Sampai saat ini, Boruto Uzumaki masih belum bisa mengendalikan kemampuannya. Seperti yang kita ketahui, di dalam tubuh Boruto terdapat DNA dari Momoshiki Otsutsuki. Boruto menjadi wadah bagi Isshiki, setelah pertarungan mereka sebelumnya. Sebelum Momoshiki tewas, dia sempat menjadikan Boruto sebagai wadahnya, yang man hal itu membuat Boruto kini terikat dengan Momoshiki.

Boruto pun mendapatkan sebuah segel yang kemudian disebut segel Karma. Segel ini pasti dimiliki oleh mereka yang menjadi wadah bagi Otsutsuki. Memang, di sisi lain, segel Karma akan mampu memberikan kekuatan mengerikan dan dahsyat kepada pemiliknya. Namun, segel ini juga menjadi tanda bahwa sosok tersebut tidak akan memiliki waktu lama untuk hidup.

Hal tersebut dikarenakan setelah proses Otsutsukifikasi selesai, maka sang Otsutsuki di tubuh tersebut akan bangkit dan kemudian sosok pemilik tubuh aslinya akan tewas. Ini juga yang saat ini terjadi kepada Boruto, dan Naruto sendiri mencoba mencari jalan keluar untuk kondisinya tersebut. Boruto pun mencoba mencari cara untuk bisa lepas dari segel tersebut, sekaligus bisa mengendalikannya.

Di chapter 61 Boruto: Naruto Next Generation, kita diperlihatkan bagaimana Boruto dalam pengawasan ketat. Dikarenakan dia dan Kawaki menjadi incaran dari Code dan juga Eida. Menyadari hal ini Kawaki pun mencoba untuk mengendalikan situasi. Dia mencoba pergi dari Konoha dan membereskan masalah tersebut. Kawaki menggunakan teknik menghilangkan identitas chakra miliknya untuk bisa lolos dari ninja pengawas.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Meski pun begitu, Boruto, yang juga memiliki kekuatan Otsutsuki, mampu merasakan keberadaan Kawaki yang menjauh dari desa. Seperti dijelaskan di artikel lain, ada beberapa kemungkinan yang terjadi kepada Kawaki. Salah satu kemungkinannya adalah pertarungan melawan Code dan Eida. Menyadari Kawaki kabur dari Konoha, Boruto tentu tidak akan tinggal diam.

Boruto kemungkinan mengikuti Kawaki dan dia bisa jadi terlibat dalam pertarungan tersebut. Sayangnya, kemungkinan Boruto dan Kawaki akan kalah dalam pertarungan tersebut. Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan bahwa dalam waktu dekat Masashi Kishimoto akan menghadirkan time-skip di ceritanya. Seperti halnya Naruto, Boruto pun kemungkinan akan pergi berlatih.

Kawaki VS Boruto Uzumaki! - Boruto: Naruto NEXT GENERATIONS Folge/Episode 1 Review - YouTubeJika kita melihat ke seri sebelumnya, kita tahu bahwa Naruto pun sempat melakukan time-skip dari seri Naruto ke Naruto Shippuden. Lamanya time-skip ini sendiri adalah dua tahun. Dalam periode tersebut, Naruto dan seluruh shinobi muda Konoha lainnya berlatih dengan keras dan dengan perubahan dari anak-anak ke remaja maka penampilan mereka juga berubah.

Usia Naruto saat melakukan time-skip adalah 13 tahun, yang artinya ketika Naruto pulang kembali ke Konoha pasca latihan usianya sudah 15 tahun. Usia Boruto sendiri saat ini 12-13 tahun, usia yang sama seperti Naruto sebelum melakukan time-skip. Dan kemungkinan dia akan kembali ke Konoha di usianya yang ke 15 tahun, dengan berbagai perubahan yang juga terjadi di diri Boruto.

Boruto menyadari bahwa dia masih belum memahami segel Karma dan semua hal tentang Karma, termasuk bagaimana kemudian mengendalikannya. Karena itulah kemudian Kawaki dan Boruto mungkin akan pergi dari Konoha, dan mencoba mempelajari lebih banyak entang Karma. Namun, ada permasalahan besar yang harus dihadapi oleh Boruto jika memang time-skip jadi dilakukan.

ALASAN MOMOSHIKI MENGUTUK BORUTO UZUMAKIPertama adalah siapa yang akan mengajari Boruto. Yang paling memungkinkan adalah Sasuke Uchiha. Namun, Sasuke sendiri tidak tahun banyak mengenai segel Karma. Selama ini, Sasuke adalah sosok guru bagi Boruto menggantikan posisi sang ayah yang sangat sibuk sebagai Hokage. Boruto belajar banyak hal dari Sasuke. Sasuke bisa mengajari banyak hal kepada Boruto, terutama mungkin mengenai kemampuan bertarung.

Salah satu sosok lainnya adalah Kashin Koji. Kashin Koji memang nasibnya tidak diketahui bahkan sampai sekarang setelah dia terkena serangan dari Isshiki. Sebagian besar fans menganggap dia sudah tewas, meski pun sebagian lainnya berharap Kashin Koji masih hidup. Jika kemudian dia masih hidup, Kashin Koji mungkin bisa mengajari Boruto banyak hal.

Spoiler Boruto Episode 208: Boruto Tiba-tiba Berubah Jadi Momoshiki Otsutsuki dan Serap Cakra Naruto - Pikiran Rakyat BekasiPermasalahan selanjutnya adalah di mana dia akan berlatih. Mungkin Kishimoto akan mengikuti jejak Naruto, di mana Boruto akan menelururi berbagai wilayah, berpetualang untuk mencari tempat tebaik. Mungkin, bisa jadi pasca Boruto pulang kembali ke Konoha kita akan melihat peristiwa yang terjadi di awal serinya dimana Boruto bertarung melawan Kawaki di Konoha yang hancur.

Kita melihat bahwa Boruto dan Kawaki sudah menguasai segel Karma mereka dan yang paling penting adalah mereka dalam peristiwa tersebut sudah beranjak remaja. Apakah Kishimoto akan menghadirkan time-skip bagi cerita Boruto? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!