Mengapa buah iblis buatan Vegapunk yang dimakan oleh Momonosuke dianggap sebagai buah iblis yang gagal? Inilah mungkin pertanyaan yang muncul di kalangan para fans, melihat apa yang dijelaskan oleh anggota CP-0 di salah satu chapter di seri manga One Piece. Ini juga yang menjadi materi diskusi hangat di kalangan para fans.

Seperti yang kita ketahui, buah iblis merupakan salah satu elemen yang menarik dalam seri One Piece. Meski pun begitu, Eiichiro Oda masih belum memberikan penjelasan detail tentang buah iblis. Karena itulah berbagai hal mengenai buah iblis masih menjadi misterius. Dan karena misterius itulah materi buah iblis selalu menjadi pembahasan menarik di kalangan para fans.

Salah satu pertanyaan yang muncul mengenai buah iblis adalah dari mana asal buah ajaib tersebut. Ada banyak teori di kalangan fans yang mencoba menjelaskan mengenai hal ini. Namun, yang menarik adalah dalam dunia One Piece ternyata ada pula sosok yang berusaha untuk menciptakan buah iblis. Dia adalah Dr. Vegapunk, ilmuwan jenius yang sekarang bekerja untuk Pemerintah Dunia.

Dr. Vegapunk diketahui mengerjakan proyek untuk meneliti buah iblis sejak lama. Dan salah satu “karya” yang dia bisa ciptakan adalah buah iblis Zoan buatan yang dimakan oleh Momonosuke. Setelah memakan buah iblis buatan tersebut di Punk Hazard, Momo kini bisa berubah menjadi seekor naga besar seperti halnya Kaido.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Di chapter 1007, salah satu anggota CP-0 menjelaskan bahwa dahulu, ketika Kaido ditangkap oleh angkatan laut, Kaido sempat menjadi subyek uji coba Dr. Vegapunk. Vegapunk mencoba melakukan uji coba tentang lineage factor kepada Kaido, yang kemudian dipindahkan ke buah iblis ciptaanya. Namun, ada hal menarik yang muncul di chapter tersebut terkait dengan buah iblis buatan itu.

Anggota CP-0 tersebut menyebutkan bahwa buah iblis buatan Vegapunk, yang dimakan oleh Momonosuke, adalah buah iblis yang gagal. Mengapa kemudian buah iblis ini dianggap buah iblis gagal, padahal sebenarnya buah iblisnya jauh lebih sukses dibandingkan dengan buah iblis buatan Caesar Clown, yaitu buah iblis SMILE? Inilah yang kemudian banyak didiskusikan para penggemar.

Questa immagine ha l'attributo alt vuoto; il nome del file è dq1.pngBanyak teori yang muncul dari hal ini, di artikel lain disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa Vegapunk sengaja memalsukan status buah iblis tersebut, karena dia tidak ingin buah iblisnya digunakan Pemerintah Dunia. Namun, ada juga teori lain yang muncul menyebutkan bahwa hal itu ada kaitannya dengan ras Kaido. Ini bisa dilihat di chapter 1025 kemarin.

Dalam chapternya, Oda Sensei mengonfirmasi bahwa Yamato adalah memang benar-benar bagian dari ras atau klan ‘Oni’ atau iblis. Setelah Kaido berhasil menumbangkan Yamato, Kaido menyatakan bahwa semua tindakan baik yang dilakukan oleh para samurai atau manusia lain, sebenarnya dilakukan bukan karena dasar baik. Melainkan, karena mereka takut terhadap Yamato yang merupakan bagian dari ras iblis.

Selain itu, Kaido juga menjelaskan bahwa sudah menjadi tujuan dalam hidupnya untuk membuat manusia bertekut lutut di hadapan mereka. Oni sendiri dalam mitologi Jepang merupakan salah satu jenis youkai, setan, iblis, atau semacamnya. Biasanya mereka digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan dengan tubuh besar dan memiliki tanduk di kepalanya.

Sering kali juga, mereka digambarkan memiliki beragam warna mulai dari merah, biru, bahkan mutih. Mereka mengenakan semacam kain bermotif loreng dan membawa tongkat mirip seperti milik Kaido dan Yamato. Dalam teorinya, dijelaskan bahwa ada kemungkinan “kegagalan” buah iblis buatan Vegapunk bisa jadi dikarenakan Vegapunk sebenarnya bukan ingin membuat buah iblis naga, melainkan buah iblis Oni yang berasal dari klan Kaido.

Ada detail penting yang bisa mendukung teori ini. Jika Geeks perhatikan, Big Mom menyebut Kaido sebagai “Creature” atau makhluk. Sedangkan pihak angkatan laut sendiri menganggap Kaido sebagai “World’s Strongest Creature” atau makhluk paling kuat di dunia. Penggunaan kata “makhluk” ini bisa jadi merujuk pada klan dari Kaido yang merupakan seorang Oni.

Jadi kesimpulannya, Vegapunk dan Pemerintah Dunia melalui Vegapunk sebenarnya berusaha untuk membuat buah iblis yang mampu merubah seseorang menjadi seorang Oni. Caranya adalah dengan meneliti DNA atau Lineage Factor dari Kaido. Apakah artinya Pemerintah Dunia berencana membuat pasukan Oni? Atau justru mereka berusaha membuat pasukan yang kekuatannya mirip seperti ras Oni? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!