Monkey D. Dragon adalah salah satu misteri besar yang belum terpecahkan sampai saat ini. Kita belum tahu banyak tentang sosok Dragon, selain dia adalah ayah dari Luffy dan juga pemimpin Pasukan Revolusi. Kita masih belum tahu apa kekuatan dari Dragon, sampai sejauh mana level kekuatannya, dan yang paling utama adalah apakah Dragon adalah pengguna kekuatan buah iblis?

Meski pun belum diketahui jawabannya, banyak fans meyakini bahwa Monkey D. Dragon adalah pengguna buah iblis. Namun, pertanyaannya kemudian buah iblis apa yang merupakan milik Dragon. Sejauh ini banyak teori yang mencoba membahas mengenai hal ini, yang paling santer adalah Dragon kemungkinan mewarisi kekuatan buah iblis milik sang raja bajak laut, Gol D. Roger.

Namun, bagaimana jika kemudian Dragon memiliki kemampuan buah iblis lain, yang tidak ada kaitannya dengan Roger. Terdapat sebuah teori menarik lain yang mencoba memberikan penjelasan mengenai buah iblis Dragon. Dalam teorinya disebutkan bahwa buah iblis Dragon kemungkinan ada kaitannya dengan binatang monyet atau kera. Pasalnya, sejauh ini cerita One Piece belum pernah menghadirkan buah iblis yang berkaitan dengan binatang tersebut.

Sun Wukong, the Monkey King – Mythopedia

Dan disadari atau tidak, meski  pun nama mereka adalah “Monkey D.” namun, tidak ada satupun kekuatan mereka yang mirip atau memiliki koneksi dengan kera. Karena itulah sang pembuat teori ini kemudian memberikan sebuah spekulasi menarik, di mana kemungkinan Dragon memiliki kemampuan buah iblis yang ada kaitannya dengan sosok legendaris dari mitologi Tiongkok, Sun Wukong.

Dari segi cerita sebenarnya tidak ada yang mustahil, mengingat kita sudah melihat ada buah iblis yang memiliki koneksi dengan Buddha, yaitu Sengoku. Menurut teorinya juga ada beberapa koneksi diantara kedua karakter tersebut. Pertama, Sun Wukong bertarung melawan para dewa. Sun Wukong diketahui merupakan salah satu karakter yang berani menentang dewa jika dianggap salah atau jahat.

Dragon sendiri juga saat ini merupakan musuh dari para “dewa” atau dalam cerita One Piece disebut sebagai kaum naga langit. Dan dia juga merupakan pemimpin dari Pasukan Revolusi, pasukan yang memiliki tujuan dan pandangan yang sama dengan Dragon. Sun Wukong mampu memanipulasi angin serta elemen lainnya, dan Dragon juga sepertinya memiliki kemampuan yang sama dengan Wukong.

Seperti yang banyak dijelaskan, dalam setiap kemunculan Dragon pasti selalu ada angin atau badai yang muncul di wilayah tersebut. Sun Wukong menutupi wajahnya dari para manusia dengan menggunakan jubah atau penutup kepala. Dragon, dalam banyak penampilannya, juga menggunakan jubah yang menutupi seluruh wajahnya.

Sun Wukong juga diceritakan memiliki perselisihan dengan sang Buddha. Sengoku, yang memiliki buah iblis Buddha, mungkin adalah musuh utama dari Dragon. Sun Wukong merupakan seekor kera, dan Monkey D. Dragon memiliki “kera” di dalam namanya. Teori ini sebenarnya menarik dilihat dari adanya koneksi dan juga kesamaan lain. Kita nantikan saja ya Geeks apakah memang buah iblis Dragon ada kaitannya dengan Sun Wukong.