Jougan adalah salah satu kemampuan Boruto yang masih menjadi misteri, bahkan sampai saat ini. Pasalnya Jougan milik Boruto hanya ditampilkan beberapa kali saja, baik di animenya mau pun di versi manga. Dan juga masih banyak informasi yang belum terungkap dari jurus mata atau Doujutsu ini. Karena itulah Banyak fans yang penasaran dengan kemampuan ini.

Dari apa yang diketahui dari ceritanya, mata tersebut sangatlah kuat. Ada beberapa kemampuan yang sudah diperlihatkan oleh Kishimoto tentang kekuatan dari Jogan. Tentunya akan sangat dinantikan oleh para fans, jika Kishimoto kembali memberikan informasi lainnya mengenai doujutsu unik milik Boruto ini. Dan berdasarkan salah satu teori yang berkembang, Doujutsu ini mampu menghentikan waktu.

Berdasarkan dari apa yang diketahui sejauh ini mengenai kemampuan Jougan, dengan mengaktifkan kekuatan ini sang pengguna dapat melihat dan merasakan aliran chakra seseorang. Dalam franchise Naruto, chakra adalah energi dalam tubuh yang digunakan untuk mengeluarkan sebuah jurus. Maka, dengan mata Jougan Boruto mampu melacak energi chakra dari musuhnya.

Kisah Kagemasa Menggambarkan Masa Depan Boruto? | Anime Sekai

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Di masa depan, tentu saja Boruto dapat melacak siapa pun tanpa kesulitan. Bahkan dengan Jougan, Boruto bisa menyerang titik chakra pada musuhnya, yang membuat musuh melemah. Ada teori yang mengatakan bahwa sebenarnya Jougan memiliki gabungan kemampuan dari Sharingan dan Byakugan. Tetapi hal tersebut belum terbukti.

Jougan juga bisa memindahkan penggunanya atau berteleportasi. Hal ini dilakukan ketika Boruto hendak mengulik tentang Nue. Atau ketika menghadapi Urashiki dan bahkan menghadapi Momoshiki. Namun, yang menarik adalah terdapat sebuah teori yang berkembang di kalangan fans yang menyatakan bahwa Jougan mampu untuk menghentikan waktu.

Dalam teorinya disebutkan bahwa kemampuan lain dari Jougan untuk bisa menghentikan waktu kemungkinan terinspirasi dari karakter “fiktif” yang muncul di dunia Boruto, yaitu Kagemasa. Kagemasa sendiri merupakan karakter pahlawan super yang muncul dalam sebuah film di ceritanya. Dia merupakan karakter favorit dari Boruto.

BORUTO設定 on Twitter: "KAGEMASA // カゲマサ①②③④… "

Kagemasa sendiri memiliki sebuah kemampuan doujutsu yang disebut sebagai “mata iblis.” Dengan kemampuan mata tersebut, Kagemasa mampu untuk menghentikan sekitarnya. Dan dengan menghentikan sekitarnya, dia pun bisa menghabisi semua musuh dengan mudah. Dan inilah yang kemudian menjadi dasar dari teorinya.

Dalam teori lainnya diungkapkan bahwa ada kemungkinan bahwa karakter Kagemasa merupakan “cerminan” dari Boruto. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal, contohnya adalah bagaimana Jougan milik Boruto hanya satu atau hanya di salah satu bagian matanya saja. Mata iblis milik Kagemasa pun sama, di mana kemampuan mata tersebut hanya ada di salah satu bagian saja.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bukan tidak mungkin jika kekuatan lain dari Jougan adalah menghentikan waktu. Ada dua kemungkinan mengapa hal itu terjadi. Pertama, mata tersebut yang menciptakan sebuah ruang di mana waktu berhenti. Mereka yang terjebak di ruangan tersebut tidak akan bisa bergerak, karena waktunya sudah dihentikan.

Kisah Kagemasa Menggambarkan Masa Depan Boruto? | Anime Sekai

Hal ini pun terjadi kepada Sasuke ketika dia melihat percakapan antara Boruto dan Momoshiki. Tubuhnya tidak bisa bergerak sama sekali, namun dia bisa melihat dan mendengar percakapan mereka. Asumsi kedua adalah mata tersebut yang kemudian membuat tubuh lawan tidak bisa bergerak, berkat adanya manipulasi dari mata tersebut.

Simpelnya, asumsi kedua bisa diibaratkan seperti halnya Genjutsu, hanya saja efek dan juga kekuatannya jauh lebih besar dan mengerikan dari Genjutsu. Detail lainnya yang menunjukan bahwa ada “koneksi” antara Kagemasa dan Boruto adalah Kagemasa mengatakan bahwa mata yang dia miliki tersebut akan membawa kehancuran bagi semua.

Ucapan tersebut mirip seperti apa yang diungkapkan Momoshiki dahulu kepada Boruto, di mana dia mengatakan bahwa mata biru Boruto itu akan membawa kehancuran dan menghancurkan semua yang dia miliki. Kesimpulannya, dengan melihat apa yang dimiliki oleh Kagemasa untuk bisa menghentikan waktu dan juga koneksinya dengan Boruto, maka ada kemungkinan bahwa Jougan Boruto pun mampu untuk bisa menghentikan waktu.