Karakter transgender memang jarang muncul dalam serial One Piece, tetapi baru-baru ini, kita diperkenalkan salah satunya. Dalam Vivre Card Book, dijelaskan tentang Yamato. Ia adalah karakter yang masih tergolong baru karena baru diperkenalkan di Wano. Dalam Vivre Card Yamato, disebutkan bahwa ia lebih seperti seorang perempuan daripada laki-laki. Padahal sebelumnya Yamato diperkenalkan sebagai anak laki-laki Kaido yang sangat mengidolakan Oden.

Kasus semacam ini sedikit mirip dengan Morley dari Pasukan Revolusi. Vivre Card menjelaskan bahwa Morley adalah seorang Newkama yang artinya adalah seorang transgender. Vivre Card juga menjelaskan bahwa Morley memang memiliki penampilan seperti laki-laki paruh baya, namun memiliki hati seorang perempuan. Sehingga, Morley  terkenal sebagai seorang laki-laki yang memiliki sifat feminim.

Namun Vivre Card menjelaskan bahwa Morley merupakan seorang transgender tanpa melalui proses operasi ganti kelamin. Dia menjadi transgender hanya berdasarkan perasaannya saja, jadi secara spesifik jenis kelamin Morley tetap seorang pria, namun memiliki sifat dan hati layaknya perempuan. Bahkan saat Morley membicarakan seorang laki-laki, dia akan seperti seorang perempuan yang menyukai laki-laki dan saat membicarakan perempuan, Morley akan nampak seperti mengetahui dengan detail dunia perempuan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Persamaan inilah yang terjadi pada Yamato. Jadi sejak awal dia adalah anak perempuan, karena dilihat dari bentuk fisiknya. Bahkan saat Momonosuke bersembunyi dibalik baju Yamato, dia nampak malu-malu karena secara fisik Yamato tetaplah perempuan. Namun karena dia sangat mengidolakan Oden dan ingin menjadi seperti idolanya, maka Yamato selalu menganggap dirinya sebagai seorang laki-laki.

Sifat Yamato pun terkenal keras dan perkasa layaknya seorang laki-laki. Bahkan saat dia pertama kali bertemu dengan Ace dan membantu Luffy, Yamato nampak terlalu perkasa untuk seseorang yang memiliki penampilan sebagai perempuan. Jadi Morley dan Yamato sama-sama memiliki sifat yang bertolak belakang dengan jenis kelaminnya masing-masing. Persamaan inilah yang membuat kedua karakter ini dianggap sebagian orang sebagai transgender, dan menjadikan karakter dalam serial One Piece menjadi tambah beragam. Lantas bagaimana menurut kalian detail terbaru ini? Apakah kalian sepakat jika Yamato adalah perempuan?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.