Setelah sekian lama menjadi misteri, perlahan namun pasti akhirnya masa lalu dari Roronoa Zoro mulai diungkapkan oleh Eiichiro Oda. Dan selama di arc Wano inilah kita mendapatkan berbagai informasi yang mungkin memiliki keterkaitan dengan sosok Zoro. Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei sering kali merahasiakan masa lalu dari para karakter di cerita One Piece.

Contohnya kita tidak tahu siapa orang tua Monkey D. Luffy, protagonis utama ceritanya. Di arc Water Seven barulah kita tahu bahwa Luffy memiliki seorang kakek yang merupakan wakil admiral dan ayah yang merupakan pemimpin Pasukan Revolusi. Begitu juga dengan Sanji yang selama ini diketahui dekat dengan sosok Zeff, yang sudah dianggap sebagai ayahnya sendiri.

Di arc Whole Cake Island akhirnya terungkap bahwa Sanji merupakan anak dari Vinsmoke Judge, pemimpin kerajaan Germa. Para fans sendiri penasaran mengenai masa lalu dari Zoro, namun di arc Wano ini para fans pun meyakini bahwa Wano dan Zoro memang memiliki koneksi. Satu persatu petunjuk pun mulai diperlihatkan oleh Oda Sensei mengenai koneksi tersebut.

Contohnya adalah ketika Zoro mengajari Momonosuke berpedang, Zoro juga sempat mengajari momo menggunakan kata “Sunacchi” yang bagi penduduk Wano adalah kata yang “tabu.” Hanya orang-orang lama yang menggunakan kata tersebut. Para fans sendiri kemudian berasumsi bahwa Zoro memiliki koneksi dengan klan Shimotsuki, salah satu klan yang dianggap penting di Wano.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Hal tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Oda Sensei dalam sebuah kolom SBS Volume 96. Di chapter 1023, Kawamatsu mengungkapkan bahwa ada alasan mengapa dirinya tidak bisa menghentikan Hiyori yang memberikan pedang Enma milik sang ayah, Kozuki Oden, kepada Zoro. Dan yang paling epik adalah ketika Hyogoro menyatakan bahwa Zoro memiliki kemiripan dengan sosok Shimotsuki Ushimaru dan juga Shimotsuki Ryuma, yang  sama-sama samurai bermata satu. Fakta tersebut semakin memperkuat bahwa memang Zoro merupakan bagian dari klan Shimotsuki.

Warisan Tekad

Seperti yang disebutkan di atas, Oda sudah mengonfirmasi mengenai adanya koneksi antara Zoro dan juga klan Shimotsuki. Selain dari garis keturunan yang disebutkan dalam kolom SBS, Oda sendiri sebenarnya sudah memberikan berbagai petunjuk yang diperlihatkan dalam cerita. Dan banyak yang berasumsi bahwa Zoro sebenarnya mewarisi tekad dari klan Shimotsuki.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa contoh. Pertama, Zoro menjalin hubungan dengan Shimotsuki Yasuie, yang kemudian memaksanya untuk membalas dendam atas kematiannya kepada Orochi. Dalam proses eksekusi Yasuie, dia menyebutkan bahwa sebenarnya Yasuie ingin menghancurkan kekejaman Orochi dan Kaido. Sayangnya, dia tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi kekuatan besar Kaido.

Shimotsuki Yasuie menunjukan semangat yang ditunjukan oleh klan Shimotsuki di mana dia tidak tunduk terhadap kekuatan Kaido. Ushimaru sendiri, di chapter 1024 kemarin, menyebutkan bahwa mereka tidak akan pernah mau untuk tunduk atau mengalah kepada Kaido. Dan ini juga yang sedang diperlihatkan oleh Zoro dalam pertempuran di Onigashima.

Onimaru, rubah yang menjadi teman bagi Shimotsuki Ushimaru, sepertinya menyadari bahwa Zoro memang memiliki kemiripan dengan sang tuan. Onimaru mungkin merasakan sesuatu dari sosok Zoro, terlepas dari kekecewaanya saat dia mengetahui bahwa Zoro tidak memahami seberapa penting Shusui bagi penduduk Wano.

Kawamatsu kemudian menyebutkan bahwa datangnya Zoro ke Wano dan kemudian mengembalikan Shusui, tidak lain adalah takdir. Para penduduk Wano meyakini bahwa hilangnya pedang Shusui dianggap sebagai penyebab terjadinya kekacauan di Wano. Dan dengan sudah kembalinya Shusui ke Wano, maka ada secercah harapan muncul di mana Wano akan kembali seperti semula.

Zoro sendiri saat ini sedang bertarung di Wano. Dan bukan tidak mungkin setelah semuanya selesai, Zoro akan dianggap sebagai sosok yang tidak kalah hebat dari Ryuma. Bahkan, mereka juga mungkin akan memuja sosok Zoro seperti halnya yang mereka lakukan terhadap Ryuma, yang mereka anggap sebagai pelindung Wano. Dan dengan begitu, kita sudah melihat bagaimana Zoro mewarisi tekad klan Shimotsuki.