedang menghadapi Kaido dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano Country. Meski pun Luffy sudah melakukan berbagai macam cara, pada kenyataanya Kaido masih terlalu tangguh bagi Luffy. Sudah tiga kali Luffy kalah menghadapi Kaido.

Bagaimana cara menghadapi dan mengalahkan Kaido sebenarnya juga menjadi masalah bagi Oda Sensei. Dalam sebuah wawancara beberapa tahun lalu, Oda sempat mengatakan bahwa dia masih belum mengetahui caranya untuk bisa membuat Kaido kalah. Oda menyebutkan bahwa dia tidak ingin Kaido kalah dengan hanya menggunakan pukulan atau semacamnya. Tetapi, sepertinya petunjuk bagaimana mengalah Kaido sudah diperlhatkan oleh Oda.

Dalam kolom SBS Volume 100 kemarin, terdapat salah seorang fan yang bertanya mengenai serangan Tougen Totsuka dan Kamusari. Fan tersebut bertanya apakah kedua serangan epik yang dilakukan oleh Kozuki Oden dan Gol D. Roger tersebut dilapisi oleh Haki Penguasa. Dan Oda pun mengonfirmasi pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa memang Kamusari dan Tougen Totsuka dilapisi oleh Haki Penguasa.

Inilah alasannya mengapa Oden langsung terhempas ketika dia diserang oleh Kamusari milik Roger. Dan ini juga mungkin alasannya mengapa Tougen Totsuka milik Kozuki Oden mampu meninggalkan bekas luka permanen di tubuh Kaido. Red Scabbards sendiri melakukan teknik yang sama dalam penyerangan ke Onigashima ini, namun seperti yang Kaido katakan bahwa serangan tersebut tidak sama seperti milik Oden. Hal tersebut kemungkinan besar karena Red Scabbards tidak memiliki kemampuan Haki Penguasa.

 

Berdasarkan hal tersebut, Oda seolah memberikan petunjuk bagaimana kemudian Luffy bisa mengalahkan Kaido. Yaitu dengan melapisi serangannya dengan Haki Penguasa. Sebenarnya, petunjuk mengenai serangan yang dilapisi Haki Penguasa bisa menjadi senjata melawan Kaido ini sempat diperlihatkan di chapter 1010 kemarin. Pertama, ketika Luffy tidak sengaja melapisi serangannya dengan Haki langka tersebut.

Luffy pada akhirnya menyadari bahwa Haki Penguasa ternyata bisa digunakan untuk hal lainnya, selain mengintimidasi lawan. Ini merupakan teknik yang dimiliki oleh pengguna Haki Penguasa tingkat lanjut. Luffy menyadari bahwa selama ini untuk menahan berbagai serangan Kaido menggunakan Haki Penguasa untuk melapisi tubuhnya. Dia juga melapisi serangannya dengan Haki Penguasa.

Setelah Luffy menyadari hal ini, dia pun kemudian menggunakan teknik yang sama untuk menyerang Kaido. Dan hasilnya memang tidak mengecewakan. Kaido pun berhasil tersungkur, dan hal itu cukup membuat Law terkejut dengan kekuatan Luffy. Selain itu, bagaimana teknik Asura milik Zoro yang mampu meninggalkan bekas luka di tubuh Kaido, karena Zoro melapisi serangannya dengan Haki Penguasa – meskipun tanpa disengaja – menjadi bukti lain dari hal ini.

Jadi, kesimpulannya, berdasarkan jawaban di kolom SBS dan juga fakta dalam cerita, Oda sepertinya sudah mengetahui bagaimana caranya untuk membuat Kaido kalah. Saat ini, Luffy sudah kembali bangkit dan siap kembali bertarung menghadapi Kaido. Dan baik Yamato atau pun Momonosuke memiliki kemampuan Haki Penguasa. Apakah kombinasi Haki ketiganya akan mampu kalahkan Kaido? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!