Di chapter pertama seri manga One Piece, Monkey D. Luffy, yang merupakan protagonis utama, menyatakan bahwa dia menginginkan 10 orang (men) untuk menjadi bagian dari krunya sebelum dia memulai petualangan di Grand Line. Banyak para fans yang merasa bahwa perkataan dari Luffy tersebut multitafsir. Banyak fans yang kemudian berspekulasi mengenai maksud Luffy tersebut.

Salah satu spekulasi yang berkembang adalah kemungkinan jumlah total krunya yaitu 13. Jumlah 13 kru untuk kelompok Topi Jerami ini juga nampaknya banyak “didukung” oleh para fans lain yang diwujudkan dalam berbagai teori. Setidaknya ada empat teori yang menyebutkan mengapa jumlah akhir dari kru Topi Jerami akan berjumlah 13 orang.

Empat Orang Per Laut

  • Sang Monster Terikat

Semua anggota pertama dari masing-masing lautan pertama kali diperkenalkan dalam kondisi terikat atau dirantai. Misalnya, dari wilayah East Blue kita diperkenalkan sosok Roronoa Zoro. Zoro diketahui memiliki julukan “Demonic Beasts” oleh Koby. Luffy sendiri menyelamatkan Zoro dari penjara Captain Morgan.

Kemudian dari wilayah Paradise kita mengenal sosok Chopper yang memang merupakan binatang buas/liar yang pertama kali diperlihatkan menjadi salah satu rusa yang menarik kereta dokter Kureha. Dari New World kita diperkenalkan Jinbe yang berasal dari pulau manusia ikan. Dia juga dikenal sebagai sosok buas dan Luffy membebaskannya dari penjara Impel Down.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

  • Para Wanita

Tidak hanya laki-laki, wanita juga ikut bergabung dengan kelompok Luffy. Tidak kalah seperti halnya para pria, para karakter yang bergabung dengan Luffy juga sempat terlibat sebuah drama menarik sebelum kemudian mereka menjadi bagian dari kelompok Luffy. Dan yang unik adalah keduanya bertemu dalam kondisi duduk. Di East Blue kita pertama kali bertemu dengan Nami.

Nami dahulu merupakan kru dari Arlong dan sangat ahli dalam navigasi dan pemetaan. Nami harus kehilangan sosok wanita yang paling dekat dalam hidupnya, dan Nami dalam posisi terduduk ketika meminta bantuan kepada Luffy. Kemudian di wilayah Paradise, Robin diperlihatkan sempat menjadi bagian dari Baroque Works. Robin merupakan seorang arkeolog yang jenius.

Dalam adegan flashback diperlihatkan Robin harus kehilangan ibunya dalam peristiwa Buster Call ke wilayah Ohara. Robin juga berada dalam posisi terduduk di kapal Merry – dan di Enies Lobby – ketika dia meminta Luffy menyelamatkannya. Di New World, memang masih belum diketahui siapa yang akan bergabung. Ada dua nama yang ramai diperbincangkan, Yamato dan Carrot.

  • Sang Ahli

Kelompok Luffy juga merekrut Usopp dan Franky yang ahli dalam hal memperbaiki sesuatu (craftsman). Mereka berdua dulunya merupakan pemimpin dari sebuah kelompok, dan juga keduanya sangat terikat dengan bajak laut. Keduanya juga pernah bertarung melawan Luffy. Meskipun begitu, pada akhirnya kedua karakter ini mau bergabung dan menjadi bagian dari Topi Jerami.

Di East Blue, Luffy bertemu dengan Usopp anak dari Yasopp yang merupakan bagian dari kelompok Shanks. Usopp juga merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Usopp, yang berisi tiga anak kecil di wilayah desa Syrupp. Usopp sangat ahli dalam membuat sesuatu, namun dalam urusan membetulkan kapal, dia bukan ahlinya. Meskipun begitu dia selalu berusaha memperbaiki Merry sebisanya.

Di Paradise, kemudian Luffy bertemu dengan Franky yang merupakan pemimpin dari Franky Family. Franky memiliki keahlian yang jauh lebih hebat dibanding Usopp, dalam hal membetulkan kapal. Selain itu, sebagai cyborg, Franky juga memiliki kemampuan yang lebih lengkap. Saat ini semua tanggung jawab mengenai Thousand Sunny diserahkan kepada Franky.

Banyak teori yang menyebutkan bahwa Bellamy akan bergabung dengan Luffy. Dia juga memiliki keahlian dalam suatu bidang. Bellamy sendiri memiliki Vivre Card milik Luffy, yang artinya mereka bisa kembali bertemu kapanpun. Keduanya sempat saling bertarung di Mock Town sebelum kembali bertemu di Dressrosa. Apakah dia akan bergabung dengan kelompok Topi Jerami?

  • Pria Mesum

Tidak bisa dipungkiri bahwa di kelompok Topi Jerami terdapat pria-pria yang memiliki kekaguman tinggi terhadap wanita. Mereka begitu mencintai wanita, sehingga sering kali melakukan hal yang cukup gila. Dari Easts Blue, kita mengenal sosok Sanji Vinsmoke yang merupakan anak ketiga dari Vinsmoke Judge. Untuk Sanji rasanya kita semua sudah mengetahui banyak mengenai bagaimana dia mencintai wanita.

Di Paradise, kita diperkenalkan pada sosok Brook, mantan kru bajak laut yang sekarang menjadi tengkorak hidup berkat buah iblis Yomi Yomi. Sama seperti Sanji, Brook juga sangat mencintai wanita cantik khususnya, namun dia lebih menyukai pakaian dalam wanita. Di New World, ada banyak teori yang menyebutkan bahwa Momo akan bergabung dengan kelompok Luffy. Namun, masih belum diketahui apakah hal ini akan terjadi.

Teori Zodiak China

Teori ini sudah sejak lama muncul di kalangan para fans, bahkan semenjak Oda pertama kali menghadirkan halaman berwarna di chapter 651. Dalam halamannya diperlihatkan bahwa ada banyak sekali binatang unik seperti harimau, kelinci, naga, burung, panda merah, dan masih banyak lainnya. Dan hal ini membuat para fans berpendapat bahwa semua itu mungkin ada kaitannya dengan zodiak dalam penanggalan China atau shio.

Dalam hal ini, badak diibaratkan mirip seperti Franky. Zoro mirip seperti harimau. Usopp mirip seperti ular atau reptil, Brook seperti kuda, Luffy seperti kera, Robin seperti ayam jantan, panda merah/anjing seperti Chopper, babi hutan seperti Jinbe, dan Nami seperti kucing. Yang masih belum diketahui adalah tikus, kelinci, dan naga.

Teori 13 Kucing

Sama halnya seperti di atas, namun bedanya dalam teori ini semua hewannya adalah kucing. Hal ini diadaptasi dari gambar sampul di chapter 861, dimana dalam gambarnya terlihat Nekomamushi sedang bersama dengan 13 kucing lainnya. 13 kucing ini dianggap sebagai petunjuk bahwa jumlah kru Luffy di akhir nanti akan berjumlah 13 orang.

Menarik tentunya melihat semua teori ini, yang mana memang sah-sah saja bila para fans melontarkan hal tersebut. Apakah kemudian semua teori tentang 13 orang ini akan terwujud atau akan menjadi kenyataan? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!