Otsutsuki merupakan klan jahat yang berencana menyerap kehidupan di setiap planet menggunakan teknik pohon suci dan buah chakra. Namun, ketika mereka akan menyerap kehidupan di bumi, Kaguya dan Isshiki yang saat itu mendapat tugas mengalami masalah. Pada saat akan melaksanakan misinya, Kaguya malah jatuh cinta pada seorang manusia, dan memilih mengkhianati Isshiki. Misi Otsutsuki untuk menyerap kehidupan di Bumi pun gagal, imbas konflik antara Kaguya dan Isshiki.

Di era Boruto, klan Otsutsuki masih ingin menyelesaikan misi tersebut dengan memanen buah chakra. Otsutsuki sekarang menjadi musuh utama para shinobi yang berusaha mati-matian untuk melindungi bumi. Meski saat ini Isshiki  benar-benar dikalahkan oleh Naruto dan kawan-kawan, namun bisa jadi masih ada Otsutsuki baru yang akan menyelesaikan misi Isshiki dan Kaguya.

Menurut informasi yang beredar, jika para Otsutsuki terus berevolusi dengan memakan buah chakra, maka mereka akan menjadi dewa yang tidak tertandingi. Wujud dewa yang dimaksud sempat diperlihatkan dalam chapter 55, saat jiwa Isshiki memberikan tekad Otsutsuki pada Code. Saat itu, Isshiki berpesan pada Code untuk melanjutkan misi memanen buah chakra dan kemudian memakan buah tersebut, sehingga Code akan menjadi Otsutsuki baru di masa depan jika berhasil menuntaskan misi yang diberikan Isshiki.

Karena Code mendapat tugas untuk mengelilingi semua planet demi memanen buah chakra, maka tentunya tugas itu tidak ia lakukan sendirian. Pasti ada Otsutsuki lain yang akan membantu Code dalam menyelesaikan tugas tersebut. Bahkan bisa jadi wujud dewa tersebut telah dimiliki oleh salah satu anggota Otsutsuki yang belum pernah muncul dalam serinya. Mengingat anggota Otsutsuki berjumlah banyak, bisa jadi sebagian dari mereka masih berada di planet lain untuk menyerap kekuatannya.

Saat keadaan semakin terdesak, Code mungkin akan memanggil anggota Otsutsuki yang lain untuk bergabung dan bertarung bersama. Untuk sekarang, Code hanya dibantu oleh Eida dan Daemon. Baik Eida dan Daemon, keduanya memiliki potensi untuk mengkhianati Code karena mereka adalah ciptaan Amado, dan penuh dengan misteri.

Kemungkinan munculnya Otsutsuki baru memang sangat besar. Jika melihat sejarahnya, Otsutsuki juga masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Kita sendiri masih belum mengetahui secara pasti berapa jumlah anggota klan Otsutsuki. Jadi kemungkinan munculnya anggota baru masih sangat mungkin dan wajib diwaspadai oleh para shinobi di bumi.

Apalagi, klan Otsutsuki terkenal dengan kemampuanya untuk berpindah-pindah tempat menggunakan jutsu ruang dan waktu, seperti Urashiki yang sempat kembali ke masa lalu hanya demi mengambil Kurama di Naruto saat masih kecil. Jadi, jika nanti benar-benar ada anggota baru klan Otsutsuki datang ke bumi untuk membantu Code menyelesaikan tugas, maka mungkin saja pendatang baru tersebut akan memiliki kekuatan baru yang juga tak kalah dahsyat dengan Otsutsuki lainnya yang pernah muncul dalam serial Boruto. 

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.