Sanji Vinsmoke merupakan karakter yang bisa dibilang underrated atau kurang begitu diperhitungkan jika dibandingkan dengan rekannya yang lain di kru Topi Jerami, yaitu Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro. Memang, dari segi kekuatan dan kemampuan Sanji bisa dikatakan dibawah mereka berdua – tidak terlalu jauh jaraknya dengan Zoro. Tetapi, kemampuan Sanji juga sebenarnya tidak kalah dahsyat.

Selain dalam hal kekuatan, Sanji juga menjadi karakter yang kurang begitu diperhitungkan sebagai wakil kapten karena “tertutupi” oleh popularitas Zoro. Padahal, Sanji sebenarnya memiliki berbagai hal yang cocok untuk menjadi wakil kapten. Meskipun begitu, sepertinya Sanji sudah puas menjalani perannya sebagai koki dan menjadi ‘nomor 3’ di kru tersebut, selama ada teman-temannya.

Berbicara mengenai kekuatan Sanji, sebagian dari para fans One Piece ada yang komplain bagaimana Oda Sensei memberikan peningkatan terlalu signifikan terhadap Sanji ketika dia mendapatkan Raid Suit. Namun, sebenarnya Raid Suit merupakan peningkatan kekuatan yang sengaja Oda berikan kepada Sanji. Seperti yang disebutkan di atas, dari segi kekuatan Sanji ada di bawah kedua rekannya.

Sebenarnya, sudah sejak lama Oda Sensei ingin memberikan sebuah senjata yang dahsyat kepada Sanji, dan kekuatan yang muncul berkat Raid Suit bukanlah sesuatu yang asal, atau hanya sekedar ada. Oda sudah merencanakannya sejak lama, bahkan jauh sebelum time-skip terjadi. Benarkah demikian? Kita bisa melihat ada dua hal yang selama ini diperlihatkan dalam ceritanya.

Pertama, setiap anggota kelompok Topi Jerami pasti memiliki sebuah kemampuan khusus atau unik. Jika mereka tidak memiliki kemampuan khusus tersebut, mereka akan memiliki sebuah senjata yang memang sangat sesuai dengan kepribadian mereka. Contohnya, Nami yang memiliki Clima Tact, kemudian Usopp memiliki senjata Kabuto, Franky dengan berbagai persenjataan yang dia miliki di tubuhnya, atau Zoro yang memiliki tiga pedang.

Dengan Sanji yang mendapatkan Raid Suit, maka semuanya sudah komplit. Sanji menjadi “orang terakhir” yang mendapatkan senjata andalannya. Sanji sendiri selama ini sering kali menghadapi musuh yang memang memiliki kemampuan bela diri, atau mereka dikenal karena teknik mereka. Contohnya, dalam arc Baratie, Sanji mengalahkan Pearl yang bisa membakar dirinya sendiri.

Sanji pun kemudian menemukan teknik untuk menghadapi Pearl yaitu Diable Jambe. Dalam arc Arlong Park, Kuroobi dan Sanji bertarung di bawah air, karena dianggap memberikan keuntungan bagi sang manusia ikan. Sanji pun kemudian berhasil menemukan teknik untuk bertarung di bawah air yaitu Blue Walk. Di Enies Lobby, Jabra menggunakan teknik Tekkai, yang membuat tubuhnya menjadi keras. Selain itu, Jabra juga menggunakan teknik Geppo dan Soru.

Meski pun begitu, dengan berbagai teknik yang dia miliki, Sanji pun bisa mengalahkan Jabra. Di Thriller Bark, Sanji harus menghadapi Absalom yang memiliki kemampuan untuk menghilang. Teknik ini sama seperti salah satu kemampuan Raid Suit. Jadi, kesimpulannya adalah kemampuan yang ada di Raid Suit sebenarnya merupakan kemampuan yang sebelumnya pernah diperlihatkan atau diberikan petunjuk oleh Oda selama 13 tahun terakhir. Raid Suit adalah senjata terkuat yang dimiliki Sanji saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.