Shanks si Rambut Merah merupakan salah satu penguasa samudera alias Yonko dalam cerita One Piece, selain Blackbeard, Big Mom, dan Kaido. Seperti halnya para Yonko lain, Shanks merupakan karakter yang sangat misterius. Dibandingkan Yonko lainnya, Shanks merupakan karakter yang muncul di awal cerita. Sayangnya, Oda Sensei masih belum banyak membahas mengenai kelompok Shanks.

Berbicara mengenai sosok Shanks, ada banyak hal yang menarik yang membedakannya dengan para kru bajak laut lainnya khususnya para Yonko lain. Misalnya seberapa besar kekuatan kru yang dimiliki oleh Shanks. Jika biasanya  Yonko memiliki  banyak armada dan divisi dalam kapal tersebut, Shanks justru hanya memiliki satu kapal saja yang digunakan olehnya dan juga para krunya. Dan yang menarik juga adalah kru dari Shanks terbilang sedikit.

Kita bisa membandingkan jumlah kru Shanks dengan kru kelompok Kaido, yang diketahui bisa mencapai puluhan ribu orang. Dan yang juga tidak kalah menarik mengenai kru dari kelompok Shanks adalah mereka adalah satu-satunya kru Yonko yang semuanya adalah manusia biasa. Kita bisa membandingkan hal tersebut dengan para Yonko lainnya. Contohnya adalah Big Mom.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Big Mom mengatakan bahwa dia memiliki sebuah keinginan besar di mana di wilayah yang menjadi markasnya, Totto Land, menjadi tempat yang nyaman bagi semua ras dan spesies. Dan faktanya, memang Totto Land memang menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi hampir semua ras dan spesies serta suku yang ada di dunia One Piece. Beberapa suku yang diketahui tinggal di Totto Land adalah manusia ikan, duyung, suku lengan panjang, mata tiga, dan masih banyak lainnya.

Yang juga epik adalah berbagai benda mati yang memiliki jiwa pun tinggal di Totto Land. Selain dari suku-suku di atas, benda mati atau hal lainnya yang memiliki penampilan unik disebut sebagai ‘Homies’ dan mereka tercipta berkat jiwa dimasukan ke benda tersebut akibat buah iblis Soru Soru no Mi. Big Mom sendiri masih menginginkan ras lainnya, dan salah satu ras yang dia incar adalah ras dari King.

Contoh kedua adalah Kaido. Hampir semua kru di kelompok Kaido merupakan pemakan buah iblis Zoan. Kaido juga memiliki kru yang berasal dari ras manusia ikan dan ras manusia bertanduk. Mungkin bisa dibilang dari semua anak buah Kaido di kelompok bajak laut Beast, hanya King yang identitasnya masih belum jelas – meski pun di chapter 1023 kemarin petunjuk besar menyebutkan bahwa King berasal dari suku Lunaria.

Selain memang para pengguna Zoan yang asli, Kaido juga memiliki kru yang merupakan pemakan buah iblis Zoan buatan yaitu SMILE. Kaido juga memiliki ras raksasa – yang gagal – yang dikenal sebagai Numbers. Contoh terakhir adalah Blackbeard. Blackbeard memiliki kru yang berasal dari suku bertanduk serta suku raksasa. Bukan tidak mungkin jika dia akan merekrut kekuatan besar lainnya mengingat dia adalah seorang Yonko.

Berdasarkan penjelasan di atas, wajar jika Shanks menjadi satu-satunya Yonko yang memiliki kru di mana seluruhnya adalah manusia biasa. Shanks diketahui tidak memiliki kru yang berasal dari suku atau ras lainnya. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan mengapa Shanks melakukan hal tersebut. Apakah memang Shanks memiliki sejarah buruk dengan ras lainnya atau mungkin ada alasan lain.

Namun, yang perlu dicatat  adalah meski pun seluruh kru dari kelompok Shanks adalah manusia biasa, seperti yang diungkapkan oleh pihak angkatan laut, mereka adalah kelompok Yonko yang paling seimbang dalam hal kekuatan. Artinya kekuatan dari kru bajak laut Shanks tidak berbeda jauh satu sama lain. Mereka hampir tidak memiliki kelemahan sebagai sebuah kelompok. Wajar jika reputasi dan nilai buruan mereka sangatlah tinggi. Bagaimana menurut kalian Geeks?