Apakah Zoro atau justru Luffy yang akan menghabisi Kaido dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano Country? Inilah perdebatan yang masih terus terjadi di kalangan para fans One Piece sampai saat ini. Sebagian fans beranggapan bahwa Luffy yang akan menghabisi Kaido, sedangkan sebagian fans lainnya beranggapan bahwa Zoro yang akan menghabisi Kaido.

Asumsi bahwa Zoro yang akan menghabisi Kaido memang dirasa masuk akal. Salah satu alasannya adalah karena arc Wano dianggap sebagai “panggung” bagi Roronoa Zoro, setelah di arc Whole Cake Island menjadi panggung bagi Sanji. Ada banyak hal yang sudah dihadirkan di ceritanya yang berkaitan dengan Zoro, seperti koneksinya dengan klan Shimotsuki.

Menghabisi Kaido pun menjadi hal lain yang diyakini para fans akan terjadi kepada Zoro. Dan ternyata petunjuk mengenai hal tersebut pun sudah ada sejak lama dihadirkan oleh Oda Sensei. Petunjuk tersebut muncul dalam Color Spread dari chapter 784. Dalam gambar tersebut diperlihatkan kru Topi Jerami sedang melakukan piknik di sebuah makam bersama para zombie.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Dalam pakaian yang dikenakan oleh Zoro, terdapat simbol tengkorak – yang diartikan sebagai simbol kematian – serta adanya tulisan ‘Ultimo’ yang dalam bahasa Spanyol berarti akhir. Dan di batu nisannya ternyata angka ‘944’. Dalam gambar tersebut Zoro duduk di atas sebuah makam. Semua petunjuk tersebut sebenarnya sempat memunculkan teori lain, di mana Zoro diasumsikan akan tewas pada chapter 944.

Namun, ternyata teori tersebut tidak terbukti. Seperti yang pernah dijelaskan di artikel lain, Oda Sensei tidak akan membunuh sebuah karakter ketika tujuan utama mereka belum terwujud atau tercapai. Sehingga teori tersebut pada akhirnya terbantahkan dan tidak terbukti. Muncul kemudian teori lainnya yang diadaptasi dari teori ini, terutama pada angka ‘944.’

Angka tersebut mungkin bukan menunjukan chapter, melainkan merujuk pada hal lain. Dalam hal ini adalah angka di Vivre Card, yang merupakan Kaidou. Berdasarkan hal tersebut, diteorikan bahwa kemungkinan yang akan tewas bukanlah Zoro melainkan Kaido, dan Zoro yang justru akan menghabisi Kaido dalam pertarungan final (ultimo) di arc ini.

Di chapter 1024 kemarin, kita kembali melihat bagaimana Zoro sudah kembali sadar dan dia kembali bertarung menghadapi King. Dengan sudah sadarnya Zoro, maka bukan tidak mungkin jika dia akan kembali naik ke atap dan bergabung dengan Luffy untuk menghadapi Kaido. Teori ini juga menyebutkan bahwa Zoro akan membunuh Kaido, karena inspirasi dari manga one-shot milik Oda, Monsters.

Manga pendek tersebut menghadirkan sosok protagonis utama yaitu Ryuma, yang diceritakan dia berhasil membunuh seekor naga. Dia merupakan ahli pedang paling kuat, dan memiliki level yang sama dengan sosok “King.” Setelah mengalahkan “King,” Ryuma kemudian kemudian berhasil menghabisi naga yang menyerang sebuah kota, dan kemudian menjadi ahli pedang nomor 1 di dunia.

Petunjuk lainnya adalah pedang Enma yang sekarang menjadi milik Zoro. Enma memiliki julukan sebagai “Dragon Slayer” atau pembunuh naga. Berdasarkan penjelasan di atas, memang Zoro memiliki peluang yang besar untuk kemudian menjadi sosok yang menghabisi Kaido di akhir ceritanya. Bagaimana menurut kalian Geeks?