TV series Hawkeye merupakan salah satu series yang banyak dinantikan oleh para fans Marvel Cinematic Universe di Phase 4 ini. Kepopuleran Hawkeye pada kenyataanya tidak kalah dari karakter lain seperti Hulk, Iron Man, Captain America, atau bahkan Black Widow. Banyak para fans yang terkesima dengan akting Jeremy Renner yang berperan sebagai Clint Barton.

Dengan akting yang apik selama penampilannya di MCU, membuat para fans menginginkan Hawkeye mendapatkan filmnya. Setelah sekian lama digaungkan, meski pun bukan sebuah film layar lebar seperti halnya Black Widow, Marvel Studios akhirnya mendengar keinginan para fans. Hawkeye akan mendapatkan serinya yang direncanakan tayang pada November mendatang.

Untuk mempromosikan serinya, Marvel pun resmi merilis trailer perdana Hawkeye pada Senin kemarin waktu Amerika. Ada banyak sekali hal yang dihadirkan dalam trailer yang berdurasi dua menit tersebut. Misalnya, kita bisa melihat “Rogers The Musical” yang mungkin banyak diinginkan para fans di dunia nyata. Kemudian kemunculan Lucky, anjing kesayangan Clint.

Disney+'s Hawkeye and the Need for Deaf Representation | The Mary SueDan tentunya kita juga diperlihatkan kelompok mafia asal Eropa Timur yang akan menjadi villain utama di serinya, yaitu Tracksuit Draculas atau “Tracksuit Mafia,” istilah yang diberikan para fans. Namun, terdapat sebuah detail menarik yang juga dihadirkan di trailernya ini. Jika Geeks perhatikan, sebenarnya sosok Clint diperlihatkan menggunakan sebuah alat bantu dengar di bagian telinga kirinya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Momen tersebut bisa dilihat pada detik ke 26, ketika dia sedang berbicara dengan anak perempuannya. Memang dengan warnanya yang menyerupai kulit, sulit untuk dilihat jika tidak diperhatikan dengan teliti. Meski pun bisa saja alat tersebut diasumsikan sebagai alat komunikasi – di mana alat tersebut digunakan untuk mendengar radio kepolisian – tetapi dari bentuknya benar-benar sangat mirip dengan sebuah alat bantu dengar yang biasa digunakan oleh mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

Masih belum diketahui apa yang membuat Clint harus menggunakan alat pendengaran, karena trailernya sendiri tidak memberikan konteks apa pun untuk hal ini. Namun, bisa diasumsikan bahwa hal itu dikarenakan apa yang sudah dia lalui selama ini, terutama saat dia menjadi bagian Avengers. Semua ledakan dan hal epik lainnya mungkin pada akhirnya membuat Clint akhirnya harus kehilangan pendengarannya.

Sebenarnya, Clint yang menggunakan alat bantu dengar merupakan hal yang memang diperlihatkan di komiknya dan menjadi salah satu sejarah dari Clint Barton. Marvel Comics beberapa kali memperlihatkan Clint harus kehilangan pendengarannya. Contohnya dalam komik Hawkeye #4 karya Mark Gruenwald pada 1983, memperlihatkan Hawkeye dibuat tuli setelah dia tertangkap oleh Crossfire.

Hawkeye's Hearing Aids Are a Call Back to Classic Marvel Comics - Den of GeekMockingbird sendiri kemudian menguji coba sebuah mesin yang disebut Undertaker. Mesin itu bisa membuat semua orang yang terkena efeknya berubah menjadi kejam, penuh dengan kekerasan, dan mengerikan. Hawkeye sendiri kemudian menggunakan sebuah ujung panah yang mampu mengeluarkan gelombang suara besar dan kemudian memasukannya ke mulutnya.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan efek mesin Undertaker, dan pada kenyataanya trik tersebut berhasil. Sayangnya, hal itu harus dibayar mahal dengan hancurnya gendang telinga Clint, membuatnya harus menjadi tuli dan membutuhkan sebuah alat bantu dengar. Pendengarannya sendiri kemudian sempat kembali pulih dalam cerita “House of M”, namun dalam Hawkeye Vol. 4 #15, Hawkeye kembali diperlihatkan tuli.

Hal tersebut terjadi setelah seorang villain bernama The Clown, menggunakan panah milik Hawkeye ke dekat telinganya. Elemen di mana Clint harus kehilangan pendengarannya menjadi pengalaman dan perkembangan karakter tersebut, meski pun masalah pendengaran ini merupakan sesuatu yang belum pernah dihadirkan di MCU. Clint akan jadi yang pertama melakukannya.

Hawkeye Is Deaf In The Comics And SHOULD Be In The MCU As Well!Bagaimana Clint harus kehilangan pendengarannya juga menjadi sebuah elemen menarik dalam hubungannya dengan Kate Bishop dalam ceritanya nanti. Selain Clint, sebenarnya seri Hawkeye juga akan menghadirkan karakter maya Lopez alias Echo – karakter yang juga seorang tunarungu – di mana bisa jadi Maya akan membantu Clint untuk menghadapi kekurangannya tersebut.

Hal ini tentunya akan menghadirkan sesuatu yang baru bagi MCU, dan bisa jadi akan menghadirkan kebahagiaan bagi para fans komiknya dan juga mereka yang mengalami hal yang sama dengan Clint. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Clint menghadapi semuanya dengan harus kehilangan pendengarannya. Apakah dia akan sanggup melakukannya?